Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

5 Hal Finansial Ini Wajib Kamu Terapkan Saat Usia Sudah Kepala Tiga

by Rafly Aditia on 31 March, 2016

urusan finansial - CekAja.com

Ketika memasuki usia 30 tahun seseorang seringkali mengalami perubahan besar dalam cara hidup, terutama mengenai urusan finansial. Di usia ini, orang biasanya sudah memiliki pekerjaan tetap dan kondisi keuangan yang lebih stabil.

Namun, kebutuhan hidup pun semakin banyak. Jika perubahan tersebut tidak disikapi dengan bijak, bisa-bisa menjadi masalah yang merepotkan. Untuk itu, cobalah pelajari lebih dini pengetahuan finansial yang wajib diketahui orang di usia 30 tahun.

Gak perlu memaksakan diri dalam membeli sesuatu

Di usia 30 tahun, kebanyakan orang sudah berkeluarga. Jika saat ini kamu termasuk orang yang memaksakan diri jika menginginkan sesuatu, kebiasaan tersebut harus kamu hilangkan. Sebab, bagi orang berkeluarga, kebutuhan utama yang harus dipenuhi bukan keinginan pribadi melainkan kebutuhan keluarga. (Baca juga: Ini Bedanya Reksa Dana Syariah dan Konvensional)

Bekerja bukan cuma sekedar mendapatkan gaji

Pada usia 30an kamu akan menyadari bahwa bekerja bukan hanya perkara penghasilan melainkan kenyamanan dalam bekerja, situasi dan kondisi lingkungan kerja. Seberapa banyak waktu yang bisa diluangkan untuk keluarga pun menjadi poin penting yang akan kamu pertimbangkan dalam memilih pekerjaan.

Pengetahuan lebih penting daripada gelar

Ketika sudah mencapai usia 30 tahun, kamu akan tersadar bahwa pendidikan bukan hanya sekadar gelar. Ada hal yang jauh lebih penting dibandingkan gelar yaitu ilmu pengetahuan. Gelar yang dimiliki rasanya sia-sia saja apabila tidak diimbangi pengetahuan yang mumpuni.

Bila saat ini kamu sedang menempuh pendidikan, cobalah untuk mengutamakan ilmu pengetahuan. Ketahuilah, dengan bermodalkan ilmu pengetahuan yang luas, masa depan keuangan kamu akan lebih baik.

Banyak hal terjadi di luar rencana

Ketika sudah malang melintang mengarungi dunia pekerjaan, pergaulan, serta kehidupan,  ada satu poin penting yang akan kamu pelajari. Bahwa, banyak hal akan terjadi di luar rencana.

Namun, bukan berarti kamu tidak perlu merencanakan sesuatu untuk meraih tujuan. Tapi, kamu dituntut untuk bisa lebih adaptif lagi dalam kehidupan. Contohnya, memiliki solusi dan opsi ketika rencana tidak berjalan lancar. (Baca juga: Tip Jitu Meraih Sukses Dapat Uang dari YouTube)

Semua butuh uang, tapi uang bukan segalanya

Hal lain yang akan kamu pelajari dan sadari ketika memasuki usia 30an adalah banyak hal yang lebih berharga daripada uang. Memang, semua hal dalam hidup membutuhkan uang, tetapi banyak hal lebih berharga dari uang. Kesehatan, kasih sayang, waktu, dan keluarga adalah conoth hal-hal yang lebih berharga daripada uang.

Jangan sampai karena ingin menghasilkan banyak uang dengan terus bekerja, kamu lupa dengan kesehatan sehingga malah menghabiskan banyak uang karena sakit. Atau, karena terlalu mengutamakan pekerjaan, waktu untuk keluarga semakin berkurang.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami