5 Destinasi Wisata Menarik di Binjai, Sisi Lain Sumatera Utara

3 min. membaca Oleh CekAja pada

Selama ini masyarakat hanya tahu wisata Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut), padahal provinsi itu menyimpan banyak destinasi wisata lain salah satunya terletak di Kota Binjai.

5 Destinasi Wisata Menarik di Binjai, Sisi Lain Sumatera Utara

Kota ini terletak 22 km di sebelah Barat ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Medan yang dihubungkan oleh jalan raya Lintas Sumatera yang membentang hingga Banda Aceh.

Oleh karena itu, Binjai terletak di daerah strategis di mana merupakan pintu gerbang Kota Medan ditinjau dari Provinsi Aceh. Jika kamu punya rencana untuk berlibur ke Kota Binjai, tidak usah ragu akan keindahan alamnya.

Kota ini menyajikan banyak sekali tempat wisata yang menarik dan wajib dikunjungi. Dan yang terpenting, berwisata ke Kota Binjai tidak akan bikin kantongmu jebol.

Mau tahu apa saja destinasi yang menarik di Kota Binjai? Yuk, simak dari ulasan berikut ini!

1. Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman - 5 Destinasi Wisata Menarik di Binjai Sisi Lain Sumatera Utara

Air Terjun Siluman berada di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat. Memiliki nama yang seram, ternyata objek wisata yang satu ini sangat unik. Sebab, terkadang air terjun ini hilang dengan sendirinya seperti halnya siluman.

Meski memiliki nama yang seram, Air Terjun Siluman menjanjikan pemandangan yang eksotis lewat kebeningan airnya. Berpagar bebatuan tinggi dan curam, air terjun turut mengalir dari celah-celah batu sehingga memperdengarkan suara yang merdu.

2. Pasar Kaget Binjai

 
Pasar Kaget Binjai - 5 Destinasi Wisata Menarik di Binjai Sisi Lain Sumatera Utara

Pasar kaget di Jalan Ahmad Yani ini merupakan tempat nongkrong favorit bagi warga Binjai. Pasar kaget ini sangat ramai dikunjungi masyarakat. Para pedagang pun tak segan menyulap jalan umum ini menjadi area lapak dagangan. Alhasil, kemacetan lalu lintas menjadi pemandangan yang lumrah, namun selalu ditunggu-tunggu.

(Baca juga: Geliat Pariwisata Aceh yang Ambyar Diterjang Tsunami 15 Tahun Silam)

Bila ke sana, jangan lupa mencoba makanan khas medan, seperti mie medan, durian medan, soto medan, lemang, roti canai, martabak mesir, dan lain-lain dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, terdapat banyak makanan ekstrem seperti sate ular dan sate kodok.

Makanan yang tersedia di sini berbagai macam, mulai dari makanan berat hingga beragam camilan. Sesuai dengan Namanya, waktu operasional pasar ini terbatas, yakni dari pukul 6 sore hingga pukul 4 pagi. Akan sangat cocok mengisi liburan kamu selama di sana saat malam hari.

3. Taman Merdeka Kota Binjai

Taman Merdeka Kota Binjai - 5 Destinasi Wisata Menarik di Binjai Sisi Lain Sumatera Utara

aman Merdeka Kota Binjai memiliki luas 1,5 hektare, taman ini juga menjadi jantung kota Binjai. Tak hanya itu, taman ini  sering digunakan sebagai lokasi untuk mengadakan berbagai macam event besar.

Fasilitas yang ada di Taman Merdeka ini juga mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, dari tempat duduk, alat-alat olahraga hingga area panjat tebing.

Tak hanya itu di Taman Merdeka ini mempunyai tempat kuliner khas kota binjai yang menawarkan berbagai macam olahan makanan dengan harga yang terjangkau.

Tak hanya makanan saja kota Binjai juga mempunyai wahana, mencoba mengendarai motor cross (ala-ala) yang disewakan kepada para pengunjung dengan membayar Rp20.000 untuk 3 kali putaran.

4. Arung Jeram Sungai Bingei

 
Arung Jeram Sungai Bingei - 5 Destinasi Wisata Menarik di Binjai Sisi Lain Sumatera Utara

Arung Jeram Sungai Bingei sangat cocok dijadikan tempat untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga ataupun kerabat, terlebih bagi pencinta atau pehobi olahraga yang memicu adrenalin. Di sungai ini, arung jeram bisa dinikmati oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Sebab, wahana ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan dan peralatan yang mumpuni.

Di Sungai Bingei terdapat rute terpanjang mulai dari Desa Lau Seridi sampai dengan jembatan Bendungan Namu Sira-Sira. Rute ini memiliki panjang 10 km.

5. Tugu Perjuangan 1945

Tugu Perjuangan 1945 - 5 Destinasi Wisata Menarik di Binjai Sisi Lain Sumatera Utara

Salah satu ikon Kota Binjai adalah Tugu Perjuangan 1945 yang menjadi lambang penyambut kedatangan pengunjung. Konon, saking ikoniknya tugu ini, warga Binjai mengumpamakan bahwa liburan belum sah jika belum mengabadikan momen di depan tugu ini.

(Baca juga: Deretan Wisata Mojokerto Paling Favorit dan Murah yang Wajib Dikunjungi)

Lokasi wisata ini berada di Jalan Soekarno-Hatta No. 11, Tanah Tinggi, Binjai Timur. Adapun waktu favorit bagi wisawatan untuk mengunjungi tugu ini adalah pada pukul 5 sore hingga pukul 10 malam.

Berwisata ke Tugu Perjuangan 1945 tidak bakal menguras isi kantongmu. Sebab, wisata ini bisa kamu kunjungi secara gratis tanpa dipungut biaya sepersen pun.

Tertarik untuk liburan ke Kota Binjai? Jangan lupa lindungi diri dengan asuransi perjalanan yang bisa kamu pilih dan dapatkan sesuai kebutuhan lewat CekAja.com ya.

Tentang kami

CekAja

CekAja