Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Cara Menghemat BBM Agar Tak Boros Bahan Bakar dan Uang

by Estrin Vanadianti Lestari on 15 November, 2019

Seperti yang kita tahu, bahwa harga Bahan Bakar Minyak atau BBM tidak murah, bahkan lama kelamaan akan semakin mahal. Apalagi untuk jenis BBM non subsidi seperti jenis Pertamax, sehingga kamu sebagai pemilik kendaraan bermotor, senantiasa harus berhemat. Pasalnya, penggunaan kendaraan yang tidak apik, bisa menyebabkan bahan bakar cepat habis. Lantas, bagaimana cara menghemat BBM agar tidak boros bahan bakar dan juga uang?

Di balik menghemat pemakaian bahan bakar, kamu juga bisa menghemat pengeluaran. Sehingga, dengan cara menghemat BBM, kamu bisa menyisihkan setidaknya sedikit uang untuk kebutuhan lain. Karena, untuk merawat kendaraan, kamu tidak hanya mengisikan bahan bakar saja, namun kamu juga harus melakukan berbagai perawatan bodi hingga mesin kendaraanmu.

Pasalnya, beberapa perawatan rutin harus dilakukan terhadap kendaraan. Karena, hal tersebut akan mempengaruhi sistem pembakaran BBM dalam penggunaan kendaraan bermotor. Sehingga, dengan sistem pembakaran yang normal, mesin akan membutuhkan BBM yang tidak berlebihan. Berbeda, jika sistem pembakaran pada mesin kurang dilakukan perawatan, sehingga bisa mengakibatkan borosnya pemakaian bahan bakar.

Namun, tidak hanya dilihat dari sistem pembakaran pada mesin kendaraan saja, untuk bisa menghemat BBM. Karena, masih ada banyak cara menghemat BBM yang sepele tapi mudah, yang bisa kamu terapkan ke kendaraan milikmu. Bagaimana caranya? Yuk simak 6 cara menghemat BBM di bawah ini.

6 Cara Menghemat BBM
1. Menggunakan BBM dengan Oktan yang Tinggi

Cara menghemat BBM yang pertama adalah dengan cara menggunakan BBM dengan oktan tinggi. Pasalnya, BBM dengan oktan tinggi akan memicu penggunaan bahan bakar yang lebih sedikit, ketimbang bahan bakar dengan oktan yang rendah.

BBM oktan tinggi juga bisa mempengaruhi proses pembakaran yang lebih sempurna, dengan hanya mengonsumsi sedikit bahan bakar. Oktan yang rendah akan memerlukan banyak bahan bakar untuk mencapai pembakaran yang sempurna.

Meski harganya sedikit lebih mahal, namun BBM dengan oktan tinggi akan lebih menghemat pembakaran yang lebih sempurna.

2. Jaga Putaran Mesin

Cara menghemat BBM yang kedua adalah dengan menjaga putaran mesin. Pasalnya, ukuran torsi maksimum mesin, umunnya berada pada angka 2.500-3.500 rpm. Dimana kamu bisa melakukan perpindahan gigi pada rentang putaran mesin ini.

Jika putaran mesin terlalu tinggi, makan akan mengakibatkan suplai bensin akan makin banyak. Akan tetapi, jika putaran terlalu rendah, maka kamu butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan kendaraan.

3. Cek Tekanan Angin Ban dan Keseimbangan Roda

Cara menghemat BBM selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memperhatikan tekanan udara pada ban. Mengapa tekanan udara pada ban bisa mempengaruhi penggunaan bahan bakar? Pasalnya, ketika tekanan ban pada kendaraanmu pas dan baik, maka akan membuat beban kendaraan menjadi lebih ringan saat melaju.

Sementara jika tekanan ban rendah, maka akan membuat beban kendaraan menjadi berat. Nah, dari analogi tersebut bisa disimpulkan bahwa, dengan beban kendaraan yang berat, maka secara otomatis bahan bakar yang dibutuhkan akan semakin tinggi, untuk bisa mendorong mesin agar bisa melaju.

Maka dari itu, kondisikan tekanan ban sesuai dengan beban yang dibawa atau sesuai dengan kebutuhan.

(Baca Juga: 5 Tips Biar Nggak Stres Usai Kecelakaan)
4. Ketahui Beban Maksimal Kendaraan

Cara menghemat BBM berikutnya adalah dengan mengetahui beban maksimal kendaraan kamu. Hal ini juga akan membantu kamu dalam melakukan tips sebelumnya terkait tekanan ban. Karena, dengan mengetahui jumlah beban maksimal, kamu bisa membantu untuk menghemat bahan bakar.

Kendaraan yang memiliki beban yang berat, akan membuat kendaraan melakukan kerja lebih keras, sehingga akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar di luar dari biasanya. Hal ini menjadi faktor yang bisa membuat kamu boros bahan bakar.

5. Efektif Dalam Menggunakan AC

Cara menghemat BBM paling sederhana adalah dengan cara efektif dalam menggunakan AC. Meski terdengar sepele, namun AC merupakan komponen yang dijalankan menggunakan tenaga mesin berukuran 5 PK, dimana tenaga mesin tersebut berguna untuk menggerakkan kompresor dan sistem terkait.

Nah, jika AC mobil terus dinyalakan selama mobil berjalan, maka otomatis akan menggunakan bensin, agar seluruh komponen AC bekerja dengan baik. Kamu bisa menggunakan AC secara efektif dengan cara jangan menyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar.

6. Servis Kendaraan Secara Rutin

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kesehatan mesin kendaraan juga akan mempengaruhi pemakaian BBM. Nah, salah satu cara merawat kendaraan secara rutin adalah dengan menyetel klep. Di sini, klep bermanfaat untuk mengatur pembakaran yang dikeluarkan oleh bahan bakar.

Namun, cara ini memiliki konsekuensi akan semakin borosnya penggunaan laju bahan bakar. Sehingga, jika kamu ingin menggunakan cara ini, gunakanlah sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pelumas yang bagus untuk menjaga kondisi mesin tetap berjalan baik.

(Baca Juga: Mengintip Sejumlah Fakta Xpander Cross, Jagoan Baru Mitsubishi di Segmen SUV)
Manfaat Menghemat BBM

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dan lingkungan sekitar dapatkan, dari menghemat BBM. Setidaknya ada empat keuntungan ketika kamu menerapkan hemat bahan bakar atau eco driving:

  • Tidak menguras dompet atau pengeluaran yang berlebihan. Karena, konsumsi bahan bakan kendaraan, bisa kamu tekan dengan 6 cara menghemat BBM di atas.
  • Bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan, sehingga kamu ikut berpartisipasi mengurangi gas emisi CO2.
  • Bisa mengurangi tingkat stress ketika kamu mengemudi, dan bisa meningkatkan kenyamanan untuk pengemudi dan juga penumpang.
  • Jika kamu menerapkan eco driving, otomatis kamu akan mengurangi risiko kecelakaan. Pasalnya, seseorang yang menerapkan cara ini jarang menggunakan kecepatan tinggi atau ngebut.

Itulah beberapa cara menghemat BBM yang bisa kamu terapkan, sekaligus menghemat pengeluaran harian juga. Seperti salah satu cara yang disebutkan di atas, bahwa kamu wajib melakukan perawatan kendaraan secara berkala, agar kesehatan mesin tetap terjaga.

Kamu bisa menggunakan dana tambahan berupa pinjaman dana tunai dari Cekaja.com, untuk membantumu membiayai perawatan kendaraan. Nah, untuk mendapatkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan, kamu bisa langsung kunjungi situs Cekaja.com, dan mengajukannya secara online.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk