5 Tips Untung Memakai Kartu Kredit untuk Mahasiswa Rantau

3 min. membaca Oleh CekAja on

Rencana pemerintah mengembangkan cashless society semakin terbantu dengan banyaknya alat pembayaran online. Meski begitu, kartu kredit juga masih memiliki pasarnya sendiri karena memberikan berbagai keuntungan termasuk bila digunakan oleh mahasiswa rantau.

Meski begitu, karena mahasiswa belum memiliki penghasilan rutin maka sangat sulit memiliki kartu kredit. Biasanya mahasiswa hanya memiliki kartu tambahan dari orang tua yang memegang kartu utama.

Manfaat kartu kredit bagi Mahasiswa

Kartu kredit memiliki sejumlah manfaat, baik hanya digunakan sebagai alat bayar seperti kartu ATM, hingga berbagai promo menarik yang tentu akan menguntungkan bagi mahasiswa.

Misalnya, beli satu gratis satu untuk nonton bioskop, membeli buku di toko buku dengan harga diskon, hingga diskon menarik saat berbelanja kebutuhan bulanan di minimarket dekat kost-an. Tidak terkecuali penawaran menarik saat membeli tiket pesawat untuk pulang ke rumah saat libur akademik.

Gunakan dengan tepat

Namun perlu diingat, seluruh promo dan diskon kartu kredit bisa sangat memabukkan bagi mahasiswa. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa pemegang kartu kredit untuk menggunakannya dengan bijak, sehingga tidak membebani orang tua dengan membeli sesuatu yang sebetulnya tidak dibutuhkan.

Berikut adalah 5 tips dan keuntungan menggunakan kartu kredit secara bijak yang bisa diterapkan mahasiswa rantau:

1. Anggarkan limit penggunaan

Bagi mahasiswa rantau, mengontrol pengeluaran sangatlah penting. Apalagi dengan menggunakan kartu kredit, maka pengeluaran kamu akan tercatat secara rinci oleh pihak bank sehingga bisa terpantau orang tua sebagai penerima tagihan bulanan.

(Baca juga: 5 Investasi Buat Mahasiswa yang Bisa Bikin Kaya di Masa Tua)

Setiap kartu kredit memiliki limit, tapi tentu sebagai mahasiswa kamu tentu tidak ingin menggunakan semua dana di dalam kartu apalagi kalau masih ditanggung orang tua. Oleh sebab itu, ada baiknya tetapkan limit pemakaiannya sesuai kebutuhan.

Saat ini, semua transaksi kartu kredit biasanya akan dilaporkan melalui email atau SMS, sehingga setiap bulan kamu bisa me-review dan memperbaiki kondisi keuangan kamu setiap bulannya. Jangan sampai fasilitas kartu kredit yang diberikan orang tua, mendadak ditarik karena kamu tidak bijak menggunakannya.

2. Gunakan saat kondisi darurat

Kalau sebagai mahasiswa kamu masih dikirimi uang dan juga memegang kartu kredit, ada baiknya kartu kredit kamu gunakan seminimal mungkin dan hanya sebagai dana darurat saja.

Misalnya saat uang kamu sudah habis dan kirimian selanjutnya masih tiga hari ke depan. Kamu bisa menggunakan kartu kredit selama tiga hari, namun hanya untuk kebutuhan utama saja ya!

Selain itu, usahakan tidak menambah beban orang tua kamu dengan menggunakan pinjaman online.

3. Jangan hubungkan dengan akun belanja

e-Commerce juga sangat menguntungkan mahasiswa, apalagi kalau mahasiswa yang cenderung malas gerak (mager) untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Namun, usahakan untuk tidak menghubungkan kartu kredit dengan akun belanja, karena hal ini akan menjadi jebakan bagi mahasiswa.

Kalau sudah ada kartu yang tersambung, kamu akan makin mudah untuk belanja dan bisa jadi kebablasan sehingga cenderung boros dan bisa saja membeli hal-hal yang tidak diperlukan.

4. Tinggalkan saat tidak perlu

Kamu memang tidak membayar sendiri tagihan kamu, oleh karena itu usahakan untuk berkesadaran seolah-olah kamu membayarnya agar tagihan tidak membludak. Selain itu, tinggalkan kartu kredit di kost kalau memang tidak begitu diperlukan.

(Baca juga: Inilah Cara Kredit Laptop Untuk Mahasiswa)

Membawa kartu kredit ke mana-mana hanya akan menambah jumlah tagihan per bulan, terutama bila kamu tidak mampu mengontrol nafsu belanja dengan baik.

Hidup tanpa kartu kredit untuk sementara tidak seburuk yang dibayangkan. Hal ini malah akan membuatmu semakin tekun dalam mengelola keuangan. Sebab kamu tahu kapan harus mengeluarkan uang dan kapan harus menyimpannya.

5. Jangan lupa menabung

Kartu kredit memang membuat nyaman, namun bukan berarti malah menjadikan kamu pribadi yang boros. Kamu tetap harus hemat dan mau menabung demi memantapkan kondisi finansial sejak dini.

Uang yang ditabung bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk buat bayar sebagian dari total tagihan kartu kredit setiap bulan. Serahkan uang ini kepada orangtua untuk menunjukkan rasa tanggung jawab terhadap apa yang sudah kamu lakukan.

Apabila kamu tidak mau menyerahkan tabunganmu kepada orangtua, setidaknya kamu bisa menggunakan sebagian uangnya untuk membayar barang belanjaanmu secara tunai. Alhasil, kamu tidak tergantung pada kartu kredit secara terus-menerus. 

Nah sekarang sudah tahukan bagaimana caranya untuk berhemat dengan kartu kredit? Jangan lupa belajar yang tekun yah!

Jika kamu sudah bekerja nanti, dan membutuhkan kartu kredit kamu sendiri, kunjungi laman CekAja.com, tempat kamu bisa memilih dan mengajukan kartu kredit sesuai kebutuhan.

Tentang kami

CekAja

CekAja