5 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

3 min. membaca Oleh CekAja on

Para siswa-siswi SMA dan yang sederajat saat ini sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Sebagian besar pasti bercita-cita untuk berkuliah di perguruan tinggi negeri favorit.

5 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Persaingan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri favorit tentu tidak mudah karena akan sangat banyak kompetitor yang berjuang untuk bisa berkuliah di sana. Untuk mengetahui mana saja kampus negeri favorit, berikut ini daftar 5 perguruan tinggi favorit di Indonesia versi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti):

1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung - 5 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Kampus ini terkenal dengan nama ITB dan memiliki keunggulan di bidang teknologi. Kampus negeri di Bandung ini berdiri pada 2 Maret 1959.

Perguruan tinggi yang menjadi pusat pendidikan teknologi ini merupakan kampus terbaik nomor 1 di Indonesia versi Kemenristekdikti dengan skor 3.671 untuk tahun 2019.

Untuk masuk ke kampus ini selalu ada persaingan ketat setiap tahunnya. Fakultas yang menjadi daya tarik utama para calon mahasiswa antara lain Sekolah Teknik Elektro dan Informatika serta Sekolah Bisnis Manajemen.

2. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada - 5 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Universitas favorit ini terletak di Yogyakarta dan merupakan almamater Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo.

Kampus ini menjadi yang terbaik kedua di Indonesia versi Kemenristekdikti tahun 2019 dengan nilai 3.594.

Perguruan Tinggi Negeri yang berdiri pada 19 Desember 1949 ini memiliki 18 fakultas, 1 sekolah vokasi, dan 1 sekolah pasca sarjana dengan total jumlah program studi sebanyak 251.

(Baca juga: Hari Ini Registrasi Akun LTMPT Ditutup, Begini Cara Pilih Kampus dalam SNMPTN)

Kampus ini telah melahirkan banyak mahasiswa-mahasiswi berprestasi baik level nasional hingga internasional seperti menciptakan robot terbang tanpa awak untuk pemetaan dan pemantauan wilayah berpotensi bencana alam.

3. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor - 5 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

PTN yang terletak di kota hujan ini berada di posisi ketiga kampus terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti dengan nilai 3.577 dengan fokus pendidikan pada ilmu pertanian dan menjadi tempat studi yang cocok bagi mahasiswa yang ingin mendalami tentang pertanian.

IPB juga merambah ke bidang keilmuan lain seperti bisnis dan ekonomi selain ilmu pertanian. Kampus ini berdiri pada tahun 1963 dan memiliki banyak sekali prestasi secara lembaga, dosen, ataupun mahasiswanya.

Salah satu prestasinya adalah pada tahun 2015, Prof. Dr. Latifah K Darusman mengantarkan IPB menjadi lembaga perguruan tinggi dengan komersialisasi paten terbanyak dalam Anugrah Nasional Hak Kekayaan Intelektual. Kemudian ada juga Prof. Dr. Erliza Hambali sebagai dosen yang mendapatkan penghargaan 20 Karya Unggulan Teknologi Anak Bangsa tahun 2015.

4. Institut Teknologi 10 November

Institut Teknologi 10 November - 5 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Perguruan tinggi negeri berbasis ilmu teknologi yang terletak di Surabaya ini tidak kalah dengan ITB dan menempati posisi keempat perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan nilai 3.462.

Kampus ini telah mencatatkan berbagai prestasi seperti menjadi Juara Umum Indonesian Energy Marathon Challenge tahun 2014, Best Research Award dalam acara Ristek-Kalbe Science Award 2014, dan prestasi lainnya sehingga tidak mengherankan untuk bisa kuliah di sana harus melalui tahap seleksi yang ketat.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini, termasuk salah satu alumninya loh.

5. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia - 5 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Kampus dengan nama singkatan UI ini sangat familiar dengan jaket kuningnya dan memiliki lingkungan kampus yang asri di daerah Depok.

Berdasarkan penilaian dari Kemenristekdikti tahun 2019, kampus ini berada di posisi kelima kampus terbaik di Indonesia dengan nilai 3.401.

(Baca juga: Prospek Pekerjaan Jurusan Ilmu Perpustakaan Dengan Gaji Tinggi)

UI merupakan kampus tertua di Indonesia karena berdiri sejak 2 Februari 1950 yang hingga saat ini telah menorehkan banyak prestasi baik nasional maupun global. Kampus ini juga melahirkan banyak tokoh-tokoh nasional dan juga dijuluki Kampus Perjuangan.

Beberapa tokoh nasional yang pernah berkuliah di UI antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Yusril Ihza Mahendra, dan juga banyak tokoh non-politik seperti Annisa Pohan, Dian Sastrowardoyo, dan banyak nama-nama beken lainnya.

Akses untuk menuju kampus ini juga sangat mudah bisa menggunakan kereta karena ada satu stasiun yang terletak di dalam kawasan UI.

Lima kampus tersebut adalah kampus-kampus terbaik di Indonesia dengan jumlah peminat yang sangat banyak. Namun, bukan berarti para calon mahasiswa harus berkecil hati dan pesimis untuk bisa kuliah di sana. Dengan usaha dan do’a, harapan dan cita-cita akan bisa terwujud. 

Jangan khawatir soal biaya kuliah, karena kamu bisa meminta orang tua kamu untuk mencari pinjaman berupa Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang nominalnya bisa disesuaikan dengan kemampuan. Kunjungi CekAja.com, dan pilih KTA yang sesuai dengan kebutuhan. Semangat!

Tentang kami

CekAja

CekAja