5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa

4 min. membaca Oleh CekAja on

Menjadi mahasiswa, apalagi mahasiswa rantau, merupakan salah satu momen di mana kamu bisa belajar mandiri. Kamu akan belajar untuk tidak bergantung kepada orang lain dan belajar mandiri dalam hal finansial.

Bukan isapan jempol, dengan menjadi mahasiswa, kamu memiliki kesempatan yang besar untuk memiliki penghasilan sendiri. Jam perkuliahan yang tidak seharian penuh, sebagaimana waktu belajar di sekolah, bisa kamu manfaatkan untuk bekerja sebagai seorang freelancer.

Dengan bekerja freelance, kamu tentu bisa membantu perekonomian keluargamu selama menimba ilmu di perguruan tinggi. Setidaknya, penghasilanmu dari bekerja secara freelance dapat menambah uang saku guna memenuhi kebutuhan bulanan.

Lantas, pekerjaan apa yang bisa dikerjakan seorang mahasiswa sembari berkuliah? Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1. Fotografer

Fotografer - 5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa

Jika memiliki hobi di bidang fotografi, kamu bisa menjadi mahasiswa yang beruntung. Sebab, hobi itu dapat kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang, bahkan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Sembari menunaikan kewajiban menimba ilmu di kampus, kamu bisa lho bekerja sebagai fotografer freelance. Dalam hal ini, kamu bisa bergabung dengan perusahaan maupun bergerak sendiri.

Kebanyakan universitas memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) fotografi atau komunitas fotografi. Kamu bisa bergabung dengan UKM atau komunitas ini guna menambah skill kamu di bidang fotografi.

Tidak hanya itu, keberadaan komunitas ini juga bisa kamu manfaatkan untuk memperluas jaringan sehingga kesempatan kamu untuk menghasilkan uang dari jasa fotografi semakin besar.

Jika kamu memiliki skill yang spesifik di bidang fotografi, tentunya kamu akan lebih mudah untuk memasarkan jasamu. Misalnya, kamu menguasai atau mendalami fotografi produk, kamu akan lebih mudah menawarkan jasamu pada perusahaan-perusahaan yang ingin memasarkan produknya dengan katalog gambar yang menarik.

2. Penulis lepas

Penulis lepas - 5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa

Menjadi penulis lepas adalah salah satu jenis pekerjaan freelance yang banyak digemari. Sebab, hanya dengan bermodalkan laptop atau PC serta koneksi internet, kamu bisa bekerja di mana pun.

Namun, tidak semua orang punya kemampuan yang mumpuni dalam hal menulis. Untuk kamu mahasiswa yang punya bakat menulis dan bisa menulis dengan baik, ini adalah kesempatanmu mencari uang saku tambahan.

(Baca juga: Keahlian yang Dibutuhkan Freelance paling Banyak Dicari di Indonesia)

Profesi ini tidak bakal menyita waktu kuliahmu. Sebab, kamu bisa menulis pada waktu kosong atau sebelum dan sesudah waktu perkuliahan.

Tidak sulit menemukan informasi terkait jenis pekerjaan ini. Kamu tinggal cari di internet. Saat ini, banyak startup yang membutuhkan juga penulis lepas untuk mengisi konten di blog mereka terkait produk yang mereka tawarkan.

Selain dengan cara itu, kamu juga bisa menawarkan jasamu langsung lewat forum-forum yang ada di internet atau lewat blog pribadi jika kamu memilikinya.

3. Editor atau proofreader

Editor atau proofreader - 5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa

Untuk jenis pekerjaan freelance yang satu ini mungkin tidak semua mahasiswa mampu melakukannya. Menjadi editor dan proofreader tentu dibutuhkan kemampuan khusus.

Dalam meng-handle pekerjaan yang satu ini, kamu dituntut untuk dapat mengetahui dan memahami kaidah-kaidah yang baku dan benar dalam bahasa. Selain itu, kamu juga harus mengecek apakah tulisan sudah sesuai dengan kaidah Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Tidak berhenti sampai di situ, sebagai seorang editor dan proofreader, kamu harus jeli dan detail dalam mengoreksi sebuah tulisan agar tidak ada lagi kesalahan penulisan dan pengetikan sebelum tulisan siap naik cetak.

Biasanya, pekerjaan freelance jenis ini cocok untuk mahasiswa yang berkuliah di jurusan bahasa, sastra, dan jurnalistik. Kamu pun bisa melakukan pekerjaan ini di rumah atau di kostan dengan waktu yang fleksibel, pastikan tidak sampai lewat deadline-nya ya.

4. Guru privat

Guru privat - 5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, pastinya kamu sudah melewati tahapan sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA. Dan, untuk dapat masuk ke universitas, apalagi perguruan tinggi negeri favorit, tentunya kamu melewati tahapan seleksi yang tidak mudah.

(Baca juga: Situs Freelance Terbaik 2020 di Indonesia)

Dengan begitu, tidak sedikit yang beranggapan bahwa mahasiswa merupakan orang-orang berilmu tinggi. Nah, untuk kamu yang merasa menguasai beberapa bidang pelajaran, tidak ada salahnya kamu terus mengasah kemampuan itu seraya mengumpulkan pundi-pundi dengan menjadi guru privat.

Saat ini, tidak sedikit orang tua yang mau mengeluarkan kocek lebih demi anaknya agar mendapatkan bimbingan belajar secara khusus dari guru privat. Jangan lewatkan kesempatan ini begitu saja. Kamu, terutama yang berkuliah di jurusan atau fakultas MIPA dan bahasa, bisa menawarkan jasamu untuk menjadi guru privat ini.

Soal waktu, tentu kamu bisa membicarakannya dengan murid atau orang tua muridmu agar tidak bertabrakan dengan waktu perkuliahan kamu.

5. Pemandu wisata

Pemandu wisata - 5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa

Di mana pun kamu berkuliah, tentu di daerah itu ada beberapa tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Keberadaan tempat wisata ini bisa menjadi peluang kamu menambah uang saku.

Kunjungi dan kuasai mengenai tempat-tempat wisata tersebut. Setelah kamu khatam, kamu bisa menawarkan diri untuk menjadi pemandu wisata ke lokasi tersebut baik ke turis domestik maupun turis mancanegara.

Jenis pekerjaan yang satu ini sangat cocok untuk kamu para mahasiswa yang hobi bertualang atau berwisata. Bukankah menyenangkan jika hobimu bisa sekaligus menghasilkan uang? Hanya, kamu perlu mengatur waktu dengan disipilin soal ini. Jangan sampai jadwal kerjamu berbenturan dengan jadwal kuliah, yang pada akhirnya bisa merugikan salah satu pihak.

Itu dia beberapa pekerjaan freelance yang bisa kamu kerjakan sembari kuliah. Daripada waktumu terbuang habis tak tentu, alangkah baiknya waktu itu dimanfaatkan untuk mencari uang yang bisa membantu ekonomi keluarga.

Namun, jangan sampai keasyikan mencari uang malah membuat kamu sampai menelantarkan kuliahmu. Ingat, tujuan awalmu berkuliah adalah untuk menimba ilmu.

Tentang kami

CekAja

CekAja