Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

4 Benda Murah Meriah yang Ampuh Bersihin Kaca Mobil

by Anes Saputra on 6 Februari, 2020

Jangan anggap sepele persoalan kaca mobil. Bila kaca tersebut buram atau kusam, pasti pandangan kamu terganggu saat berkendara yang membuat bahaya mengintai. Karena itu, sebaiknya lakukan perawatan rutin. Kebanyakan persoalan kaca mobil adalah adanya jamur yang menempel.

Bagaimana jamur ini bisa nempel di kaca mobil kamu? Coba perhatikan aktivitas kamu sehari-hari. Kemana saja kamu pergi? Di mana kamu parkir?

Kaca mobil dapat terkena jamur, jika kamu sering parkir di tempat lembab. Bisa juga karena kamu tidak segera membersihkan kaca mobil, sehabis terkena hujan. Sehingga kotoran dan debu tetap menempel di kaca. Lalu bagaimana caranya menghilangkan jamur pada kaca mobil?

Membersihkan kaca mobil ternyata tak perlu mahal. Ada sederet barang murah yang bisa kamu gunakan untuk membersihkannya. Berikut 4 diantaranya:

1. Pemutih Pakaian

Basahi kain lembut dengan cairan pemutih pakaian secukupnya. Gosokkan dengan lembut pada kaca mobil hingga bersih. Kaca mobil terbebas dari jamur dan bersih.

(Baca juga: Kredit Mobil Syariah, Solusi Untuk Yang Ingin Beli Mobil Tanpa Riba)

Perlu diingat dalam membersihkan kaca mobil adalah menggunakan kain yang lembut dan tidak terlalu kuat menekan saat menggosok sehingga tidak menimbulkan goresan. Dalam proses pengeringan baiknya mobil diparkir di tempat teduh untuk menghindari sinar matahari langsung.

2. Alkohol kadar 50-90 persen

Bahan ini umumnya digunakan untuk membersihkan luka. Ternyata secara klasik bahan ini telah digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Caranya dengan membasahi kain lembut dengan cairan alkohol dan gosokkan ke kaca mobil.

Yang perlu diingat dalam menggosok kaca mobil lakukan dengan tekanan lembut agar kaca tidak tergores.

3. Minuman Bersoda

Air soda yang biasanya diminum ternyata dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil. Cara membersihkan dengan air soda adalah dengan membersihkan kaca mobil terlebih dahulu dengan kain kering, kemudian basahi kain lembut lainnya dengan air soda dan gosokkan ke kaca mobil.

Lakukan beberapa kali hingga jamur hilang. Pembersihan kaca mobil tidak menggunakan air supaya unsur kimia dalam soda tidak bersenyawa dengan air dan mengurangi khasiatnya. Sebaiknya pilihlah minuman soda yang tidak mengandung gula, biar tidak memancing datangnya semut.

4. Pasta Gigi

Oleskan pasta gigi pada kaca mobil secukupnya, kemudian tunggu hingga kering. Jika pasta gigi mengering, bilas dengan air bersih sambil digosok menggunakan kain lembut agar jamur hilang. Keringkan segera dengan kertas koran yang bersih dan kering.

(Baca juga: Ini Hal yang Perlu Dipahami Saat Mau Klaim Asuransi Mobil Hilang)

Selain rajin membersihkan kaca mobil, sebaiknya perhatikan juga tempat memarkir mobil. Jangan memilih tempat parkir yang pengap atau lembab. Pilihlah tempat parkir yang teduh, cukup matahari tetapi tidak di bawah sinar matahari langsung.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya, adalah lindungi beri perlindungan tambahan bagi mobil kesayangan kamu dengan memiliki asuransi kendaraan. Asuransi dijamin bakal meng-cover  Pilih dan ajukan asuransi kendaraan sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

 

 

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke