Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tip Jitu Meraih Sukses Dapat Uang dari YouTube

by Tisyrin N. T on 15 Oktober, 2017

Dengan bermodal kreativitas, bukan mustahil seseorang bisa mendapat uang dari YouTube. Potensi jumlah penghasilannya pun tidak main-main.

Para YouTuber kondang bisa dapat uang dari YouTube ratusan juta hingga miliaran rupiah per tahun. Nama Raditya Dika, Ria Ricis, hingga Reza Oktavian adalah sederet orang yang telah membuktikan hal tersebut.

Tapi, apakah kita hanya sekadar menjadi penikmat saja? Dengan beberapa strategi, kita juga mengikuti jejak sukses mereka untuk menjadi pencipta konten di YouTube. Namun, untuk dapat menciptakan konten yang mampu memikat banyak orang tentu tak mudah.

Nah, sebelum melakukannya, sebaiknya perhatikan dulu tip di bawah ini agar video yang kita buat punya modal kuat untuk sukses:

Buat konten YouTube yang menarik perhatian

Perlu kerja keras menghasilkan konten yang menarik. Apalagi tujuannya adalah untuk menjadi perhatian pengguna internet hingga menonton video yang kita buat. Walau terlihat sepele, tak semua orang mampu membuat karya yang sukses menjaring banyak pengunjung.

Namun, biasanya konten yang unik dan menarik akan menjadi pusat perhatian. Bagaimana cara membuatnya?

Pilih kategori yang favorit dan sesuai minat

Untuk menarik banyak pengunjung, bisa memilih kategori yang terbilang populer misalnya makanan. Di kategori ini kita bisa membuat video seputar memasak atau cicip-mencicip makanan. Video dengan tema komedi juga banyak digemari. Bagi yang punya bakat melucu tentu cocok untuk menggeluti tema ini.

Tren gaya hidup sehat membuat video dengan kategori kesehatan banyak dicari. Kita bisa membuat video seputar makanan sehat dan olahraga. Tak hanya gaya hidup sehat, travelling saat ini juga tengah menjadi tren, sehingga video seputar travelling pun banyak diburu.

Kategori kecantikan juga menarik perhatian misalnya tutorial make up.  Contoh kategori lain yang favorit adalah seputar kerajinan tangan, videonya bisa berupa tutorial. Bisa juga kategori seputar tip keuangan, misal bagaimana cara berhemat dengan menggunakan kartu kredit.

Berusahalah untuk fokus pada satu kategori, terutama jika saluran yang kita miliki telah memiliki banyak subscriber. Artinya, orang-orang menyukai kategori konten yang kita suguhkan selama ini.

Hal lain yang tak kalah penting adalah usahakan agar memilih kategori sesuai minat. Ini akan mempermudah ketika memproduksi konten karena kita sudah menguasai kategori tersebut. Kita juga akan lebih bersemangat karena bergelut dengan apa yang kita sukai. (Baca: 7 Vlogger yang Sukses Raup Jutaan Dolar Lewat YouTube)

Jaga orisinalitas dan kualitas

Berupayalah untuk menciptakan video sendiri. Jangan hanya karena ingin mendapat uang dari YouTube, lalu seenaknya mengunggah ulang video orang lain. Selain melanggar hak cipta, YouTube juga bisa melakukan suspend atau banned. Kalau sudah begini, siapa yang rugi?

Bukan cuma orisinalitas, perhatikan juga baik-baik masalah kualitas. Hal ini berkaitan erat dengan penggunaan alat, pencahayaan, hingga teknik editing. Mau tidak mau, semua aspek tersebut harus menjadi perhatian demi kualitas yang baik.

Kenali SEO dan lakukan optimasi video

Teknik Search Engine Optimization (SEO) juga bisa diterapkan agar video banyak dilihat oleh orang. Sebab dengan menggunakan teknik SEO dapat membantu video muncul di hasil pencarian teratas di mesin pencari, khususnya Google. Optimasi untuk video YouTube terbilang lebih sederhana daripada optimasi untuk blog.

Hal yang harus menjadi perhatian adalah judul video, deskripsi, dan tag yang digunakan. Jangan lupa memasukan kata kunci yang banyak dicari orang di bagian judul.  Pasang juga kata kunci yang relevan dengan judul pada tag.

Konsisten mengunggah video

Taktik lainnya yaitu selalu konsisten. Berusahalah untuk konsisten dalam mengunggah video. Jangan kecewakan subscribers karena jarang menampilkan video baru. Karena itu, atur waktu untuk memproduksi video dan menggunggahnya.

Kreatif dan ciptakan ciri khas

Selalu berusaha untuk kreatif agar penikmat video tak merasa bosan. Berilah sentuhan-sentuhan unik pada video. Jangan lupa juga untuk menciptakan ciri khas agar mudah diingat. Misalnya dengan membuat nama akun yang unik atau teaser yang khas.

Cara menghasilkan uang dari YouTube

Agar video kita bisa menghasilkan uang, tidak hanya mengandalkan jumlah viewers. Seperti telah disebutkan di atas, kita harus melakukan monetisasi video. Nantinya, video dapat menghasilkan uang dari Google Adsense.

Google Adsense merupakan program iklan yang dikembangkan oleh Google. Di sini, Google menjadi perantara antara penerbit iklan alias publisher dan pengiklan alias advertiser. Kita bisa menjadi publisher melalui video kita dan mendapatkan bayaran. Jadi, apabila ada pengunjung video yang melihat iklan tanpa menutupnya, maka publisher akan mendapatkan komisi. (Baca: 10 Orang yang Mendadak Kaya Berkat YouTube)

Baru-baru ini terdapat aturan baru dari YouTube terkait pemasangan iklan. YouTube kini hanya memperbolehkan akun baru untuk mengikuti program pemasangan iklan jika sudah mencetak view sebanyak 10.000 pada channel-nya.

Jadi apabila suatu akun belum mendapat jumlah views dengan jumlah tersebut, maka tidak bisa mengikuti program pemasangan iklan. Aturan ini muncul karena tak sedikit pihak yang membuat akun lalu membagikan video yang tidak orisinal.

Selain mengandalkan Google Adsense, cara mendapat uang dari YouTube antara lain melalui endorsement. Tak sedikit produsen berbagai produk yang tertarik mempromosikan produk mereka dengan memakai jasa YouTuber. Sang produsen biasanya akan mencari akun yang punya banyak pengunjung serta menyajikan konten berkualitas untuk mengiklankan produk mereka.

Pendapatan YouTuber populer

Indonesia telah mencetak sederet nama YouTuber lokal yang populer. Penghasilan mereka bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran per tahunnya. Berikut beberapa nama-nama populer seperti dikutip dari Socialblade.com per pertengahan Juli 2017 :

1. Raditya Dika

Subscribers : 2,5 juta

Estimasi penghasilan : Rp660 juta – Rp10,5 miliar per tahun

2. Edho Zell

Subscribers : 1,46 juta

Estimasi penghasilan : Rp740 juta – Rp11,8 miliar per tahun

3. Reza Oktavian

Subscribers : 1,41 juta

Estimasi penghasilan : Rp490 juta – Rp7,7 miliar per tahun

4. Ricis Official

Subscribers : 1,17 juta

Estimasi penghasilan : Rp990 juta – Rp16 miliar per tahun

5. Bayu Skak

Subscribers : 1,15 juta

Estimasi penghasilan : Rp177 juta – Rp282 juta per tahun

Bagaimana, berminat untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan YouTube? Langsung buat video menarik sekarang juga!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami