5 Jenis Mainan Edukasi yang Aman untuk Anak Usia 2-3 Tahun

5 Jenis Mainan Edukasi yang Aman untuk Anak Usia 2-3 Tahun

Mainan edukasi dapat membantu tumbuh kembang dan keterampilan si kecil. Namun, kita tidak boleh sembarangan dalam memberikan mainan edukasi seperti ini. Bila salah pilih, mainan justru bisa membahayakan si kecil juga, loh.

Lalu, seperti apa mainan yang aman untuk si kecil yang telah berusia 2-3 tahun? Simak beberapa ide mainan edukatif berikut ini.

1. Pilih mainan yang berwarna untuk melatih kreativitas

Bermain bisa melatih daya kreativitas si kecil. Nah, kamu bisa menggunakan mainan yang lebih berwarna, seperti balok susun berwarna.

Mainan ini bisa mengasah kreativitas mereka.

2. Gunakan mainan yang bisa merangsang daya imajinasi

Dunia bermain sudah menjadi salah satu dunia yang menghiasi imajinasi si kecil. Salah satu cara untuk merangsang daya imajinasi adalah dengan mengajaknya berkreasi dengan mainan sesuai lingkungan sekitar.

Misalnya, bermain rumah-rumahan dengan membangun tenda dari selimut dan bantal guling. Kemudian, kamu bisa mulai mengajak si kecil berimajinasi layaknya sedang berada di tengah hutan dengan boneka sembari menyalakan senter. Momen tersebut tentu bisa membuat hubungan kamu dan si kecil semakin dekat.

(Baca juga: 9 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Anak)

3. Pilih mainan tebak huruf

Bila si kecil mulai beranjak usia 2-3 tahun, kamu sudah bisa mulai mengenalkan berbagai huruf dan angka. Kamu bisa memberikan mainan, seperti alat gambar, papan huruf, kartu huruf atau angka, untuk melatih daya ingat dan pelafalan si kecil.

4. Pilih mainan yang mengeluarkan musik

Mainan dengan instrumen musik merupakan cara yang paling efektif untuk mengembangkan kemampuan indera pendengar dan melatih motorik. Kamu bisa memilih mainan yang dapat mengeluarkan bunyi, seperti piano kecil, drum, dan lain sebagainya.

5. Pilih mainan yang melatih daya motorik

Mainan yang memiliki roda juga bisa melatih daya motoriknya, loh. Misalnya, sepeda roda tiga, scooter, mobil truk pemadam kebakaran, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, mainan ini dapat mengasah koordinasi keseimbangan tubuh dan imajinasi si kecil.

Nah, itu dia lima jenis mainan edukatif yang aman untuk anak. Kamu bisa menemukan berbagai jenis mainan tersebut hanya di Ruparupa.com.

Tidak perlu khawatir, situs ini hanya menjual mainan edukasi berkualitas dan aman untuk dimainkan oleh anak-anak. Yuk, segera kunjungi situs belanja online ini dan dapatkan berbagai promo menarik lainnya. Selamat belanja!