Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Cara Konvensional dan Canggih Mengingat Lokasi Parkir

by Anes Saputra on 18 Februari, 2020

Menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di pusat perbelanjaan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan. Namun, meskipun sudah berulang kali menyambangi beberapa pusat perbelanjaan, ada satu penyakit yang sering muncul saat kamu hendak pulang. Apalagi kalau bukan lupa lokasi parkir.

Terlebih, kalau waktu yang dihabiskan untuk mencari tempat parkir sangat lama karena padatnya jumlah kendaraan yang masuk ke pusat perbelanjaan tersebut. Terkadang, kamu harus menjelajah lantai demi lantai gedung parkir sampai benar-benar merasa beruntung bisa menemukan satu slot parkir yang kosong.

Dalam proses pencarian tersebut, benak sebagian besar pengemudi mungkin saja mengatakan “Terserah deh mau parkir di mana saja, yang penting bisa parkir.”

Karena keputusan parkir ‘seadanya’ tersebut, sering kali kita lupa di mana lokasi dan lantai parkir kendaraan kesayangan. Akibatnya, keinginan untuk segera pulang ke rumah menjadi tertunda akibat kita sibuk mencari di mana mobil kita.  

Dikutip dari laman Nissan.co.id dan beberapa sumber lainnya, berikut 6 cara mengingat lokasi parkir. Mulai dari cara konvensional, sampai yang menggunakan bantuan teknologi. Cek yuk!

1. Lokasi strategis

Carilah lokasi parkir yang strategis. Misalnya di dekat lobby pusat perbelanjaan, dekat pintu masuk, atau yang dekat dengan loket pembayaran parkir. Dengan parkir di lokasi strategis, tentu akan lebih mudah bagi kamu untuk menemukannya lagi saat hendak pulang.

2. Ingat patokan lokasi parkir

Jika kamu terpaksa harus parkir di pinggir jalan, sebaiknya hapalkan beberapa patokan untuk mengingat lokasi parkir tersebut. Sebut saja nama toko terdekat, atau tanda-tanda lain di sekitarnya. Saat hendak meninggalkan tempat tersebut, kamu hanya perlu menyebutkan patokan kepada petugas parkir yang pastinya sudah lebih hapal daerah tersebut.

3. Catat atau foto area parkir

Pengelola pusat perbelanjaan di mana pun pasti memampang besar-besar nama lantai tempat kamu parkir, berikut dengan kode setiap blok atau slot parkir yang ada di tempat tersebut. Kalau mau pakai cara konvensional, kamu bisa mencatat nama lantai berikut kode blok dan slot parkir mobil kamu.

(Baca juga: Parkir Sembarangan Kena Denda! Segini Biaya Bangun Garasi Mobil Bagi Warga Depok)

Atau kalau mau lebih mudah, gunakan fitur kamera di ponsel untuk merekam lokasi parkir tersebut dan kirim ke anggota keluarga atau teman yang pergi denganmu.

4. Gunakan jasa valet parking

Sebagian besar pengemudi bisa dibilang anti menggunakan jasa valet parking, karena harus merogoh kocek Rp30.000 sampai Rp75.000 untuk mempermudah urusan mencari parkir. Padahal, dengan mengikuti gaya para sultan memanfaatkan valet, kamu bisa menghemat waktu setidaknya 30 menit sampai 1 jam untuk mencari parkir.

Kamu hanya perlu membawa mobil ke lobi atau loket layanan valet, dan menyerahkan kunci ke petugas. Lalu saat beranjak pulang, kamu dan keluarga bisa menunggu dengan nyaman mobil tersebut diambil oleh petugas valet dari tempat parkir khusus.

Jasa valet bisa sangat membantu jika kamu memang dalam kondisi terlambat untuk bertemu klien, atau saat menghadapi situasi darurat seperti mengantarkan orang sakit.

Namun ingat, jangan meninggalkan barang berharga di dalam mobil untuk menghindari kehilangan akibat diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Hapalkan toko saat masuk pusat perbelanjaan

Pintu masuk maupun keluar pusat perbelanjaan di setiap lantai, pasti terhubung dengan area parkir. Jadi cara termudah untuk mengingat di mana kamu memarkir mobil adalah dengan mengingat toko terdekat pintu masuk tersebut.

Setelah berbelanja atau jalan-jalan, kamu dan keluarga hanya perlu mencari lagi toko tersebut untuk keluar menuju lokasi parkir tempat kamu menyimpan mobil.

6. Pakai aplikasi parkir

Ponsel dibuat untuk mempermudah semua urusan hidup manusia, sampai mencari lokasi parkir. Kini, ada banyak aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan demi memudahkan kamu mencari lokasi parkir. Beberapa diantaranya adalah Google Maps, ParKing, Otocare, ParKing Reminder, Park It, dan sebagainya.

(Baca juga: 4 Benda Murah Meriah yang Ampuh Bersihin Kaca Mobil)

Aplikasi yang bisa diunduh ponsel berbasis Android atau iOS ini, umumnya memanfaatkan peta digital untuk menandai lokasi mobil kendaraan kamu. Sehingga untuk kembali ke tempat parkir mobil, kamu hanya perlu membuka aplikasi dan mengikuti petunjuk arah menuju lokasi yang telah tersimpan sebelumnya.

Gimana? Mudah bukan mencari lokasi parkir mobil kamu? Untuk lebih memberikan rasa aman saat meninggalkan mobil di parkiran, tidak ada salahnya melindunginya dengan asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih dan ajukan lewat CekAja.com.

Asuransi kendaraan bisa melindungi mobil kamu dari beragam risiko, mulai dari dibobol maling, kebakaran, sampai dicuri. Ajukan sekarang!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke