5 Bisnis Unik Mahasiswa untuk Menambah Penghasilan Ketika Pandemi

Ingin mencari uang saku tambahan di sela jadwal kuliah yang sibuk? Coba saja beberapa bisnis unik mahasiswa yang akan kita bahas kali ini.

Sejak pandemi Covid-19 mulai mewabah di hampir seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia, pemerintah memberlakukan kebijakan untuk mengurangi aktivitas masyarakat di ruang publik, termasuk bekerja dan belajar di rumah.

Hasilnya, banyak pelajar dan mahasiswa yang terpaksa harus melakukan proses belajar mengajar melalui online.

Bagi sebagian orang, belajar dari rumah mungkin terasa lebih nyaman dan fleksibel. Namun disisi lain, nyatanya terdapat beberapa hal yang mungkin harus dikorbankan, seperti berkurangnya uang saku dari orangtua karena kamu sudah tidak perlu mengeluarkan uang untuk ongkos pergi ke kampus.

(Baca Juga: 7 Tips Memulai Bisnis Handmade)

Jika sebelumnya kamu bisa menyisihkan sebagian uang saku untuk ditabung, tahun ini mungkin kamu harus rela untuk tidak memiliki pemasukan sama sekali.

Walaupun di rumah saja, terkadang kamu tentu ingin bisa membeli barang atau makanan yang diinginkan tanpa harus meminta uang dari orangtua, bukan?

Nah, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan membangun bisnis. Akan tetapi, umumnya bisnis memang memerlukan modal awal untuk menjalankannya.

Maka dari itu, apabila kamu saat ini tengah merencanakan bisnis namun tanpa harus mengeluarkan modal yang besar, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa bisnis unik mahasiswa tanpa modal besar yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu?

Bisnis Unik Mahasiswa

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa bisnis unik mahasiswa tanpa modal besar yang bisa kamu jadikan pilihan ketika pandemi, yaitu adalah:

1. Jasa Pengetikan 10 Jari

Kamu merasa pandai dalam mengetik cepat? Bisnis unik mahasiswa satu ini mungkin bisa dicoba untuk mencari penghasilan tambahan.

Tak jarang banyak mahasiswa yang cenderung malas untuk mengetik. Apalagi jika sudah dihadapkan dengan tugas yang menumpuk, seperti membuat esai, proposal, atau bahkan skripsi.

Nah, jika kamu memiliki teman yang malas mengetik, tak ada salahnya untuk menawarkan jasa pengetikan 10 jari.

Biasanya, jasa ini akan sangat dibutuhkan untuk para mahasiswa yang harus membuat proposal, skripsi, atau esai yang mengharuskan mereka untuk merangkum atau mengutip dari sebuah jurnal.

Akan tetapi, di internet itu sendiri, ada beberapa jurnal yang justru tidak bisa di copy-paste. Sehingga, jasa pengetikan 10 jari dijamin akan sangat membantu sekali untuk para mahasiswa.

Hanya bermodalkan laptop saja, kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan lho. Karena pandemi, kamu bahkan bisa melakukannya di rumah.

2. Jasa Membuat Caption Instagram

Pernahkah kamu mendengar ada orang yang menawarkan jasa untuk membuat caption Instagram?

Dapat dikatakan bahwa merupakan salah satu bisnis unik mahasiswa yang belum banyak diketahui namun ternyata banyak dibutuhkan, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini.

Bagi sebagian orang, Instagram seringkali dijadikan wadah untuk berekspresi, mulai dari menunjukan eksistensi diri hingga lapak untuk berjualan.

Nah, tak hanya sekedar foto saja yang harus dibuat menarik, ternyata caption juga turut mempengaruhi lho.

Dikarenakan hal itu, tak jarang orang justru merasa bingung untuk membuat caption yang akan menyertai postingan foto mereka yang menarik.

Oleh sebab itu, apabila kamu merasa memiliki tingkat kreativitas yang baik dalam hal tulis-menulis, mungkin bisnis unik mahasiswa satu ini bisa dijadikan pilihan untuk menambah penghasilan ketika pandemi.

3. Penulis Lepas

Masih berhubungan dengan dunia tulis menulis, bisnis unik mahasiswa selanjutnya yang bisa kamu coba adalah menjadi penulis lepas.

Saat ini, sudah semakin banyak platform yang bisa kamu jadikan ladang untuk menekuni hobi menulismu.

Sedangkan untuk fee yang didapat, kamu bisa mendapatkannya dari portal itu sendiri, tetapi bisa pula dari klien yang membutuhkan jasa kamu.

Jika kamu melakukan banyak research di internet, terdapat dua kategori pekerjaan penulis lepas yang bisa kamu jadikan pilihan.

Pertama, kamu bisa menjadi kontributor penulis untuk portal yang membuka lowongan. Dimana, pada nantinya fee akan dibayar untuk setiap artikel yang berhasil terbit di portal tersebut.

Sedangkan yang kedua, kamu bisa melakukan pendaftaran di portal jasa penulis, yang mana pada nantinya, portal tersebut akan menjadi pihak ketiga antara kamu dan klien yang membutuhkan jasa penulis.

Jika kamu mendaftar untuk portal jasa penulis ini, maka umumnya fee yang dibayarkan akan langsung dari klien yang telah menggunakan jasa kamu.

Akan tetapi, fee tersebut juga pada nantinya akan dibagi dua, yaitu untuk kamu dan portal jasa penulis itu sendiri.

4. Cleaning Service Kosan

Kamu termasuk mahasiswa rantau yang tak bisa pulang karena terhalang pandemi? Bisa jadi teman-teman satu kosan kamu bernasib sama, sama-sama tak bisa pulang.

Mungkin bisnis unik mahasiswa satu ini terbilang sedikit peminat. Namun, bukan berarti tidak ada peminat sama sekali.

Hadirnya pandemi sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap kehidupan kita sehari-hari, salah satunya adalah kemalasan.

Diharuskan untuk belajar dari rumah dan tidak bisa bepergian dengan bebas membuat rasa malas menjadi meningkat untuk sebagian orang.

Nah, fenomena ini mungkin bisa kamu manfaatkan. Cobalah kamu berkunjung ke kamar teman-teman kosanmu, dan tanyakan apakah mereka butuh jasa pembersih kamar kosan mereka atau tidak.

Jika ada teman kosan yang merasa kelebihan duit dan malas untuk melakukan apapun, dapat dipastikan kamu bisa langsung mendapatkan penghasilan dari bisnis unik mahasiswa satu ini.

5. Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Ide bisnis unik mahasiswa yang terakhir akan kita bahas adalah membuat kerajinan tangan dari bahan bekas atau sampah daur ulang.

Sampah atau limbah merupakan benda yang tak berharga. Dikarenakan hal itulah, banyak orang yang kerap membuang sampah tanpa memikirkan apakah sampah tersebut masih bisa di daur ulang atau tidak.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki keinginan kuat dalam membangun lingkungan yang lebih bersih, tak ada salahnya kamu mulai membangun bisnis kerajinan tangan dari barang bekas.

Kamu hanya cukup mengumpulkan barang-barang yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi, seperti botol plastik bekas, kardus, sedotan, koran, kain, dan masih banyak lagi.

Setelah itu, semua bahan yang sudah kamu buat bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan yang lucu, bermanfaat, serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Sejatinya, membuat kerajinan tangan dari barang bekas bukan pekerjaan yang sulit kok. Bahkan, saat ini sudah banyak referensi-referensi mengenai cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas melalui internet.

Sejauh ini, bisnis kerajinan tangan dari barang bekas masih sedikit digeluti oleh masyarakat. Maka dari itu, pesaingnya pun juga tergolong minim.

(Baca Juga: 4 Tips Bisnis Modal Kecil)

Nah, untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tak ada salahnya kamu menjadikan ini sebagai salah satu peluang yang menjanjikan.

Jadi, itulah beberapa bisnis unik mahasiswa yang bisa kamu pertimbangkan untuk menambah penghasilan di tengah pandemi.

Namun tentunya, bisnis apapun itu, kamu akan tetap membutuhkan modal untuk menjalankannya, bukan?

Apabila saat ini kamu tengah bingung dalam mengumpulkan modal, janganlah khawatir! Sebab, di sini kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha dengan jumlah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Tak hanya itu, melalui CekAja.com, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis pinjaman manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Selain itu, kamu juga bisa memilih tenor dan jumlah cicilan setiap bulannya, sehingga tak perlu khawatir lagi perihal membayar cicilan. Karena sepenuhnya bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kamu.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman modal usaha di CekAja.com dan dapatkan uang saku tambahan yang kamu inginkan.