Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Gaji UMP Tetap Bisa Menabung Puluhan Juta, Ini Caranya!

by Sindhi Aderianti on 16 Januari, 2020

Seringkali nominal gaji yang kecil jadi alasan untuk menunda menabung. Padahal, kunci agar bisa menabung bukan terletak pada seberapa besar gajinya, tetapi bagaimana agar bisa disiplin. Pemilik gaji yang masih setara Upah Minimum Provinsi (UMP) pun bisa kok menabung hingga puluhan juta!

fakta uang - CekAja.com

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan UMP sebesar Rp4.267.349 per tahun 2020. Jumlah ini naik sekitar 8,51 persen atau Rp335.576 dari tahun sebelumnya yakni Rp3.900.000. 

Apabila UMP sudah naik, urusan menabung seharusnya bukan sekadar wacana lagi. Sebab kenaikan UMP memberi dampak yang sangat signifikan terhadap gaji karyawan. Ikuti beberapa tips menabung bagi pemilik gaji UMP berikut ini, yuk!

Pakai Teori Menabung Elizabeth Warren

Meski memiliki gaji yang hanya beda-beda tipis sama UMP, kamu harus tetap semangat menabung. Kamu bisa mengikuti teori menabung 50/20/30 yang dipopulerkan Elizabeth Warren, seorang pakar keuangan sekaligus profesor Harvard. Dalam teori tersebut dijelaskan, kamu harus membagi penghasilanmu menjadi tiga pos, yakni:

  • 50 persen untuk kebutuhan pokok selama satu bulan yang sudah meliputi cicilan kredit atau sewa rumah, belanja bulanan, cicilan kendaraan, hingga tagihan lainnya seperti listrik dan air.
  • 30 persen ditujukan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup, mulai dari belanja hingga nongkrong di kafe.
  • 20 persen dialihkan untuk kebutuhan finansial yakni nabung dan investasi.

Taruhlah gajimu Rp4 juta. Jika pembagian tersebut berhasil diterapkan, berarti kamu bisa menyisihkan tabungan sebesar Rp800.000 setiap bulannya. Dalam setahun, total tabunganmu sudah lebih dari Rp9 juta. Lumayan, kan?

(Baca juga: Cara Menghemat Uang Gaji Kecil Paling Tepat untuk Kamu First Jobber)
Terapkan Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup memberi pengaruh yang amat besar terhadap pengeluaran seseorang tiap bulannya. Maka selain fokus menyisihkan uang, evaluasi lagi seperti apa gaya hidupmu?

Coba deh terapkan gaya hidup minimalis. Simple living diadaptasi dari filosofi Buddhisme Zen, yakni ‘less is more’. Pola ini mendorong pengikutnya untuk menentang konsumtivisme dengan cara mengurangi barang-barang yang dimiliki dan hidup lebih sederhana.

Artis seperti Raditya Dika, bahkan sudah menerapkan gaya hidup minimalis tersebut. Penulis novel ‘Cinta Brontosaurus’ itu diketahui baru saja menjual beberapa jam tangannya serta benda-benda lain yang jarang terpakai.

Esensi dari simple living adalah meninggalkan sikap boros. Dalam konteks agar bisa menabung walaupun bergaji UMP, tentu gaya hidup tersebut akan sangat efektif. Yuk, mulai lifestyle barumu ini dengan cara berikut:

1. Beli sedikit tapi berkualitas

Agar rencana menabung gak buyar, cobalah kurangi frekuensi belanja. Biar menabung lebih mudah meski gaji hanya setara UMP, pasanglah strategi belanja yang lebih bijak. 

Tak masalah jika ingin belanja kebutuhan fashion, misalnya sepatu. Namun, usahakan beli yang sekalian berkualitas meskipun memang lebih mahal. Pilih model dan warna yang timeless. Sehingga kamu tidak perlu membeli sepatu lagi, paling tidak selama dua hingga lima tahun. Ada dua manfaat sekaligus yang bisa didapat dengan menerapkan cara ini, yaitu mengurangi limbah dan menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang.

2. Liburan untuk pengalaman, bukan Instagram

Jadikan setiap liburanmu untuk mencari pengalaman baru sekaligus refreshing dari penatnya dunia kerja. Bukan demi mengunggah video atau foto di hotel, pesawat, serta destinasi yang Instagramable. Tujuan berbau pamer itu secara tidak langsung bisa menguras budget, lho. Lagipula kalau terlalu sibuk bermain sosmed, alhasil kamu jadi tak menikmati suasana liburannya.

3. Hindari beli terlalu banyak makanan

Terakhir, sebisa mungkin jangan membeli terlalu banyak makanan. Bukan hanya makanan jadi saja, tapi juga bahan-bahannya. Buat daftar belanjaan untuk mencegah godaan membeli barang yang tak begitu penting. Untuk bahan makanan seperti sayuran dan daging, lebih baik dibeli mendadak saat hendak memasaknya. Sebab jika disimpan terlalu lama sebagai stok, dikhawatirkan tak lagi fresh atau bahkan membusuk.

(Baca juga: Cara Mengelola Gaji 4 Juta dan Tetap Bahagia. Mungkin Banget!)
Coba Investasi Valas atau Emas

Sebagai karyawan bergaji UMP dengan tabungan per bulan tak sampai Rp1 juta, kamu tetap bisa kok memiliki investasi. Investasi sangat memungkinkanmu untuk menambah lagi pundi-pundi lewat tabungan di luar uang. Ambil instrumen yang mudah dipahami saja, seperti valas atau emas.

Lewat tabungan emas, kamu bisa membeli logam mulia itu dengan minimal 0,01 gram seharga Rp7.000-an. Namun, ada beberapa tambahan biaya yang harus kamu siapkan, misalnya pembukaan rekening Rp10.000 dan biaya titipan selama satu tahun sebesar Rp30.000. Perlu diingat, untung dari investasi emas tidak bisa didapat dalam waktu singkat ya. Jadi anggaplah investasi emas ini tabungan yang keuntungannya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan-kebutuhan urgent di masa depan.

Kalau investasi valas atau valuta asing, caranya hanya dengan membeli dolar ketika milai tukar sedang turun. Nanti jika sudah banyak terkumpul, sebaliknya jual kembali saat kurs mata uang tersebut naik. Dengan begitu, kamu bisa untuk berkali-kali lipat!

Siapa bilang punya gaji UMP, tak bisa menabung dan punya uang banyak? Asalkan niat dan disiplin mengikuti cara di atas, pasti bisa!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.