Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Alasan Kenapa Barang Fesyen Mewah Harganya Selangit

by Anes Saputra on 9 Maret, 2020

Branded, mewah dan mahal adalah tiga hal yang sudah sepaket dan sulit dipisahkan. Terbukti ketika kita melihat orang lain mengenakan pakaian dengan brand mewah pastilah kita langsung menebak harganya mahal. Betul tidak?

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa barang fesyen yang mewah pasti harganya selangit? Misalnya kaos kaki yang dijual oleh brand mewah pasti harganya berkali-kali lipat dari kaos kaki yang dijual oleh brand lain yang mungkin tidak memiliki citra mewah. 

Sebagian dari kita tentu berpikir, kualitas adalah jawabannya. Kita sudah meyakini bahwa barang apapun yang dijual oleh brand mewah pasti kualitasnya nomor satu makanya berharga mahal. Kata orang, ada uang ada barang. 

Benarkah harga yang fantastis itu hanya dipengaruhi oleh kualitas saja? Ternyata jawabannya tidak. Berikut adalah beberapa alasan lainnya kenapa fashion items yang dirilis oleh brand yang dikenal mewah selalu memiliki harga yang tidak biasa. 

  1. Pembeli ingin merasa spesial

Biasanya orang yang membeli barang mewah akan setia dengan brand tertentu. Nah, mereka memiliki keyakinan dan pandangan tersendiri soal harga dari tiap barang yang dibeli. 

Bagi mereka, semakin mahal harga barang yang mereka beli maka barang itu dinilai semakin mewah dan keren. Dengan persepsi yang seperti itu, mereka juga akan merasa istimewa karena hanya orang tertentu yang bisa membeli barang dengan harga yang semahal itu. 

Hal lain yang tidak kalah penting adalah harga mahal sering dijadikan sebagai penanda kesuksesan seseorang. Semakin mahal harga barang yang dimiliki seseorang, secara otomatis dia akan dianggap semakin sukses. 

  1. Konsep untuk menaikkan harga

Ada kemungkinan jarum, benang, dan bahkan bahan yang digunakan oleh brand mewah sama dengan yang digunakan brand lain untuk membuat produk. Yang membedakan adalah brand mewah sudah memiliki citra dan nilai jual yang tinggi. Hal itu tentu bisa menaikkan harga. 

(Baca juga: 5 Keuntungan Membeli Barang Branded, Bisa Jadi Investasi Lho!)

Kemungkinan lainnya adalah brand mewah sering ditampilkan untuk acara bergengsi atau digunakan oleh selebritas ternama. Konsep semacam itu bisa menambah nilai jual sebuah produk. 

  1. Kata “mewah” lahir karena harga mahal

Kita sudah sempat menyinggung mengenai hal ini di awal. Ya, kata mewah memang tidak bisa dipisahkan dengan harga mahal. 

Sebuah tas tidak akan dikatakan mewah jika harganya tidak fantastis. Tas itu hanya akan masuk dalam kategori tas sejuta umat atau tas pasaran jika harganya ya standar saja dan sebagian besar orang bisa membelinya dengan mudah. 

Itulah mengapa fesyen brand kelas atas selalu meningkatkan harga barang yang mereka jual. Jika harga tidak fantastis bagaimana mungkin orang menganggapnya sebagai sesuatu yang mewah. 

Tertarik untuk memiliki produk fesyen brand mewah? Gunakan CIMB Niaga Indosat Ooredoo Card, yang akan memberikanmu banyak sekali cash back hingga 10 persen sampai akhir Maret nanti.

Cash back setiap bulan bagi pemegang CIMB Niaga Indosat Ooredoo Card diberikan dengan ketentuan berikut:

  • Cash back 10 persen untuk pembayaran tagihan Listrik, Air, Telpon, Tagihan Pasca Bayar dan Pembelian Pulsa Selular, TV Kabel dan Internet Berlangganan melalui fasilitas Quick Pay, ATM CIMB Niaga, Go Mobile dan CIMB Clicks menggunakan CIMB Niaga Indosat Card.
  • Cash back 10 persen untuk transaksi CIMB Niaga Indosat Card melalui metode QR Code Go Mobile
  • Maksimal cash back Rp100.000,- per billing cycle per kartu utama.
  • Cash back diberikan selambat-lambatnya maksimum 2 (dua) kali periode tagihan bulanan.

Miliki CIMB Niaga Indosat Ooredoo Card dan nikmati banjir cash back sekarang juga! Apply CIMB Niaga Indosat Ooredoo Card lewat CekAja.com dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat. 

  1. Daya tahan produk brand mewah

Selain soal gengsi dan simbol kesuksesan maupun kelas sosial, banyak pelanggan yang membeli barang dari brand mewah karena alasan daya tahan. Ya, mereka lebih rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan sesuatu yang lebih tahan lama dan pasti kualitasnya. 

Ada jaminan bahwa barang-barang yang dikeluarkan oleh brand mewah tentulah bukan barang yang dibuat sembarangan dan menggunakan bahan seadanya. Brand mewah selalu menggunakan bahan kualitas premium. 

Kamu pasti sering dengar bagaimana ketatnya proses pembuatan barang mewah. Jika terjadi cacat sedikit saja, barang itu tentu tidak akan dipajang dan dijual. Mereka memiliki quality control yang sempurna. 

  1. Mewah karena jumlahnya terbatas

Ada faktor lain lagi yang dapat menambah nilai jual sebuah barang selain digunakan oleh seleb atau dipakai di event bersejarah. Faktor itu adalah jumlahnya yang terbatas atau langka. 

Semakin langka, harganya akan semakin mahal. Kenapa? Karena ada banyak orang yang berlomba-lomba mendapatkanya sebagai barang yang exclusive. Bisa dibilang jumlah permintaan akan barang tersebut sangatlah tinggi tapi jumlah yang ditawarkan hanya terbatas. 

Orang akan rela membayar dengan harga setinggi apapun karena akan mendapatkan kepuasan dan nilai tersendiri jika pada akhirnya dapat mengenakan sesuatu yang jumlahnya langka apalagi barang tersebut dikeluarkan oleh brand mewah. 

  1. Kreativitas dan ide original dari desainer

Alasan terakhir juga sangat masuk akal. Kamu pasti setuju bahwa ide dan kreativitas adalah sesuatu yang sangat layak untuk dihargai mahal. 

Produk yang dikeluarkan oleh brand mewah tidak dikerjakan secara serampangan. Produk itu melewati proses yang panjang dan sangat detail. 

Para desainer yang sudah memiliki pengalaman dan juga memiliki ide luar biasa akan mengerjakan produk secara personal dan intensif. Ada produk yang memang diproduksi secara masal tapi ada juga produk khusus yang dibuat juga secara khusus. 

Dalam pembuatan produk khusus itu, desainer mungkin sudah memiliki gambaran siapa yang akan mengenakan produk itu. Kemungkinan lainnya adalah ada klien tertentu yang secara khusus meminta dibuatkan sesuatu. 

(Baca juga: Tips Membeli Tas Branded Second dengan Budget Standar, Modis Tetap Jalan)

Jadi itulah berbagai macam alasan yang membuat brand tertentu berani mematok harga yang sangat mahal untuk produk mereka. Tidak hanya menawarkan kualitas saja, melainkan ada banyak hal lain yang dapat meningkatkan nilai jualnya. 

Kalau kamu termasuk kolektor barang mewah dari brand terkenal, tidak ada salahnya melindungi barang-barang tersebut dengan memiliki asuransi properti yang kamu jadikan tempat menyimpan koleksi tersebut. Miliki asuransi properti yang akan melindungi tempat tinggal kamu dan segala isinya dari beragam risiko seperti kebakaran atau pencurian.

Pilih, ajukan, dan miliki asuransi properti dengan mudah dan cepat lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke