Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Renovasi Dapur Biaya Murah Di Bawah 5 Juta

by Vera Khairifah on 20 November, 2019

Setiap sisi rumah begitu menarik untuk didesain sesuai keinginan pemiliknya. Sebagai tempat memasak, kita tentu juga menginginkan dapur cantik untuk mengantarkan mood baik saat meramu makanan. Cara renovasi dapur biaya murah perlu kamu ketahui, nih.

Cara Renovasi Dapur Biaya Murah Di Bawah 5 Juta

Tak usah khawatir akan biaya, dengan budget di bawah Rp 5 juta, kamu sudah bisa menerapkan cara renovasi dapur biaya murah ini kok. Simak informasinya, ya.

1. Ganti Warna Cat

Komponen dasar yang bisa kamu renovasi adalah cat dinding maupun cat kabinet. Dua hal ini sangat berpengaruh pada tampilan utama dapur, sebab warna yang dominan akan membawa kita pada mood dari suasana dapur itu sendiri.

Kamu bisa memilih berbagai warna yang senada antara dinding dan kabinet, maupun warna yang berbeda atau kontras. Sebagai saran, warna putih akan memberi kesan minimalis dan ruangan dapur yang seolah terlihat lebih luas.

Sedangkan warna-warna cerah bisa memberi kesan ceria dan semangat ketika memasak.

Harga cat standar yang digunakan untuk bagian interior rumah mulai dari Rp 140 ribu hingga Rp 200 ribu dengan isi 2,5 liter cat. Murah, kan?

2. Perbarui Aksesoris Dapur

Cara renovasi dapur biaya murah lainnya adalah dengan mengganti atau menambahkan aksesoris dapur. Seperti katup lampu, rak-rak kecil serbaguna dan hiasan tanaman sintesis untuk kesan natural dan cozy.

Untuk katup lampu, sebenarnya kamu tak perlu menghabiskan uang untuk membelinya di toko furniture. Buat saja sendiri alias Do It Yourself (DIY) yang bisa kamu cari referensinya di media sosial seperti Pinterest. Biaya pun akan jauh lebih murah, sekitar puluhan ribu rupiah saja.

Sedangkan rak, kamu bisa membeli atau memesan di tukang kayu langganan agar mendapat harga lebih murah dibandingkan di toko furniture yang bisa menghabiskan biaya di atas Rp 300 ribu rupiah.

(Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menghemat Energi di Kehidupan Sehari-hari
3. Tambah Peralatan Masak

Untuk kamu yang memang hobi memasak, tak ada salahnya menambahkan koleksi peralatan masak. Selain lebih lengkap, koleksi peralatan yang baru bisa menambah keindahan dapur.

Pajang beberapa penggorengan berbagai bentuk dengan warna senada di dinding dapur agar terlihat rapi. Satu set pisau berbagai tipe, piring dan mangkok kayu yang saat ini sedang tren juga bisa kamu pilih.

4. Pasang Penghisap Asap

Penghisap asap dibutuhkan untuk tersebarnya bau makanan ke seluruh ruangan di sekitar dapur. Selain itu, penghisap asap juga memberi kesan rapi dan minimalis pada dapur kamu.

Cara renovasi dapur biaya murah dengan memasang penghisap asap bisa kamu memiliki mulai dari harga Rp 900 ribu hingga Rp 2 juta. Tergantung dengan tipe dan merk yang dipilih.

5. Ganti Wastafel

Wastafel tempat pencuci piring yang nampak sudah usang dan agak kotor bisa kamu bersihkan. Yakni dengan baking soda yang didiamkan beberapa saat kemudian digosok dengan sponge. Jika kamu berniat menggantinya, harga wastafel stainless steel sekitar Rp 100 ribu-an.

6. Gunakan Pelapis Meja

Mengganti meja dapur atau counter top akan menghabiskan banyak biaya. Nah, kamu bisa akali dengan trik cara renovasi dapur biaya murah dengan menggunakan pelapis meja. Motif yang minimalis bisa kamu pilih agar dapur terlihat cantik.

Selain itu, pelapis meja berbahan vinyl atau silikon ini juga melindungi meja dari berbagai kotoran atau noda saat memasak. Pelapis meja bisa kamu beli secara online dengan harga Rp 35 ribu saja per meter.

7. Ganti Keramik Lantai dan Dinding

Terakhir, jika kamu memiliki budget tambahan, taka ada salahnya juga mengganti keramik lantai dapur. Pilih warna netral yang terang, agar setiap noda yang ada bisa terlihat dan cepat dibersihkan.

Kebersihan dapur pun akan lebih terjaga. Bagian dinding dapur di dekat kompor juga perlu kamu lapisi keramik. Agar mudah dibersihkan jika terkena noda percikan minyak, air, maupun bumbu saat memasak. Harga keramik per dus dengan isi 11 piece sekitar Rp 85 ribu hingga Rp 92 ribu.

Estimasi Biaya Renovasi Dapur

Jika dibuat perkiraannya, maka cara renovasi dapur biaya murah di bawah Rp 5 juta memiliki rincian sebagai berikut:

  • 2 Cat tembok dan kabinet: Rp 300 ribu
  • DIY katup lampu: Rp 100 ribu
  • DIY Hiasan tamanan sintesis: Rp 100 ribu
  • Rak kecil serbaguna: Rp 300 ribu
  • Set penggorengan baru: Rp 200 ribu
  • Set piring dan mangkok baru: Rp 250 ribu
  • Penghisap asap: Rp 1 juta
  • Pelapis meja: Rp 150 ribu
  • Keramik lantai dan dinding: Rp 500 ribu

TOTAL: Rp 2,9 juta

Butuh dana untuk renovasi dapur? Ajukan saja KTA dengan cicilan ringan di CekAja.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast