Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Usaha Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Kaya dari Orang Kantoran!

by Miftahul Khoer on 9 September, 2019

Bagi sebagian orang, bekerja di kantoran menjadi kebanggan tersendiri. Mereka bisa bekerja dengan stelan rapi, berangkat pagi, pulang sore, bisa menikmati akhir pekan pada Sabtu dan Minggu serta memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

resolusi kaya 2018 - CekAja

Namun, bagi sebagian orang, mendapatkan penghasilan tidak hanya didapatkan dari bekerja sebagai karyawan. Menjadi seorang wirausaha juga merupakan pilihan yang tidak kalah cerdasnya untuk bisa mengumpulkan pendapatan.

Dengan menjadi wirausahawan kamu bisa menjadi semakin mandiri dan  tidak terikat. Maka tak heran jika saat ini semakin banyak orang yang tertarik menjadi entrepreneur yang bekerja di rumah.

Mereka biasanya memanfaatkan rumah dan areanya sebagai lahan usaha. Kabar baiknya, saat ini jumlah wirausaha di Indonesia jauh lebih meningkat yakni mencapai 3,1 persen dari populasi.

Beberapa tahun sebelumnya, jumlah entrepreneur Indonesia masih mencapai 1,6 persen. Meskipun sebetulnya Indonesia masih tertinggal dari Singapura yang jumlah wirausahanya mencapai 7 persen, Malaysia 5 persen, Thailand 4,5 persen dan Vietnam 3,3 persen.

Nah, buat kamu yang tertarik menjadi entrepreneur sekaligus menyumbang jumlah wirausaha di Indonesia, kami telah merangkum rekomendasi usaha rumahan yang bisa dijalani dengan modal relatif terjangkau. Yuk cek.

Kuliner nusantara

Ada banyak jenis kuliner nusantara yang dikonsumsi banyak orang setiap harinya. Namun, yang paling disukai dan sering dikonsumsi hanya beberapa.

Jenis kuliner ini mungkin boleh disebut sebagai kuliner tradisional nusantara yang hampir di setiap daerah pasti banyak yang menjualnya. Apa saja kuliner tradisional nusantara itu?

Bubur ayam

Usaha kuliner satu ini memang tidak ada matinya. Pecinta bubur ayam tidak mengenal suku, agama, dan ras.

Jika ingin sarapan, paling tidak mereka akan menyantap bubur ayam. Nah, ini bisa menjadi peluang buat kamu untuk mulai membuka usaha rumahan.

(Baca juga: Lewat Fintech, Kini Bisnis Kecil Bisa Pinjam Uang Hingga Rp25 Juta)
Nasi goreng

Penggemar nasi goreng di Indonesia gak bisa dihitung. Bukan hanya di dalam negeri, pecinta nasi goreng juga banyak dari mancanegara. Maka wajar jika nasi goreng sempat tercatat sebagai salah satu kuliner paling enak di dunia.

So, tunggu apalagi, kalau kamu mau membuka usaha rumahan, kenapa gak mencoba bisnis nasi goreng.

Bakso

Anak kecil, remaja hingga dewasa banyak yang menyukai bakso. Kuliner satu ini memang bikin ketagihan. Jumlah pecinta bakso juga tak terhitung dan hampir di setiap daerah punya khas tersendiri jenis baksonya.

Jadi tunggu apalagi, bisnis bakso merupakan salah satu rekomendasi usaha rumahan yang bisa kamu coba.

Warteg

Jangan dulu mengernyitkan dahi mendengar kata warteg alias warung tegal. Jika selama ini kamu berpikiran usaha warteg itu kurang higienis, maka hilangkan stigma tersebut.

Pasalnya, saat ini sudah banyak para pelaku usaha warteg dengan konsep baru, lebih rapi dan lebih bersih. Tak heran jika pamor warteg saat ini semakin populer dan digandrungi bukan hanya oleh kalangan sopir saja, melainkan oleh kalangan menengah dan terdidik.

Nah, ini menjadi kesempatan buat kamu yang ingin membuka usaha warteg dengan konsep baru.

Kuliner kekinian

Selain usaha-usaha kuliner tradisional di atas, kamu juga bisa mencoba membuka bisnis kuliner kekinian mulai dari makanan hingga minuman yang sedang ngetren di tengah-tengah masyarakat. Berikut beberapa rekomendasi kuliner kekinian yang sedang digandrungi banyak orang.

Minuman bubble

Bisnis minuman bubble sedang menjadi incaran kalangan milenial. Hampir di setiap pusat perbelanjaan hingga di pinggir, banyak sekali tenant yang membuka usaha minuman bubble mulai dari yang sudah punya nama hingga yang sedang merintis usaha.

Nah, kamu bisa mulai membuka usaha minuman bubble dengan cara franchise dari merek-mereka yang sudah ada. Misalnya kamu bisa berjualan minuman bubble aneka rasa Jelly Potter, Diagon Alley, Fat Bubble, hingga Susu Mbok Darmi.

Camilan

Selain minuman, kamu juga bisa mulai membuka usaha camilan yang sedang ngetren. Misalnya banana nugget, kentang goreng, ayam goreng, makaroni pedas, martabak aneka rasa, telor gulung, seblak hingga tahu bulat.

Beberapa jenis camilan kekinian di atas hingga saat ini masih banyak penggemarnya. Selain itu, modal yang dibutuhkan pun terbilang terjangkau atau tidak sampai mengeluarkan puluhan juta.

So, bisnis kuliner kekinian juga bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang tertarik terjun di bisnis kuliner.

(Baca juga: Tak Kenal Musim, 4 Bisnis Ini Moncer Terus)
Jasa PPOB

Gara-gara teknologi makin canggih, sekarang bayar tagihan apapun gak harus datang ke kantor atau loket resmi. Kalau kamu mau bayar tagihan listrik, PDAM, internet, telepon hingga hingga BPJS Kesehatan, kamu hanya tinggal bayar di tempat jasa Payment Point Online Bank atau PPOB.

Sekarang paradigmanya dibalik. Jika orang-orang ingin membayar berbagai tagihan seperti di atas, maka mereka gak harus datang ke loket resmi.

Mereka cukup datang ke rumahmu untuk melakukan pembayaran. Jadi tunggu apalagi, buruan kamu buka usaha PPOB. Gampang kok, caranya kamu hanya mendaftar jadi mitra Paytren, Kudo, Paypazz, Bukalapak, Tokopedia hingga Kantor POS.

Freelancer

Rekomendasi usaha rumahan satu ini memang tidak memerlukan produk untuk dijual, melainkan jasa keahlian. Jangan salah, penghasilan seorang freelancer bisa setara atau bahkan lebih besar daripada pekerja kantoran.

Hanya saja, kamu memerlukan ruang dan waktu yang benar-benar mendukung sebagai pekerja freelancer. Ada beberapa jenis pekerja freelancer antara lain penulis, desainer grafis, web desainer, editor hingga kemampuan EO.

Tapi yang perlu diketahui, menjadi seorang freelancer punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain punya waktu fleksibel dan tak harus ke kantor.

Sementara kekurangannya yaitu gaji tidak merata setiap bulannya, sering terdistraksi ketika bekerja di rumah hingga tidak memiliki jaminan kesehatan seperti halnya pekerja kantoran.

Warung grosir

Meskipun saat ini sudah banyak minimarket yang menjual aneka produk kebutuhan sehari-hari, namun kehadiran warung grosir masih tetap jadi incaran masyarakat. Warung grosir merupakan tempat menjual aneka kebutuhan dengan pangsa pasar warung-

warung kecil yang siap menjadi pengecer. Jadi pangsa pasar antara grosir dengan minimarket cukup berbeda. So, kamu bisa membuka usaha warung grosir di rumah.

Hanya saja, membuka usaha warung grosir harus cukup kuat dari segi permodalan. Pasalnya, syarat warung grosir harus tersedia lebih banyak produk yang akan dijual ketimbang warung-warung biasa.

Maka tidak heran jika modal untuk membuka grosir jauh lebih tebal ketimbang warung-warung biasa. Tapi tenang saja, jika kamu butuh dana untuk membuka usaha, kamu bisa akses CekAja untuk mendapat panduan finansial terpercaya. Kuy cek aja!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami