Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika Beserta Gajinya

by Estrin Vanadianti Lestari on 18 November, 2019

Melihat perkembangan teknologi informasi dan komputer yang semakin maju saat ini, membuat berbagai industri di bidang informasi digital dan bidang lainnya, memiliki banyak peluang kerja di berbagai posisi. Nah, kabar ini juga akan menjadi kabar baik bagi mahasiswa lulusan Jurusan Teknik Informatika. Prospek pekerjaan Jurusan Teknik Informatika juga, disebut memiliki peluang kerja yang tinggi dengan gaji yang bisa dibilang mumpuni.

Internet yang sering digunakan sebagai salah satu sumber informasi digital, penggunanya disebut terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2019, penggunaan internet di Indonesia telah mencapai 171 juta jiwa. Sehingga, peningkatan penggunaan internet tersebut, tentunya akan memnuat bertambahnya prospek pekerjaan Jurusan Teknik Informatika.

Tidak hanya itu, mahasiswa lulusan Teknik Informatika juga akan memiliki berbagai keahlian dalam mengelola informasi dengan menggunakan teknologi komputer. Dimana pekerjaan Jurusan Teknik Informatika, seperti di perusahaan besar, instansi pemerintah maupun swasta, lembaga, hingga organisasi ini tentunya akan membutuhkan tenaga yang memiliki keahlian mumpuni di bidang tersebut.

Hal-hal serta Mata Kuliah yang Dipelajari

Jurusan Teknik Informastika merupakan salah satu jurusan yang masuk dalam Fakultas Teknik atau MIPA. Dimana di jurusan tersebut, nantinya kamu akan mempelajari banyak hal tentang informasi digital dan komputer. Dan berikut beberapa mata kuliah yang mungkin akan kamu pelajari di Jurusan Teknik Informatika:

  • Matematika, Fisika, Kimia Dasar
  • Pengantar Teknologi Informasi
  • Dasar Pemograman
  • Struktur Data dan Algoritma
  • Statistika
  • Organisasi dan Arsitektur Komputer
  • Perancangan dan Pemograman Web
  • Pengembangan Aplikasi Berbasis Web
  • Interaksi Manusia dan Komputer
  • Inteligensi Buatan
  • Proyek Perangkat Lunas
  • Jaringan Komputer
  • Grafika Komputer, dan masih banyak lagi

Meski setiap perguruan tinggi mungkin akan memiliki kurikulum dan mata kuliah yang berbeda, namun sebagian besar universitas akan memberikan pengetahuan tentang fungsi logika, pemograman bahasa sederhana sampai tingkat tinggi, metode numerik, teknik komputasi dan masih banyak lagi, yang akan berhubungan dengan hardware maupun software pada komputer.

Daftar Universitas Dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

Jika kamu sudah tahu ilmu apa saja yang akan dipelajari di jurusan ini, hingga prospek pekerjaan Jurusan Teknik Informasi yang disebut-sebut sangat tinggi, selanjutnya kamu tinggal memilih universitas yang memiliki predikat Jurusan Teknik Informatika terbaik bukan? Nah, berikut daftar universitas dengan Jurusan Teknik Informatika terbaik di Indonesia, dengan akreditasi A dari BAN-PT, yang direkomendasikan untukmu, demi bisa mencapai pekerjaan impianmu di bidang ini:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
4. Universitas Bina Nusantara
5. Universitas Esa Unggul Jakarta
6. Universitas Gunadarma Depok
7. Universitas Kristen Petra, Surabaya

Itulah beberapa daftar universitas dengan Jurusan Teknik Informatika yang direkomendasikan untuk kamu. Setelah lulus, kamu bisa melamar ke deretan pekerjaan Jurusan Teknik Informatika yang memiliki prospek kerja tinggi, berikut ini:

5 Prosper Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika
1. Web Desainer

Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika yang pertama adalah sebagai web desainer. Seperti nama posisinya, tanggung jawab dan tugas dari seorang web desainer adalah untuk merancang sebuah website. Seorang web desainer tidak bekerja sendirian untuk merancang sebuah web.

Web desainer akan dibantu dan bekerja sama oleh seorang web programmer, front end web developer dalam hal teknis. Nah, untuk gaji yang didapat dari seorang web desainer adalah sekitar Rp 4 juta, atau bisa lebih tinggi lagi, sesuai dengan proyek website yang dikerjakan.

2. UX Researcher

Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika selanjutnya adalah sebagai UX researcher, atau biasa disebut User Experience. Nah, untuk kamu lulusan Teknik Informatika, posisi ini sangat dibutuhkan dan sangat berpotensi untuk menjadi seorang Ux researcher. Tugas dan tanggung jawab dari seorang UX researcher ini sendiri adalah melakukan riset terhadap produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Gaji seorang UX researcher (fresh graduate) di salah satu perusahaan start up bidang transportasi adalah sekitar Rp 6 juta. Jadi kalau soal gaji, tentunya sangat mumpuni dan mencukupi bukan, pekerjaan di bidang ini?

(Baca Juga: Ini Universitas Terbaik di Indonesia dan Pencetak Lulusan Berkualitas 2020)
3. Desainer Grafis

Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika berikutnya adalah sebagai desainer grafis. Namun, untuk kamu yang ingin bekerja di posisi ini, kamu setidaknya harus menguasai beberapa program aplikasi desain atau software dan memiliki pemikiran yang kreatif soal desain. Jika kamu suka menciptakan sebuah ilustrasi, fotografi, infografik, tipografi, kamu bisa memilih desainer grafis, sebagai salah satu pekerjaan yang keren dan mengasyikkan.

Tidak perlu pergi ke kantor, pekerjaan desainer grafis ini juga bisa kamu kerjakan dari rumah atau dari mana saja. Kamu hanya tinggal memanfaatkan software seperti Corel, Photoshop, Illustrator, maupun perangkat lunak online gratisan. Untuk gaji seorang desainer grafis yakni sekitar Rp 4,4 juta bisa lebih, tergantung perusahaan serta pengalamanmu.

4. Programmer

Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika yang selanjutnya adalah menjadi programmer. Profesi ini merupakan sebuah posisi yang bisa dibilang paling banyak diminati para mahasiswa lulusan Jurusan Teknik Informatika. Pasalnya, para perusahaan besar sangat membutuhkan ide-ide khusus dari para programmer, dimana programmer juga menjadi salah satu pekerjaan yang paling relevan di era yang segala sesuatunya mengandalkan teknologi.

Di posisi ini, kamu bisa memulai karir sebagai junior programmer terlebih dahulu. Terlebih gaji yang akan kamu dapat untuk pemula saja, bisa mencapai Rp 5 -10 juta.

5. System Analyst

Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika yang gajinya tak kalah mumpuni adalah sebagai system Analyst. Salah satu pekerjaan keren di Jurusan Teknik Informatika ini memiliki deskripsi pekerjaan, yakni untuk menganalisis sistem yang akan digunakan di sebuah perusahaan.

Tidak bekerja sendirian, sistem analis juga akan bekerja berdampingan dengan programmer. Sehingga, setiap pekerjaan dari mereka bisa saling melengkapi. Untuk gaji seorang sistem analis adalah sekitar Rp 6,5 juta, bahkan hingga puluhan juta, per bulannya.

Mau raih pekerjaan impianmu di bidang Teknik Informatika? Dapatkan pinjaman dana untuk pendidikan di situs Cekaja.com. Pendidikan yang tinggi di universitas bergensi, akan hasilkan lulusan unggul yang banyak dibutuhkan perusahaan.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk