Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Bisnis Rumahan yang Bisa Bikin Kaya Hanya Mengandalkan Ojek Online

by Miftahul Khoer on 17 September, 2019

Kehadiran ojek online di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini bukan hanya memudahkan orang dalam memilih alat transportasi alternatif, melainkan juga memudahkan dan menguntungkan orang dalam berburu kuliner. Pasalnya, dengan adanya layanan jasa antar-jemput pesanan kuliner via aplikasi ojek online, banyak orang yang mendadak menjadi pengusaha rumahan dengan keuntungan yang menjanjikan.

ojek online

Saat ini, boleh dikatakan perilaku bisnis kuliner perlahan berubah. Dari semula harus memiliki gerai, warung atau jongko, sekarang hanya butuh tempat produksi di rumah saja. Adapun sistem pemasarannya bisa menggunakan dan memanfaatkan aplikasi ojek online. Paling tidak, ada dua platform aplikasi ojek online yang sudah banyak diakses masyarakat yakni Go-Food dan Grab Food untuk memesan berbagai macam kuliner.

Tentu saja kehadiran layanan kuliner antar-jemput berbasis aplikasi ojek online tersebut menjadi peluang besar bagi siapa saja yang ingin membuka usaha tanpa harus membuka gerai. Nah, berikut kami telah merangkum beberapa rekomendasi bisnis kuliner yang bisa dijalankan hanya di rumah saja, tetapi hasilnya cukup menggiurkan. Yuk cek.

1. Nasi

Berjualan aneka macam nasi secara online masih menjadi peluang besar dan menguntungkan. Pasalnya, masyarakat Indonesia masih mengandalkan nasi sebagai makanan utama sehari-harinya. Maka tak heran jika salah satu menu paling laris di aplikasi ojek online atau yang sering disebut ojol adalah nasi.

Kamu bisa menangkap peluang yang sama karena berjualan nasi tidak pernah habis musimnya. Kamu misalnya bisa berjualan mulai dari nasi putih, nasi rames, nasi goreng, nasi uduk hingga nasi kuning. Pangsa pasar nasi khususnya di kota-kota besar macam Jakarta, Bogor, Depok, hingga Bekasi adalah kalangan mahasiswa hingga karyawan yang tidak sempat memasak.

(Baca juga: Mau Jajal Bisnis Franchise? Simak Kiat-kiat Suksesnya!)
2, Olahan ayam

Nggak ada matinya. Mungkin ini istilah yang cocok buat siapa saja yang ingin berjualan olahan ayam. Apalagi saat ini pamor olahan ayam sudah semakin populer seiring banyaknya kuliner terbuat dari ayam yang disukai banyak orang.

Saat ini hampir di setiap tempat makan pasti menyediakan olahan ayam mulai dari ayam goreng, ayam geprek, ayam bakar hingga steak ayam. Nah, peluang ini juga bisa kamu tangkap dengan membuka bisnis olahan ayam hanya di rumah saja tanpa harus membuka tenan di pinggir jalan atau di ruko. Olahan ayam juga tercatat sebagai salah satu kuliner paling laris di aplikasi ojol.

3. Aneka mie

Selain nasi dan olahan ayam, menu kuliner paling banyak dicari lainnya adalah aneka mie. Menu kuliner ini paling banyak dicari pada saat malam hari ketika orang sedang dilanda ‘kelaparan’ tetapi tidak mau mengkonsumsi nasi. Alhasil, menu mie yang mereka cari.

Ada beberapa macam mie yang banyak diburu para pecinta kuliner untuk memadamkan ‘kelaparan’-nya, antara lain mie goreng, mie rebus, mie ayam hingga ramen. Seperti halnya nasi, mie juga mampu mengusir rasa lapar sehingga banyak orang yang memilih kuliner simpel seperti mie ketimbang nasi.

4. Martabak

Sejak munculnya aneka macam inovasi rasa yang dihadirkan oleh para inovator kuliner, pamor martabak menjadi semakin terangkat. Jika dulunya martabak hanya punya beberapa rasa seperti kacang, cokelat dan keju, maka saat ini sudah banyak aneka rasa yang dijual para pedagang martabak.

Salah satu pengusaha martabak yang sukses tak lain adalah anak Presiden Jokowi yakni Gibran Rakabuming yang membangun bisnis Markobar. Martabak yang dijual Gibran memiliki banyak varian rasa unik mulai dari rasa Oreo, Nutella, red velvet, matcha hingga Silverqueen. Kamu juga bisa berjualan martabak dengan rasa yang bisa diulik hingga menjadi sebuah brand yang tak kalah dengan Markobar.

5. Salad buah

Kuliner satu ini boleh dibilang lagi ngetren di kalangan pecinta kuliner. Namanya salad buah. Mungkin dari dulu jenis kuliner ini sudah ada, tetapi pamornya saat ini lebih ngehits di kalangan pecinta dessert alias hidangan pencuci mulut.

Salad buah juga termasuk salah satu kuliner yang banyak dicari di aplikasi ojol. Maka ini bisa juga menjadi peluang yang bisa kamu tangkap untuk memulai usaha kuliner rumahan tanpa harus mengeluarkan modal lebih besar untuk menyewa toko. Seperti diketahui salad buah terbuat dari beberapa bahan buah-buahan mulai dari apel, semangka, melon, mangga, anggur, jeruk nipis ditambah dengan mayonaise, susu dan keju.

Cara Mendaftarkan Bisnis Kuliner ke Layanan Ojol

Ada beberapa perusahaan ojol yang telah beroperasi di Indonesia. Namun, paling tidak ada dua platform aplikasi yang telah melayani antar-jemput kuliner yakni Go-Food dan Grab Food. Di dua platform aplikasi ini kamu bisa mendaftarkan usaha kuliner kamu agar bisa diakses oleh masyarakat luas.

  • Cara Daftar Go-Food

Buat kamu yang punya usaha kuliner dan ingin memasarkan produknya via Go-Food, caranya gampang banget. Kamu hanya cukup daftar via Go-Biz berikut panduannya.

1. Download Go-Biz di Playstore

2. Pilih daftar Go-Food

3. Tekan daftar sekarang

4. Pilih jenis pendaftaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, ikuti petunjuk hingga selesai.

  • Cara Daftar Grab Food

Kamu juga bisa memasarkan produk kuliner via Grab Food hanya dengan mengisi formulir secara online via situs resminya.

Setelah itu kamu isi detail data atau identitas diri untuk memulai menjadi mitra mulai dari nama bisnis, alamat, hingga nomor HP.

(Baca juga: Memulai Bisnis Daycare, Apa Saja yang Dibutuhkan?)
Tips Sukses Berjualan Kuliner di Go-Food dan Grab Food

Saat ini hampir semua restoran atau kafe besar sudah bermitra dengan Go-Food dan Grab Food. Dengan begitu, masyarakat semakin mudah berburu kuliner via online. Namun, bagaimana halnya dengan usaha menengah ke bawah yang juga ingin sukses?

Eits, tenang dulu. Ada beberapa tips bagaimana menjadikan bisnis kuliner via ojol kamu bisa sukses dan banyak diburu. Paling tidak kamu harus sebisa mungkin menjual produk dengan rasa yang enak sehingga orang akan ketagihan pesan menu makanan di tempat kamu.

Selain itu, kamu juga harus pandai memilih foto menu yang dijual untuk dipajang di aplikasi ojol sehingga orang akan penasaran dan memilih jualanmu. Dan yang tak kalah harus diperhatikan adalah sesuaikan harga menu yang kamu jual bisa bersaing dengan yang lain. Selain itu, rapikan daftar menu di display dan cek keakuratan titik lokasi di Google Maps. Jika semuanya sudah dirasa oke, maka tinggal tunggu saja langganan kamu bakal terus bolak-balik memesan menu-menu kuliner yang kamu jual.

Namun ingat, yang namanya bisnis harus punya modal. Nah, buat kamu yang lagi bingung nyari modal usaha, gak ada salahnya kamu kepoin CekAja.com buat mendapat panduan finansial terpercaya. Yuk let’s go!

 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami