Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Kiat Menghemat Uang di Akhir Bulan

by Miftahul Khoer on 29 November, 2018

Bagaimana perasaan Anda jika mendekati akhir bulan? Gundah, gelisah atau biasa saja. Buat yang merasa biasa saja, mungkin Anda termasuk orang yang tidak memiliki masalah di akhir bulan. Nah, Anda sebaiknya mengetahui kiat-kiat menghemat uang di akhir bulan, agar hidup lebih tenang. Simak di sini!

Hemat Gaji Pengeluaran CekAja

Jika Anda termasuk orang yang gelisah memikirkan kondisi keuangan yang sudah mulai menipis, berarti ada yang salah dari Anda. Nah, agar kondisi keuangan di akhir bulan tidak kering-kering amat, simak lima kiat menghemat uang berikut ini. Yuk cek!

Belanja prioritas

Keuangan di akhir bulan memang biasa menipis. Asalkan semua kebutuhan sudah terpenuhi, mulai bayar listrik, PDAM, cicilan dan biaya lainnya, maka seharusnya sudah tidak ada lagi yang harus dipikirkan.

Namun, tetap saja banyak orang terutama kalangan anak kos baik mahasiswa atau pekerja yang masih single masih kelimpungan menghemat uang di akhir bulan.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan uang belanja Anda untuk keperluan prioritas seperti biaya makan sehari-hari. Upayakan untuk setop sementara belanja yang membuat boros seperti beli rokok, kopi dan pengeluaran lain.

(Baca juga: Trik Liburan Hemat Menggunakan Air Miles)
Bawa bekal sendiri

Makan di luar adalah salah satu yang membuat keuangan Anda boncos setiap harinya. Apalagi mendekati akhir bulan, jangan deh. Upayakan lebih baik Anda bawa bekal sendiri di rumah untuk menghemat uang.

Sebagai perbandingan, jika biaya makan Anda mencapai Rp50.000 per hari, maka Anda bisa lebih hemat jika belanja bahan sayuran dan memasak sendiri di rumah untuk di bawa ke tempat kerja atau ke kampus.

Sebagai contoh, untuk sarapan bubur satu mangkuk Anda bisa menghabiskan Rp10.000, makan siang Rp15.000, makan malam Rp15.000 dan air mineral Rp10.000. Total Rp50.000.

Namun apabila Anda belanja dan memasak sendiri Anda bisa menggunakan uang Rp50.000 untuk 10 potong tahu yang bisa dimasak 3 hari Rp10.000, satu papan tempe yang juga bisa dimasak tiga hari Rp10.000, bahan sayur sop Rp10.000 untuk dua hari.

Anda juga bisa beli kerupuk Rp5.000 isi 5 untuk dua hari, dan ayam goreng seperempat Rp15.000 untuk dua hari. Total Rp50.0000. Dengan catatan, belanja bahan dan memasak sendiri ini dengan asumsi bumbu dan minyak goreng sudah tersedia ya.

(Baca juga: 5 Tips Hemat Belanja Bahan Pokok)
Irit kuota internet

Saat ini penggunaan pulsa mungkin sudah mulai berkurang seiring hampir semua gadget sudah menggunakan kuota internet. Dengan demikian, beban biaya yang biasanya dibelikan untuk pulsa beralih ke kuota internet.

Jika Anda adalah seseorang yang tidak terlalu tergantung dengan gadget, maka hal itu bisa menghemat uang. Tapi di luaran sana banyak orang yang setiap detik dan menitnya dihabiskan untuk berselancar di internet. Mereka biasanya bermain media sosial, buka YouTube hingga bermain game di gadget.

Tak sadar, aktivitas-aktivitas tersebut membuat boros penggunaan kuota internet. Dengan demikian, jika sedang di akhir bulan, batasilah pemakaian internet agar habis kuota tidak habis sebelum awal bulan tiba. Repot kan, kalau sebelum gajian kuota sudah habis. Memang bisa sih tinggal beli lagi, tapi kan lebih boros jadinya.

(Baca juga: 5 Trik Hemat Makan di Restoran Mewah)
Manfaatkan promo dan diskon

Kalau sudah mendekati akhir bulan lebih baik jangan ‘banyak gaya’ belanja ini dan itu. Kalau Anda memang sudah gajian sebelum akhir bulan hal itu bisa dilakukan. Namun, untuk yang gajiannya di awal bulan, akhir bulan adalah hari-hari yang ingin segera berakhir, betul?

Nah, kalau pun memang mau belanja atau bepergian menggunakan transportasi misalnya, lebih baik cari yang lagi promo atau diskon saja untuk menghemat uang. Banyak kok toko offline atau online shop yang menggelar pesta promo dan diskon.

Apalagi saat ini banyak perusahaan rintisan yang bekerja sama dengan banyak merchant, misalnya Gojek atau Grab yang selalu memberikan promo kepada pelanggan.

Nah, itu kan bisa dimanfaatkan. Kalau biasanya Anda bayar ongkos ojek online hingga puluhan ribu, Anda bisa menikmati promo dan diskon hingga setengahnya bahkan lebih rendah. Asalkan, Anda rajin-rajin saja cari informasi tentang promo-promo mereka.

(Baca juga: Cek! 5 Cara Liburan Hemat Saat High Season)
Diam di rumah lebih baik

Kiat menghemat uang di akhir bulan yang terakhir adalah diam di rumah saja. Hindari ajakan-ajakan teman untuk pergi menonton bioskop, konser, atau nongkrong di kafe-kafe yang tentunya bakal membuat keuangan Anda lebih tak berdaya alias bokek.

Tidak apa-apa dibilang ‘tidak gaul’ oleh teman-teman, daripada Anda harus mengeluarkan uang banyak hanya untuk bersenang-senang sesaat. Kalau memang di rumah bisa nonton film atau acara seru lainnya di televisi kabel kenapa tidak. Betul kan?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami