6 Barang yang Dilarang Masuk Kabin Pesawat Beserta Alasannya

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Ternyata, packing koper tidak boleh sembarangan lho. Sebab, terdapat sejumlah barang yang dilarang masuk kabin pesawat, sehingga tidak bisa kamu bawa ketiga sedang traveling.

Bagi kamu yang jarang menggunakan moda transportasi pesawat, hal ini tentu seringkali terlewat, yang membuat kamu diharuskan untuk meninggalkan beberapa barang ketika berhadapan dengan pengecekan bandara.

Nah, sebuah lembaga bernama International Civil Aviation Organization (ICAO) yang berada di bawah pengawasan PBB yang bertugas dalam mengembangkan prinsip dan teknik mengenai navigasi udara internasional, telah menetapkan beberapa daftar barang yang dilarang masuk kabin pesawat karena sejumlah alasan yang masuk akal dan berlaku secara internasional, termasuk Indonesia.

(Baca Juga: Tips Aman Naik Pesawat Saat Pandemi)

Maka dari itu, agar tidak salah dan menghambat perjalananmu ketika menggunakan moda transportasi udara, ada baiknya jika mengetahui beberapa barang yang dilarang masuk kabin pesawat. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama-sama.

Barang yang Dilarang Masuk Kabin Pesawat

Dilansir dari berbagai sumber, beberapa barang yang dilarang masuk kabin pesawat antara lain adalah sebagaimana berikut ini:

1. Benda Tajam

Barang yang dilarang masuk kabin pesawat yang pertama adalah benda tajam dalam bentuk apapun, guna menghindari hal-hal berbahaya yang mengancam keselamatan para penumpang juga aktivitas penerbangan secara keseluruhan.

Peraturan mengenai benda tajam ini terbilang lumayan ketat, bahkan barang-barang kecil seperti gunting kuku, pisau silet, hingga gunting kecil pun bisa langsung disita oleh petugas jika terlihat ada di dalam bagasi kabin.

Oleh karena itu, apabila kamu harus membawa barang-barang tersebut, ada baiknya jika langsung dimasukkan ke dalam bagasi ketika check in, dan jangan nekad untuk dibawa ke dalam bagasi kabin.

Akan tetapi, terdapat pula sejumlah benda yang diperbolehkan, selama memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Contohnya seperti benda yang dibutuhkan pada saat olahraga.

2. Benda Cair

Barang yang dilarang masuk kabin pesawat selanjutnya adalah berbagai benda yang mengandung cairan, seperti sabun, shampoo, dan parfum.

Tetapi dalam hal ini, peraturan tidak terlalu ketat. Kamu tetap diperbolehkan membawa benda-benda cair ini, hanya saja dengan berat yang tidak lebih dari 100 ml.

Selain itu, kamu juga harus menyimpannya ke dalam wadah terpisah dan dilapisi oleh kantong plastik transparan dengan volume tidak lebih dari 1 liter.

Namun, peraturan ini hanya berlaku khusus barang-barang yang berada di dalam tas bagasi terdaftar saja.

Ada pengecualian lainnya, yaitu penumpang yang membawa makanan bayi ataupun obat-obatan yang harus dikonsumsi selama penerbangan, termasuk makanan diet untuk penderita diabetes.

Jika kamu memang ingin membawa barang-barang cair dengan berat melebihi 100 ml, lebih baik segera memasukkannya ke dalam bagasi check in.

3. Senjata Api dan Bahan Peledak

Senjata api dan berbagai bahan peledak pastinya tidak luput masuk ke dalam daftar barang yang dilarang masuk kabin pesawat, termasuk warga sipil.

Sebab, benda-benda ini dianggap bisa mengancam keselamatan para penumpang yang lain. Oleh karena itu, jika ada warga sipil yang ingin membawa senjata api, maka mereka diharuskan untuk mendapatkan izin khusus dan tidak boleh dengan sembarang dibawa kemana-mana.

Sedangkan untuk bahan peledak, bahan kimia, serta zat yang memiliki sifat mudah terbakar, dalam bentuk alasan apapun tidak akan pernah mendapatkan izin di dunia penerbangan.

Tak hanya untuk bagasi kabin, bagasi check-in pun maskapai Indonesia melarang keras masuknya barang-barang berbahaya ini.

4. Benda Tumpul

Meskipun terlihat tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan benda tajam, namun nyatanya benda dengan sudut tumpul seperti tongkat billiard, pemukul baseball, hingga tongkat golf, juga turut melengkapi jajaran barang yang dilarang masuk kabin pesawat.

Karena, hal ini juga berpotensi bisa menyebabkan cedera untuk penumpang lainnya.
Tak hanya itu, skateboard hingga peralatan bela diri lainnya juga dilarang untuk masuk.

Jika pun diharuskan, maka sebaiknya segera kamu masukan ke bagasi check in, dan hukumnya wajib.

5. Benda dengan Kandungan Gas

Kandungan gas seperti cat semprot, tabung aerosol, butana, propana, aerosol kimiawi, serta benda-benda lainnya juga merupakan beberapa barang yang dilarang masuk kabin pesawat, baik itu untuk barang yang tidak mudah terbakar, apalagi yang bersifat mudah terbakar.

Hal ini disebabkan, gas bisa memicu ledakan yang tentunya sangat berbahaya bagi keselamatan penerbangan dan nyawa penumpang lainnya yang ada di pesawat.

Nah, barang-barang ini juga tidak hanya dilarang untuk masuk ke dalam bagasi kabin, melainkan juga bagasi check-in, dengan alasan apapun.

6. Produk Segar dari Hewan

Beberapa produk olahan hewan seperti susu segar, keju, hingga daging, juga ternyata merupakan sejumlah barang yang dilarang masuk kabin pesawat.

Karena, jenis makanan ini mengandung bakteri patogen yang berkemungkinan untuk menginfeksi penumpang lain sehingga menyebabkan masalah kesehatan.

Maka dari itu, maskapai Indonesia pun turut melarang keras makanan-makanan ini dibawa ke dalam bagasi kabin pesawat.

Barang yang Wajib Dibawa Ketika Naik Pesawat

Setelah mengetahui tentang beberapa barang yang dilarang masuk kabin pesawat, lalu kira-kira barang apa saja sih yang justru tidak boleh ketinggalan ketika sedang melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi udara satu ini?

  • Gadget dan Buku

Khususnya untuk kamu yang gemar melakukan perjalanan jarak jauh, membawa gadget maupun buku sepertinya merupakan kewajiban, agar tidak ‘mati gaya’ selama penerbangan.

Selain itu, kamu juga bisa membawa earphone, iPod, atau laptop yang bisa membuat kamu tetap leluasa dalam menikmati liburan tanpa harus mengganggu penumpang lainnya.

Tetapi, perlu diingat bahwa setiap mulai menaiki pesawat, pastikan bahwa gadget kamu dalam keadaan airplane mode atau kondisi mati.

Sebagai gantinya, kamu bisa membaca buku atau menonton film yang tersedia di televisi pesawat.

Bahkan beberapa maskapai juga menyediakan bahan bacaan untuk wisatawan agar tidak bosan selama penerbangan.

  • Obat-obatan Pribadi

Di dalam daftar barang yang dilarang masuk kabin pesawat yang telah kita bahas sebelumnya, meskipun kamu dilarang untuk membawa benda cair, namun hal tersebut pengecualian untuk obat-obatan pribadi.

Terutama untuk kamu yang menyimpan penyakit kambuhan, obatan-obatan ini wajib untuk selalu dibawa.

Selain itu, membawa pelembab kulit dan bibir juga tak kalah pentingnya. Hal ini dibutuhkan untuk mengatasi kondisi pesawat yang dingin, sehingga membuat kulit menjadi lebih cepat kering.

Hanya saja, pastikan kembali bahwa kamu tetap mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak maskapai, yaitu tidak membawa benda cair dengan ukuran melebihi 100 ml.

  • Jaket dan Sweater

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, selain membawa pelembab untuk mengatasi kulit kering, jangan lupa juga untuk turut membawa jaket maupun sweater, guna menghindari kedinginan selama penerbangan.

Jika perlu, kamu juga bisa lho membawa syal dan kaos kaki agar lebih hangat.
Makanan Ringan

Meskipun produk olahan hewan seperti susu, keju, dan daging merupakan beberapa barang yang dilarang masuk kabin pesawat, kamu masih tetap diperbolehkan membawa makanan ringan, seperti biskuit, permen, dan lain-lain.

Di beberapa maskapai, kamu bisa menemukan jualan makanan ringan yang bisa dibeli. Tetapi, bukankah lebih praktis jika kamu membawanya sendiri?

Bahkan, ada pula maskapai yang memperbolehkan kamu untuk membawa botol minum yang dibeli lho, jika telah melewati pemeriksaan keamanan.

Tak hanya itu, jangan lupa juga untuk membawa permen karet guna meredakan sakit telinga ketika pesawat lepas landas dan landing.

  • Kartu Kredit

Memang belum semua traveler memiliki kartu kredit. Tetapi, tanpa disadari ternyata ‘kartu sakti’ ini cukup penting untuk dibawa.

Khususnya untuk kamu yang gemar berkunjung ke luar negeri, hadirnya kartu kredit ini jelas mempermudah kamu dalam melakukan berbagai jenis transaksi, mulai dari membeli barang, makanan dan minuman, hiburan, hingga paket internet dan Wifi.

(Baca Juga: Negara dengan Tiket Pesawat Murah)

Oleh karena itu, kartu kredit merupakan barang wajib yang harus dimiliki ketika ingin traveling. Lalu, bagaimana jika belum memiliki kartu kredit?

Kamu bisa lho membandingkan dan mengajukannya di CekAja.com. Gunakan fitur ‘Bandingkan’ untuk memilih jenis kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, kemudian klik ‘Ajukan Sekarang’ untuk melanjutkan proses pengajuan kartu kredit yang telah kamu pilih.

Mudah banget kan! Tak hanya itu, kartu kredit yang telah disetujui pun bisa langsung dikirim ke alamat yang kamu lampirkan pada saat pengisian form.

Dengan seluruh proses yang dilakukan secara online, jelas kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan kartu kreditmu hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha