Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Cara Sederhana untuk Memperbaiki Keuangan di Tahun 2020

by Miftahul Khoer on 23 Desember, 2019

Sebentar lagi tahun baru. Biasanya, tahun yang baru dijadikan orang-orang untuk memulai sesuatu yang baru yang lebih segar dan membuat kita menjalani hari dengan penuh semangat. Di akhir tahun, biasanya orang-orang akan membuat berbagai macam resolusi termasuk dalam hal finansial.

cara berhemat uang belanja harian

Bagaimana dengan resolusimu? Sudah membuat daftar resolusi untuk tahun depan? Bagaimana dengan keuangan? Apakah kamu memiliki tujuan tertentu? Mengharapkan adanya perubahan yang lebih baik? Lalu bagaimana cara mencapainya?

Kuy cek beberapa cara sederhana untuk memperbaiki keuangan di tahun 2020 seperti dilansir dari laman Money Can Buy Happiness:

1. Membuat catatan pengeluaran

Hal pertama untuk memperbaiki keuangan adalah dengan cara membuat catatan pengeluaran. Meski terdengar sepele, tapi hal ini membuat perubahan besar dalam kondisi finansialmu. Dengan membuat catatan pengeluaran, kamu akan lebih bisa menganalisa pengeluaranmu selama ini sehingga kamu bisa menjadi lebih berhati-hati. Pengeluaranmu pun akan semakin terkontrol.

Misalnya, dari catatan pengeluaran ternyata kamu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk membeli makeup, maka kamu akan bisa mengurangi pengeluaran di bagian itu untuk menghemat uang.

(Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Bagi Fresh Graduate, Kuy Simak!)
2. Siapkan dana darurat

Kalau kamu belum memiliki tabungan atau investasi, setidaknya siapkanlah dana darurat. Jangan dulu memikirkan hal lain selama kamu belum memiliki tabungan darurat ini. Kenapa? Karena sebagian besar utang tercipta karena kebutuhan darurat. Dengan memiliki simpanan dana darurat, kamu akan bisa mencegah berutang di saat membutuhkan.

Dalam hidup kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, bukan? Oleh karena itu, memiliki simpanan dana darurat akan membantumu merasa tenang kalau misalnya suatu ketika membutuhkan uang untuk pengobatan, kebutuhan keluarga, orang tua, memperbaiki kerusakan rumah, dan lain sebagainya.

3. Melunasi utang

Hal selanjutnya yang harus kamu prioritaskan untuk memperbaiki keuangan adalah melunasi utang. Kalau kamu adalah pengguna kartu kredit, sebaiknya kamu segera menghentikan kebiasaan menggunakannya, karena kartu kredit adalah salah satu penyebab menumpuknya utang. Kalau kamu memiliki tanggungan lain, segera temukan metode paling cepat dan efektif untuk menyelesaikannya. Buatlah anggaran khusus untuk membayar utang baik itu utang bank atau utang personal. Kalau perlu, pakailah fitur autodebet sehingga kamu tidak lupa untuk membayar kewajibanmu. Percayalah, begitu masalah utang terselesaikan, kondisi finansialmu akan menjadi lebih baik.

Jangan biasakan membayar utang dengan utang lain karena kamu akan terjebak dalam lingkaran setan gali lubang tutup lubang yang sangat bisa menyebabkan stres. Sebaiknya, prioritaskan uangmu untuk membayar utang dan kebutuhan pokok saja dan kamu bisa menyesuaikan gaya hidupmu dengan uang yang tersisa.

4. Upgrade pengetahuan finansial

Kalau sebelumnya kamu belum melek finansial, maka tahun baru ini adalah waktu yang tepat untuk belajar. Milikilah pengetahuan finansial yang baik. Kamu bisa belajar mengenai hal ini dari banyak tempat baik membaca buku, artikel, sampai berkonsultasi pada pakar.

Pengetahuan finansial yang baik adalah bekal untuk mengelola keuangan sehingga kamu bisa mencapai tujuan finansialmu dengan baik.

5. Punya target 

Salah satu hal yang bisa membuatmu terus semangat berusaha adalah dengan memiliki target impian. Karena impian itu gratis, tidak ada salahnya kalau kamu membuat target yang besar. Misalnya, kamu ingin keluar dari pekerjaan dan berwirausaha, membuka kedai kopi sendiri, memiliki tabungan yang cukup supaya bisa pensiun dini, keliling dunia, dan lain sebagainya. Buatlah daftar impian yang bisa membuatmu terus termotivasi.

Kenapa hal ini penting? Karena kita semua harus mengakui bahwa berurusan dengan utang dan pengeluaran sehari-hari kadang cukup memusingkan dan melelahkan. Daftar impian ini akan menjadi semacam ‘oase’ yang membuat kita ingat pada tujuan dan mengapa kita harus melakukan hal-hal yang sekarang ini kita lakukan seperti bekerja keras untuk melunasi hutang dan menabung.

Namun harus diingat, bahwa meski kamu bisa membuat daftar impian setinggi mungkin, tapi kamu harus memastikan bahwa target yang kamu tentukan masih terukur. Jangan sampai membuat impian yang terlalu muluk tanpa menyesuaikan dengan kemampuan. Itu sih namanya impian kosong, dan biasanya tidak akan terlalu ada gunanya karena kamu akan terlalu sulit untuk mencapainya.

(Baca juga: Mengulik Sejarah Hingga Tugas dan Wewenang OJK dalam Industri Keuangan)

Nah itulah 5 cara sederhana untuk memperbaiki kondisi finansialmu di tahun 2020. Selama kamu menjalani proses tersebut di atas, pelan-pelan kamu akan merasakan perubahan pada keuanganmu. Yang paling penting, pola pikirmu terhadap uang harus berubah. Seperti dikutip dari moneycanbuymehappiness.com, “Ketika kamu tahu cara menggunakannya, uang akan menjadi alat yang kuat, bukan sesuatu untuk ditakuti.”

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.