Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Tips Mudah Pinjam Uang Rp15 Juta untuk Modal Usaha

by CekAja on 9 Agustus, 2019

Tidak sedikit orang yang ingin membangun bisnis dari nol, namun tidak mempunyai modal usaha atau tabungan yang cukup. Maka dari itu, pinjam uang mulai dari Rp15 juta hingga ratusan juta adalah salah satu jalan keluarnya.

karyawan jadi pebisnis - CekAja.com

Modal usaha berupa pinjaman dana tunai cepat tersebut, ternyata bisa sangat membantu para pebisnis pemula untuk merintis kerajaan bisnisnya. Terlebih, jika kamu meminjam kepada keluarga, kerabat, atau tetangga, mungkin tidak bisa meminjam uang dengan jumlah yang terlalu besar, meskipun hanya pinjam uang Rp15 juta sekalipun.

Sehingga, pinjaman dana tunai cepat masih menjadi solusi yang tepat bagi kamu yang ingin segera mendapatkan dana. Namun, mengapa mereka tidak mencoba untuk mengajukan pinjaman dana tunai cepat ke lembaga keuangan konvensional?

(Baca juga: Cara Cepat Mendapatkan Pinjaman Dana Rp5 juta Buat Modal Usaha)

Mengajukan pinjaman dana tunai cepat ke lembaga keuangan konvensional, biasanya akan memberikan syarat, jaminan atau agunan yang tentunya tidak sedikit. Sehingga kamu harus menyesuaikan nominal pinjaman, dengan jaminan yang akan diberi ke pihak yang memberi pinjaman.  

Namun, jika kamu memiliki barang berharga untuk dijadikan jaminan, hal tersebut bisa saja dilakukan. Kamu bisa menggunakan surat BPKB kendaraan atau surat-surat penting lainnya sebagai jaminan.

Tetapi jika tujuan kamu meminjam adalah untuk modal usaha, mengajukan pinjaman tanpa jaminan, sepertinya akan lebih mudah. Selain itu, pinjaman dana tunai cepat tanpa jaminan, juga tidak membutuhkan banyak persyaratan yang rumit, ketimbang produk pinjaman lainnya.

Nah, agar lebih meyakinkan lagi, yuk ikuti tips jitu berikut ini untuk mengajukan pinjam uang sampai Rp15 juta.

1. Pilih Pinjaman dengan Suku Bunga Terendah

Ada banyak pebisnis pemula yang mencari solusi pinjaman dana tunai cepat tanpa jaminan untuk modal usaha, dengan alasan prosesnya bisa lebih mudah dan cepat.

Namun, dibalik itu, pinjaman tanpa jaminan juga memiliki konsekuensi yakni suku bunga biasanya akan menjadi lebih tinggi.  

Nah, di sinilah, kamu harus pintar memilih tempat pinjaman dana tunai cepat tanpa jaminan dengan suku bunga yang rendah. Kamu bisa mencari informasi suku bunga pinjaman dan membandingkan di beberapa tempat.

CekAja.com adalah tempat terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Marketplace finansial pertama di Indonesia itu bisa menyadikan data perbandingan produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan bunga terendah, sesuai kebutuhan kamu.

2. Mengetahui Skala Usaha

Berapapun uang yang akan dipinjam, sebaiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu skala bisnis yang akan dibuat. Kamu bisa mengetahui skala bisnis tersebut dengan cara melihat  segmentasi pasar yang dituju.

Misalnya, target pasar kamu adalah para pelanggan dikalangan menengah ke bawah, sehingga kamu cukup menyiapkan anggaran sekitar belasan juta hingga puluhan juta.

Namun, berbeda lagi ceritanya jika sasaran pelanggan bisnis kamu ada di kalangan menengah atas. Sehingga anggaran yang harus kamu siapkan juga tentunya lebih besar.

3. Pilih Tempat Pinjam Uang yang Memberikan Penawaran Terbaik

Menentukan tempat pinjam uang Rp15 juta juga merupakan langkah yang harus kamu lakukan. Dan bank masih menjadi tempat yang aman untuk meminjam uang. Meski masih sedikit bank yang menyediakan pinjaman dana tunai cepat tanpa jaminan, namun beberapa sudah menyediakannya.

Meski memiliki suku bunga yang lebih tinggi dibandingan pinjaman dengan agunan, namun setidaknya Kamu harus memilih bank dengan riwayat dan reputasi yang baik. Namun, jika Kamu ingin mengajukan pinjaman di aplikasi pinjaman uang online, biasanya Kamu akan dibebankan bunga tinggi yang dihitung perhari.

4. Tentukan Produk Pinjaman

Ketika kamu sudah menemukan tempat pinjaman dana tunai cepat yang dituju, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis produk pinjaman. Pasalnya, kamu akan banyak menemukan produk pinjaman. Mulai dari pinjaman dana tunai cepat dengan agunan, kartu kredit, dan pinjaman KTA.

Setelah sudah menentukan jenis pinjaman, kamu wajib membaca syarat, ketentuan, tenor, jangka waktu pinjaman, suku bunga, jumlah cicilan perbulan dan lain-lain. Terlebih, hal tersebut ternyata sangat penting dilakukan sebelum kamu mengajukan, karena bisa membantu saat mengalami masalah ditengah jalan, dan mengurasi risiko kerugian.

5. Perhitungkan Jumlah Nominal Pinjaman yang dibutuhkan

Sebelum mengajukan kamu juga harus memikirkan dengan matang, terkait jumlah pinjaman. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dilakukan agar kamu bisa menyesuaikan dengan kelangsungan usaha nanti.

(Baca juga: Pilihan Pinjaman Berbunga Rendah untuk Keperluan Sekolah)

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan simulasi terlebih dahulu, seperti mencatat semua kebutuhan, pengeluaran untuk membangun usaha, serta sumber dana untuk melunasi cicilan pinjaman.

Nah, bagaimana? Sudah tahu bukan langkah apa saja yang harus kamu lakukan, untuk bisa mendapatkan pinjaman dana tunai cepat dengan cepat? Jika kamu masih bingung untuk mencari tempat pinjaman yang aman dan terpercaya, buruan kunjungi situs Cekaja.com.

Cara mendapatkan pinjaman di Cekaja.com ini pun sangat mudah, karena kamu hanya perlu mengunjungi situsnya dan mengajukan pinjaman secara online sesuai bank penyedia KTA.

Syarat Pinjaman KTA

Adapun persyaratannya juga sangat mudah, yakni sebagai berikut:

– Menyertakan KTP, KK dan Surat Nikah (bagi yang sudah menikah)

– Untuk pinjaman di atas Rp50 juta harus menyertakan dokumen legalitas usaha, seperti NPWP, SIUP, SKDU.

– Surat Keterangan Usaha dari Desa atau

– Kelurahan, Dinas Pasar atau Otoritas setempat di mana yang bersangkutan memiliki usaha; atau

– Surat Ijin Usaha

– Fotokopi rekening giro/tabungan 6 bulan terakhir.

Besarnya pinjaman yang bisa diberikan adalah kisaran Rp50 juta hingga Rp100 juta bagi usaha mikro. Nah, semoga artikel bisa membantu kamu dan memberikan informasi yang bermanfaat ya.

Tentang Penulis