4 Benda dan Ruangan di Rumah yang Harus Rajin Dibersihkan

3 min. membaca Oleh CekAja on

Virus Corona atau Covid-19 telah menjadi pandemi di hampir seluruh penjuru bumi. Lebih dari 100 negara di 5 benua tak luput dari penyebaran virus yang pertama kali berasal dari Wuhan, China tersebut. Penyebarannya yang begitu cepat membuat jumlah orang yang terinfeksi virus Corona bertambah semakin banyak tiap harinya.

feng shui dapur

Pun halnya dengan korban meninggal yang jumlahnya sudah mencapai ratusan ribu orang sampai saat ini. Maka dari itu, World Health Organization (WHO) telah mengimbau pemerintahan yang ada di seluruh dunia untuk menerapkan social distancing atau physical distancing.

Cara tersebut diyakini bisa menjadi langkah ampuh memutus penyebaran virus Corona yang begitu cepat dan masif. Social distancing atau physical distancing bisa dilakukan dengan cara berada di rumah saja dan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang begitu mendesak.

Selain itu, cara tersebut juga membuat orang terhindar dari kerumunan massa yang banyak. Tanpa adanya kerumunan massa yang banyak atau masif, maka virus Corona atau Covid-19 ini akan kesulitan mendapatkan inang baru untuk berkembang.

Pasalnya, virus Covid-19 ini akan mati dengan sendirinya dalam waktu 14 hari jika tidak mendapatkan inang baru untuk berkembang. Oleh karenanya, isolasi mandiri di rumah menjadi salah satu cara paling ampuh bagi mereka yang terinfeksi Corona, tetapi tanpa gejala berat.

Selain menjaga jarak, cara lainnya untuk mencegah agar tidak terinfeksi virus Corona adalah dengan terus menjaga kebersihan. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun juga dianggap cara yang paling baik untuk mencegah virus Corona masuk ke dalam tubuh.

Menjaga kebersihan juga bisa dengan mulai membersihkan barang dan ruangan-ruangan yang ada di rumah. Hal ini tentunya mudah dilakukan mengingat saat ini sebagian besar masyarakat beraktivitas dari rumah. 

Adapun kamu bisa melakukan pembersihan tempat dan barang yang ada di rumah menggunakan larutan alkohol 70 persen atau larutan pemutih yang dicampur air. Berikut ini hal-hal yang penting dibersihkan di rumah untuk mencegah terinfeksi Corona.

1. Dapur

Dapur - 4 Benda dan Ruangan di Rumah yang Harus Rajin Dibersihkan

Tempat pertama di dalam rumah yang penting dibersihkan untuk mencegah Corona adalah dapur. Dapur atau area makan menjadi tempat di dalam rumah yang berpotensi jadi tempat terbaik bagi kuman dan bakteri untuk berkeliaran.

Di area dapur dan sekitarnya ada banyak barang-barang dengan permukaan yang sering dipegang tangan kita. Beberapa di antaranya adalah pintu lemari es, rak, dan pegangan lemari dapur.

(Baca juga: Cara Renovasi Dapur Biaya Murah Di Bawah 5 Juta)

Selain itu, kamu juga perlu menaruh perhatian terhadap barang-barang atau peralatan di dapur yang bermaterialkan perak atau logam seperti sendok dan pisau.

Maka dari itu, penting untuk membersihkan area dapur beserta segala peralatannya secara rutin agar tidak ada bakteri, kuman, dan virus yang berkembang biak di sana.

2. Kamar mandi

Kamar mandi - 4 Benda dan Ruangan di Rumah yang Harus Rajin Dibersihkan

Kamar mandi menjadi tempat berikutnya di dalam rumah yang penting dibersihkan untuk mencegah serangan Covid-19. Pasalnya, area kamar mandi sangatlah lembab dan menjadi lokasi favorit perkembangbiakan virus termasuk Covid-19.

Berkaitan dengan kamar mandi, handuk yang sering kamu pakai juga jadi sarang favorit virus lho! Untuk itu, rajinlah mencuci handuk agar tetap bersih. Selain itu, kamu juga bisa menyemprot beberapa area di dalam kamar mandi menggunakan desinfektan seperti lemari obat, laci, jendela, bahkan hingga keset sekalipun.

3. Kamar tidur

Kamar tidur - 4 Benda dan Ruangan di Rumah yang Harus Rajin Dibersihkan

Tempat berikutnya di dalam rumah yang penting dibersihkan untuk mencegah virus Corona adalah kamar tidur. Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai dengan membersihkan sarung bantal.

Cucilah sarung bantal sesering mungkin. Sarung bantal dan sprei menjadi dua hal di dalam kamar tidur yang paling sering bersentuhan dengan tubuh. Cara mencucinya bisa kamu lakukan dengan menggunakan air hangat agar segala kuman mati dan pastikan benar-benar kering sebelum kamu gunakan.

Selain dua hal tersebut, barang-barang lainnya yang ada di kamar tidur dan sering kamu sentuh ada baiknya juga sering-sering dibersihkan. Kamu bisa semprot dengan menggunakan desinfektan sekali sehari agar kuman, bakteri, dan virus tidak dapat berkembang biak di sana.

4. Peralatan elektronik dan handphone

Peralatan elektronik dan handphone - 4 Benda dan Ruangan di Rumah yang Harus Rajin Dibersihkan

Segala macam peralatan elektronik dan juga handphone tidak kalah penting untuk dibersihkan. Untuk perangkat elektronik, kamu bisa membersihkan dengan cara menggosok permukaannya dengan menggunakan alkohol.

Kamu tidak perlu takut perangkat elektronik akan rusak, sebab alkohol merupakan senyawa yang cepat menguap sehingga cairannya tidak akan masuk ke dalam melalui sela-sela perangkat elektronik kamu.

(Baca juga: Produk Pinjaman Online Terpercaya Untuk Beli Barang Elektronik)

Kemudian, membersihkan handphone juga tidak kalah penting untuk mencegah virus Covid-19. Handphone menjadi perangkat yang selalu dipegang, terutama dalam kondisi di rumah saja saat ini. Gunakan mikrofiber yang sudah disemprotkan sedikit alkohol guna membunuh kuman, bakteri, dan virus yang mungkin menempel di handphone kamu.

Itu tadi benda-benda dan ruangan di rumah yang harus sering-sering kamu bersihkan agar terhindar dari Corona ya. Belanja peralatan dan cairan pembersihnya secara online saja, dengan memanfaatkan kartu kredit CIMB Niaga yang bisa kamu pilih dan ajukan sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Tentang kami

CekAja

CekAja