Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Manfaat Menabung yang Ternyata Bikin Sehat Mental

by Anes Saputra on 10 Maret, 2020

Sejak kecil sebagian besar dari kita sudah diajarkan untuk rajin menabung. Meski jumlahnya mungkin tidak seberapa, anak-anak diminta untuk membiasakan diri menyisihkan sebagian uang jajan sebagai tabungan.

Pada saat kamu masih taman kanak-kanak atau sekolah dasar, pasti guru akan memberikan buku tabungan. Masih ingat tidak? Melalui berhemat, kita juga diajarkan tujuan menabung adalah untuk simpanan di masa depan atau setidaknya punya uang jika ada kebutuhan mendadak.

Tahu kah kamu bahwa dampak positif menabung sebenarnya bukan hanya dari sisi keuangan saja loh. Para psikolog menyebut menabung juga memiliki dampak secara psikologis. 

Menabung terbukti berpengaruh baik untuk kesehatan mental kamu. Berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai bagaimana menabung secara teratur bisa memberikan efek baik secara psikologis. 

  1. Memberi ketenangan

Diakui atau tidak, kamu pasti akan merasa stres, tidak bisa tidur dengan nyenyak, makan dengan enak, dan rasanya seperti dihantui sesuatu ketika memiliki utang atau sisa uang yang kamu miliki tinggal sedikit padahal gajian masih lama. Sebaliknya, ketika kamu berhasil menyisihkan uang lalu menabungnya, kamu akan merasa lebih tenang. 

Para psikolog menyebutkan bahwa tabungan adalah bagian dari asuransi pribadi. Nah, asuransi itu tidak bisa dijual atau ditawarkan oleh perusahaan. Itu adalah asuransi yang hanya bisa diciptakan oleh diri sendiri demi ketenangan pribadi. 

Jika direnungkan, apa yang dijelaskan psikolog memang benar. Kita akan jauh lebih tenang ketika memiliki uang cadangan atau simpanan yang bisa digunakan dalam kondisi darurat atau untuk kebutuhan tak terduga. 

Orang yang memiliki tabungan bukan hanya akan sehat secara finansial melainkan juga bisa sehat secara psikis. Setidaknya kekhawatiran dan stres akibat kesulitan keuangan bisa diminimalisir jika kamu memiliki tabungan. 

  1. Percaya diri meningkat

Memiliki tabungan juga bisa menambah rasa percaya diri. Bagaimana bisa? Pertama, memiliki tabungan apalagi dalam jumlah yang cukup besar bisa menjadi sesuatu yang cukup membanggakan. Itu bisa jadi tanda kesuksesan kamu dalam bekerja. 

(Baca juga: Gaji UMP Tetap Bisa Menabung Puluhan Juta, Ini Caranya!)

Kedua, mempunyai tabungan yang bisa diandalkan untuk membayar atau membeli barang-barang jika dibutuhkan. Misalnya saja kamu mendadak butuh A, kamu tidak perlu sedih atau menunggu lama lagi untuk segera membelinya. 

  1. Lebih optimis

Dampak psikis lain yang hanya bisa dirasakan oleh orang yang memiliki tabungan adalah rasa optimis. Penelitian menyebutkan bahwa memiliki simpanan, meski sekecil apapun jumlahnya, bisa membangun rasa optimisme. 

Ketika melihat saldo yang bertambah, kamu akan merasa lebih semangat dan optimis dalam bekerja. Besar ataupun kecil pertambahannya yang pasti itu bisa menjadikan kamu lebih ingin bekerja keras. 

Kamu akan terdorong untuk mencari berbagai macam cara agar bisa menabung lebih banyak lagi dan memiliki uang dengan cara yang lebih cepat. Hal itu akan sangat bagus untuk membuatmu bekerja lebih giat. 

  1. Orang kaya bebas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya memiliki tanggungan berupa cicilan yang besar, biaya keterlambatan pembayaran, atau kemungkinan barang akan diambil paksa, merupakan beberapa hal yang membuat orang tidak bisa hidup dengan lepas. Dia akan terus merasa dihantui. 

Nah, menabung secara rutin bisa membuat kamu jauh lebih bijak dalam memutuskan untuk berutang. Kamu tentu akan berhitung dengan sangat hati-hati berapa jumlah cicilan yang bisa kamu bayarkan supaya tidak menganggu dana untuk menabung. 

Dengan pola keuangan yang teratur dan sehat seperti itu, kamu akan lebih merasa lega dan bebas. Tidak ada keresahan atau merasa terbebani dengan cicilan yang belom terbayar atau denda yang semakin menumpuk karena keterlambatan pembayaran. 

Kamu juga akan menjadi orang yang lebih hemat. Kamu memilih untuk mengeluarkan sedikit uang tapi menabung sebanyak-banyaknya. 

Dalam jangka waktu tertentu, tabungan kamu pada akhirnya juga akan memberimu kebebasan lain. Karena sudah memiliki banyak simpanan, kamu bebas memilih tempat tinggal, lebih tenang dalam berkarier, dan lain sebagainya. 

  1. Meningkatkan simpati dan empati

Menabung bukan malah akan membuat kamu menjadi sosok yang sangat perhitungan dan pelit. Sebaliknya, kamu justru akan lebih bisa memiliki rasa simpati dan empati terhadap mereka yang kekurangan. 

Kamu bukan hanya melihat dari satu sudut pandang saja jika bicara mengenai masalah keuangan. Kamu akan menempatkan diri sebagai mereka yang sedang kesulitan juga. 

(Baca juga: Manfaat Menabung di Awal Tahun dan Jenis-Jenis Tabungannya)

Menabung akan memberikan kamu pelajaran untuk melihat juga apa yang dibutuhkan orang lain. Kamu akan lebih perhatian dan tidak akan sungkan untuk menyisihkan hartamu untuk berdonasi. 

Wah, ternyata menabung memang memiliki dampak yang luar biasa ya. Kita bukan hanya akan memiliki uang yang bisa digunakan di masa depan atau di masa darurat melainkan juga diberikan energi secara psikis. 

Yuk, mulai sekarang kita lebih rajin menabung. Tidak harus dalam jumlah banyak loh. Kamu bisa memulai dengan jumlah kecil tapi rutin dan konsisten. 

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke