6 Buah Kaya Kolagen Ini Bisa Bikin Kulit Tampak Awet Muda

6 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Tahukah kamu, kalau sebetulnya ada begitu banyak buah kaya kolagen yang bisa dikonsumsi kapan saja tanpa takut bikin kantong jebol. Ya, rata-rata wanita yang telah memasuki usia 30an ke atas pasti hanya tau cara mencukupi kebutuhan kolagen dengan membeli berjuta-juta produk kecantikan saja.

6 Buah Kaya Kolagen Ini Bisa Bikin Kulit Tampak Awet Muda

Kenyataannya, kebutuhan akan kolagen bisa didapat dengan mudah dari mengonsumsi buah-buahan. Kolagen sendiri termasuk salah satu jenis protein alami yang terdapat dalam tubuh, khususnya pada bagian otot, tulang, pembuluh darah, dan kulit.

Sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia, jumlah kadar kolagen dalam tubuh turut mengalami penurunan. Kekurangan kolagen ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Mulai dari kulit tampak keriput, gangguan pencernaan, tubuh mudah lelah, hingga nyeri persendian.

Bermacam Manfaat Kolagen untuk Tubuh

Serupa dengan jenis protein alami lainnya yang terdapat dalam tubuh, kolagen pun punya banyak manfaat baik lho. Dan berikut macam-macam manfaat kolagen untuk tubuh.

  • Mengencangkan kulit
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengatasi kulit kering
  • Mengurangi keriput pada wajah
  • Mengurangi selulit
  • Menjaga massa otot
  • Mengatasi nyeri sendi
  • Menjaga kesehatan pembulu darah
  • Memelihara kesehatan jantung

Tipe-tipe Kolagen Alami yang Terdapat Dalam Tubuh

Memenuhi kecukupan akan kolagen itu sangat penting. Selain rutin menggunakan produk kecantikan, kamu juga bisa mengonsumsi buah kaya kolagen untuk membuat kulit tampak awet muda.

Eits, tapi inti utama dari pembahasan di poin ini bukan pada jenis buahnya lho. Karena sebelum masuk pada pembahasan utama mengenai buah kaya kolagen tersebut, seenggaknya kamu mesti tahu dulu apa saja tipe-tipe kolagen alami yang ada dalam tubuh.

Nah, seperti dihimpun dari laman Sehatq, berikut ini 4 tipe kolagen alami yang ada dalam tubuh manusia:

  • Kolagen Tipe 1

Kolagen ini membentuk 90 persen dari kolagen alami, dengan bahan utamanya terbuat dari serat padat. Kolagen tipe 1 berfungsi untuk memberikan struktur pada tulang, tendon, kulit, tulang rawan, gigi, dan jaringan ikat.

  • Kolagen Tipe 2

Berbeda dari kolagen tipe 1, kolagen jenis ini justru terbuat dari serat yang lebih longgar dan banyak ditemukan di tulang rawan elastis, yang fungsinya sebagai bantalan sendi.

  • Kolagen Tipe 3

Kolagen tipe 3 ini punya peranan penting untuk mendukung beberapa bagian tertentu dalam tubuh, seperti pembuluh darah, organ tubuh, dan struktur otot.

  • Kolagen Tipe 4

Sedangkan kolagen tipe 4 adalah jenis kolagen yang letaknya ada di lapisan kulit untuk membantu ginjal menyaring dan menghilangkan racun dalam tubuh.

(Baca Juga: 8 Buah Tinggi Antioksidan untuk Kesehatan)

6 Buah Kaya Kolagen untuk Bikin Kulit Awet Muda

Gimana, sudah penasaran mengenai buah kaya kolagen? Nah, untuk menjawab rasa penasaranmu itu, berikut CekAja sajikan informasinya terkait jenis buah kaya kolagen. Jadi, pastikan kamu menyimak info di bawah ini sampai habis ya!

1. Buah Jeruk

Buah Jeruk - 6 Buah Kaya Kolagen Ini Bisa Bikin Kulit Tampak Awet Muda

Buah kaya kolagen yang pertama bisa kamu konsumsi adalah jeruk. Dalam satu buah jeruk terdapat vitamin C dan alpha hydroxy acids (AHA) yang seperti kita tahu sangat berperan penting untuk kesehatan kulit, yakni untuk mencegah keriput dan tanda penuaan dini.

Vitamin C yang banyak terkandung dalam jeruk juga dipercaya bisa menangkal radikal bebas pada tubuh.

Karena menurut berbagai sumber yang beredar mengatakan, jika radikal bebas punya dampak buruk bagi tubuh apalagi dalam jumlah banyak, yang mana bisa menyebabkan penderitanya mengalami penyakit autoimun, diabetes, parkinson, penyakit jantung, hingga kanker.

2. Buah Stroberi

Buah Stroberi - 6 Buah Kaya Kolagen Ini Bisa Bikin Kulit Tampak Awet Muda

Buah yang satu ini biasanya dikonsumsi untuk diet, yakni dengan mencampurkannya bersama plain yoghurt. Tapi selain itu, ternyata stroberi juga termasuk buah kaya kolagen lho. Kok bisa?

Ya, faktanya stroberi sendiri kaya akan kandungan vitamin C seperti jeruk, sehingga bisa membantu tubuh memproduksi kolagen dalam jumlah banyak, dan kulit pun akan tampak lebih halus.

Selain dimakan langsung, buah kaya kolagen ini bisa kamu jadikan masker organik, terlebih dengan mencampurnya bersama lemon. Nah, cara mengolahnya juga cukup gampang, pertama-tama kamu hanya perlu menyiapkan 3 buah stroberi dan 1 buah lemon.

Kemudian potong stroberi menjadi dua bagian dan haluskan. Setelah itu, peras lemon dan campurkan airnya dalam wadah berisi stroberi yang sudah dihaluskan tadi.

Aduk rata kedua buah tersebut lalu aplikasikan ke wajah, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Terakhir, bilas menggunakan air hangat dan rasakan sensasi wajah yang tampak kenyal dan cerah dari dua buah kaya kolagen tersebut.

3. Buah Mangga

Buah Mangga - 6 Buah Kaya Kolagen Ini Bisa Bikin Kulit Tampak Awet Muda

Punya rasa yang manis dan kadang kala asam, membuat buah mangga menjadi salah satu buah favorit yang banyak dikonsumsi baik secara langsung, dijus, atau bahkan dibikin rujak.

Dalam buah mangga, terkandung vitamin dan mineral yang melimpah, sehingga tak heran jika ada begitu banyak manfaat dari mangga untuk kesehatan.

Tidak hanya untuk mengatasi dehidrasi dan menyehatkan mata saja, mangga ternyata merupakan buah kaya kolagen, karena lagi-lagi diperkaya vitamin C yang sangat tinggi.

Meski begitu, kamu juga harus memperhatikan aturan mengonsumsi mangga, yakni enggak boleh lebih dari 330 gram per hari, karena buah yang satu ini memiliki kandungan gula cukup tinggi.

4. Buah Pepaya

Buah Pepaya - 6 Buah Kaya Kolagen Ini Bisa Bikin Kulit Tampak Awet Muda

Buah kaya kolagen yang keempat adalah pepaya. Buah beraroma unik ini punya kandungan enzim papain, vitamin A, dan vitamin C yang seperti kita tahu menjadi salah satu vitamin primadona dalam berbagai perawatan anti-aging terkemuka.

Apabila kamu punya masalah kulit seperti munculnya garis halus atau keriput di sekitar area bawah mata, cobalah untuk rutin mengonsumsi pepaya.

Selain bikin wajah tampak awet muda, buah kaya kolagen ini juga bisa membantu mencerahkan kulit secara alami, yakni dengan cara dikonsumsi langsung atau dijadikan masker organik.

(Baca Juga: 10 Manfaat Buah Jambu Biji untuk Tubuh)

5. Buah Kiwi

Buah Kiwi - 6 Buah Kaya Kolagen Ini Bisa Bikin Kulit Tampak Awet Muda

Siapa yang tidak terlena akan kelezatan dari buah kiwi? Rasa-rasanya sih hampir semua orang pasti enggak bisa menolak ketika ditawarkan untuk mengonsumsi kiwi.

Cita rasa yang manis dan terkadang sedikit asam dari buah berwarna hijau maupun kuning ini, menjadikan kiwi sebagai salah satu buah favorit masyarakat Indonesia.

Tidak hanya lezat, kiwi juga menyimpan segudang manfaat baik untuk kesehatan kulit, dan bahkan dijuluki sebagai buah kaya kolagen. Bayangkan saja dalam 100 gr kiwi, terdapat vitamin C dan kolagen alami kira-kira sekitar 92 mg. Benar-benar cukup untuk memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh.

Selain dimakan langsung, kamu bisa mengonsumsi buah kaya kolagen ini dengan cara diolah menjadi jus, smoothies, pizza, puding, hingga es krim. Yang terpenting konsumsilah kiwi sesuai seleramu dan jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya sekaligus menerapkan gaya hidup sehat.

6. Buah Alpukat

Buah Alpukat - 6 Buah Kaya Kolagen Ini Bisa Bikin Kulit Tampak Awet Muda

Siapa bilang buah alpukat hanya efektif untuk diet saja? Selain untuk kesehatan tubuh, alpukat juga termasuk buah kaya kolagen karena adanya kandungan vitamin E untuk menangkal radikal bebas. Selain mengonsumsi buahnya, kamu juga bisa mencoba biji alpukat. Loh emang bisa?

Iya, ternyata biji alpukat nih punya lebih banyak nutrisi dibanding daging buah itu sendiri. Buah kaya kolagen ini punya sekitar 70 persen antioksidan, serat larut maupun minyak untuk memperlambat penuaan dini sekaligus mencegah pertumbuhan sel tumor.

Kalau daging buah alpukat bisa kamu konsumsi secara langsung, berbeda halnya dengan biji dari buah tersebut, yang mana kamu harus membelahnya terlebih dulu menjadi 4 bagian dan menghaluskannya dengan menggunakan food processor.

Kemudian barulah dicampurkan ke dalam makanan atau minuman dengan cita rasa yang kuat, sebab biji alpukat ini punya rasa yang sangat pahit.

Jaga Kesehatan Tubuh dengan Perlindungan Tambahan, Seperti Asuransi

Nah, itu tadi keenam buah kaya kolagen yang bisa konsumsi untuk membuat kulitmu tetap tampak muda. Selain memenuhi kebutuhan akan asupan kolagen, kamu juga harus menjalanin gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan konsumsi buah serta sayur-sayuran bergizi.

Tidak cuma itu saja, kamu juga butuh perlindungan tambahan agar tubuh terhindar dari risiko sakit dan kecelakaan, sekaligus menjaga kondisi finansial dari ongkos medis yang kadang enggak bisa kita prediksi jumlah pastinya.

Nah, salah satu produk asuransi kesehatan yang bisa kamu gunakan adalah dari CekAja.com. Lewat CekAja, kamu bisa mendapatkan asuransi dengan cakupan perlindungan terlengkap dan bantuan klaim cepat.

Bahkan di CekAja juga, kamu bisa melakukan perbandingan terlebih dulu mengenai produk asuransi yang akan digunakan.

Sehingga nantinya asuransi kesehatan yang dimiliki benar-benar sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk informasi lebih lanjut, langsung saja akses situs CekAja.com dan dapatkan produk asuransi kesehatan terbaik sesuai pilihanmu.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri