4 KTA Terbaik untuk Wirausaha yang Bisa Kamu Manfaatkan untuk Mengembangkan Bisnis

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Ingin memulai usaha namun modal masih belum mencukupi? Beberapa KTA terbaik untuk wirausaha yang akan kita bahas kali ini mungkin bisa dijadikan sebagai pilihan.

Memang tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran modal merupakan kunci utama dari berjalannya suatu bisnis, sekecil apapun bisnis tersebut.

Sebab, tanpa adanya modal, dapat dipastikan bisnis tersebut akan mengalami kesulitan untuk berkembang.

(Baca Juga: 6 Keuntungan Menjadi Wirausaha di Masa Pandemi)

Meskipun banyak sekali cara untuk mencari modal usaha, namun tak jarang para pelaku usaha pemula justru lebih memilih untuk mengajukan KTA, karena proses pengajuan yang mudah dan pencairan dana yang cepat.

Namun seiring berjalannya waktu, saat ini sudah semakin banyak produk KTA yang bisa dijadikan pilihan dan membuat kamu bingung dalam memilih.

Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa produk KTA terbaik untuk wirausaha yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Pilihan Untuk Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat, KTA terbaik untuk wirausaha sudah bisa kamu temukan dengan begitu mudahnya.

Bukan hanya sekedar dari bank konvensional saja, kamu bahkan sudah bisa mengajukannya secara online dimanapun dan kapanpun.

Dilansir dari situs duwitmu.com, berikut beberapa alternatif untuk mengajukan pinjaman modal usaha yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu adalah:

  • Fintech P2P Lending

Pertama, KTA terbaik untuk wirausaha sudah bisa kamu temukan melalui perusahaan fintech P2P Lending.

Salah satu keunggulan mengajukan pinjaman modal usaha di sini adalah, proses pengajuannya yang sangat cepat dan mudah.

Tak hanya itu, bahkan sudah mulai banyak perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman modal usaha dengan skema yang lebih menarik dibandingkan bank konvensional lho.

  • Perusahaan E-commerce

Selain bisa menjadi alternatif masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian mereka tanpa harus keluar rumah, saat ini kamu bahkan sudah bisa mengajukan KTA terbaik untuk wirausaha melalui perusahaan e-commerce.

Dengan menggunakan data yang telah terdaftar di platform dan bekerjasama dengan mitra penyedia pinjaman online, e-commerce mampu menawarkan skema pinjaman yang menarik untuk para pelaku usaha.

  • Dompet Elektronik

Saat ini, sudah banyak dompet elektronik yang meluncurkan cicilan tanpa kartu kredit atau PayLater.

Nah, fitur PayLater ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai modal awal untuk membiayai pengeluaran operasional.

  • Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

Nah, alternatif terakhir yang bisa kamu manfaatkan adalah program pinjaman modal usaha dari pemerintah, yaitu KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Karena adanya subsidi, maka bunga yang dibebankan pun terbilang sangat rendah dibandingkan pinjaman lainnya.

Hanya saja, umumnya KUR ini hanya bisa diajukan melalui bank-bank konvensional, seperti Bank BRI, Bank Mandiri, dan bank BUMN lainnya.

KTA Terbaik untuk Wirausaha

Setelah kamu mengetahui tentang beberapa alternatif untuk mengajukan pinjaman, sekarang saatnya kita membahas tentang beberapa KTA terbaik untuk wirausaha yang bisa kamu jadikan pilihan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa KTA terbaik untuk wirausaha yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun maupun mengembangkan bisnis, yaitu adalah:

1. Modalku

KTA terbaik untuk wirausaha yang bisa kamu jadikan pilihan pertama adalah Modalku, yang merupakan sebuah perusahaan fintech P2P online yang memang terfokus pada pinjaman untuk modal usaha, baik itu untuk usaha kecil hingga menengah.

Tidak memerlukan jaminan untuk mengajukannya, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap peminjam adalah, mereka harus berdomisili di daerah atau wilayah yang memang sudah terjaring oleh Modalku, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya.

Dengan besaran bunga mulai dari 2% per bulan atau 24% per tahun, seluruh proses pengajuan dapat dilakukan secara online lho, yaitu dengan melakukan pendaftaran di situs modalku.co.id atau mengunduh aplikasinya di Playstore maupun Appstore.

Selain itu, Modalku juga menawarkan dua jenis pinjaman online untuk modal usaha, yaitu adalah:

  • Modal Usaha, pinjaman mulai dari Rp50 juta hingga Rp2 miliar dengan tenor dari 3 sampai dengan 24 bulan tanpa jaminan dengan proses yang singkat, yakni memakan waktu kurang lebih 4 hari kerja saja.
  • Pembiayaan Invoice, pinjaman sampai dengan 2 miliar dengan tenor mulai dari 15 hari sampai dengan 90 hari tanpa jaminan.

Persyaratan:

  • Memiliki usaha perdagangan (bukan jasa) di platform online manapun.
  • Memiliki bisnis dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, atau Surabaya.
  • Telah menjalankan usaha kurang lebih selama 6 bulan.
  • Memiliki pendapatan minimal Rp6 juta per bulan.

Dokumen yang Dibutuhkan:

  • KTP
  • Rekening Koran selama 3 bulan terakhir
  • Apabila usaha dalam bentuk PT atau CV, maka harus menyertakan KTP pemilik usaha, rekening koran selama 3 bulan terakhir, dan aktra perubahan terbaru.

2. ModalRakyat

KTA terbaik untuk wirausaha yang akan kita bahas selanjutnya adalah ModalRakyat, yang merupakan sebuah perusahaan fintech yang telah terdaftar dan berada di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Kominfo.

Sesuai dengan namanya, perusahaan ini menyediakan pinjaman modal usaha untuk berbagai kegiatan bisnis dengan proses pengajuan yang 100 persen dilakukan secara online lho.

Tak hanya itu, pendaftarannya itu sendiri hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit saja, yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Bunga pinjaman mulai dari 10% sampai dengan 30% per tahun, sesuai dengan tingkat risiko dari jenis usaha yang dilakukan serta data yang diberikan oleh calon nasabah di saat mengisi form pengajuan pinjaman.

Sementara itu, peminjam juga akan dikenakan biaya administrasi sebesar 3% dari jumlah pinjaman.

Untuk limit pinjamannya, kamu bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp500.000 sampai dengan Rp2.000.000.000 dengan tenor mulai dari 30 hari.

Persyaratan:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki kelengkapan identitas diri
  • Memiliki NPWP Pribadi / Perusahaan
  • Memiliki data legalitas perusahaan (apabila bukan usaha perseorangan)
  • Memiliki rekening bank
  • Memiliki cashflow yang lancar

Dokumen yang Dibutuhkan:

  • KTP dan KK
  • NPWP / SPT
  • Rekening koran 3 bulan terakhir
  • Laporan transaksi keuangan
  • Kelengkapan surat usaha
  • Dokumen pendukung lainnya

3. Akseleran

KTA terbaik untuk wirausaha selanjutnya adalah Akseleran, yang merupakan sebuah perusahaan fintech P2P lending.

Telah terdaftar dan di bawah pengawasan OJK, Akseleran memberikan pinjaman untuk para pelaku usaha, baik itu dalam bentuk usaha perseorangan, firma, CV, maupun PT.

Dengan plafon pinjaman mulai dari Rp75 juta sampai dengan Rp200 juta, tenor yang ditawarkan ialah 1 bulan sampai dengan 24 bulan, yang bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan finansial.

Sementara itu, bunga yang ditawarkan adalah sebesar 6.48% – 17% per tahun (bunga flat). Namun, besaran bunga tersebut juga ditentukan berdasarkan grade dari pinjamannya itu sendiri, yang didapat dari hasil analisis kelayakan dan risiko usaha yang kamu miliki.

Karena berbasis Fintech P2P, maka seluruh proses pengajuan dilakukan sepenuhnya secara online, yang membuat pendaftaran menjadi lebih cepat dan menghemat waktu.

Akan tetapi, untuk bisa mengajukan di salah satu KTA terbaik untuk wirausaha satu ini, persyaratan dan dokumen yang diberlakukan juga terbilang cukup ketat.

Persyaratan:

  • Memiliki usaha yang sudah berjalan kurang lebih 1 tahun dan berlokasi di Jabodetabek, Banten, atau Bandung.
  • Untuk usaha yang berlokasi di luar wilayah tersebut, maka tetap bisa menggunakan layanan Akseleran, namun dengan jumlah pinjaman lebih dari Rp200 juta.
  • Sudah berhasil mencetak laba bersih di 1 tahun terakhir.
  • Memiliki laporan keuangan (minimal laporan laba rugi) yang akan di cross check dengan rekening koran 3 bulan terakhir.
  • Membuat proposal pinjaman dan melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan.

Dokumen yang Dibutuhkan:

  • Dokumen pendirian usaha berupa akta pendirian atau anggaran dasar apabila usaha berbentuk PT, CV atau Firma.
  • Untuk usaha perseorangan, maka hanya cukup memberikan KTP saja.
  • Laporan keuangan tahunan sederhana kurang lebih selama 1 tahun terakhir, mencakup laporan laba rugi. Laporan keuangan ini bisa berupa laporan internal maupun laporan yang telah diaudit.
  • Rekening koran selama 3 bulan terakhir.
  • Ijin Usaha, SIUP, NPWP, Surat Keterangan Domisili Usaha.
  • Salinan KTP pendiri dan tim manajemen usaha.

4. CekAja.com

Nah, KTA terbaik untuk wirausaha yang akan kita bahas terakhir adalah CekAja.com, yang memberikan pinjaman online untuk wirausaha namun dengan prinsip KUR sebagaimana bank konvensional.

Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis pinjaman apakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan.

Tak hanya itu, kamu bahkan bisa mengajukan pinjaman dan memilih tenor yang dapat disesuaikan dengan kemampuan lho.

KTA terbaik untuk wirausaha satu ini menawarkan plafon pinjaman mulai dari Rp5 juta sampai dengan Rp300 juta dengan besaran bunga mulai dari 10% hingga 23%.

Seluruh proses pengajuan dapat dilakukan secara online, sehingga pendaftaran menjadi jauh lebih cepat, menghemat waktu, serta dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Biasanya, proses verifikasi hingga pencairan dana membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 5 hari kerja dan maksimal 15 sampai dengan 21 hari kerja.

Sementara itu untuk jangka waktu pelunasan atau tenor mulai dari 3 hingga 5 tahun, yang mana bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan finansial.

Persyaratan:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun.
  • Memiliki penghasilan tetap minimal Rp2,5 juta per bulan, namun jumlah tersebut juga akan berbeda jika berdomisili di luar wilayah Jabodetabek.

Dokumen yang Dibutuhkan:

  • Fotokopi KTP, KK, dan Surat Nikah (Apabila sudah berkeluarga)
  • Fotokopi NPWP pribadi/SPT PPh 21
  • Rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Tagihan kartu kredit terakhir (jika memiliki)
  • Salinan SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan
  • Salinan laporan keuangan
  • Mateari

Jadi, itulah beberapa KTA terbaik untuk wirausaha yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk mengembangkan bisnis.

Apakah kamu sudah menentukan dimana tempat terbaik untuk mengajukan pinjaman dana modal usaha? Jika belum, segera kunjungi saja CekAja.com!

(Baca Juga: Cara Daftar Pinjaman BRI untuk UMKM)

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, di CekAja.com kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis produk KTA manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan.

Tak hanya itu, kamu pun juga bisa memilih plafon dan tenor yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial lho. Sehingga, kamu tak perlu khawatir lagi dalam membayar cicilan.

Seluruh proses pengajuan dilakukan secara online dengan pencairan dana yang hanya memakan waktu beberapa hari saja. Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman modal usahamu hanya di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha