Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

6 Hal Penting yang Bisa Dibeli dengan Dana Kampanye Calon Gubernur Jakarta

by Rafly Aditia on 24 Januari, 2017

dana kampanye - CekAja.com

Pernah terpikir gak sih, kalau dana kampanye calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dibelanjakan untuk kepentingan lain bisa dimanfaatkan untuk apa saja?

Beberapa waktu lalu, tiga calon gubernur dan wakil gubernur DKI mengkonfirmasi dana kampanye yang mereka keluarkan. Anies-Sandi mengkonfirmasi besaran dana kampanye untuk maju menjadi pemimpin dan wakil pemimpin DKI Jakarta sebesar Rp 46,7 miliar.

Lalu, Basuki dan Djarot melaporkan dana kampanye mereka sebesar Rp 60 miliar. Sementara pasangan Agus dan Sylvi melaporkan sumbangan dana kampanye sebesar Rp 9,1 miliar.

Jika digabungkan, total dana kampanye ketiga paslon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tersebut mencapai Rp 115, 8 miliar! Fantastis bukan? Nah, kira-kira dengan uang sebanyak itu bisa dibelikan apa saja ya?

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

10.527 ton beras

Dengan harga beras rata-rata per kilogram senilai Rp 11 ribu, maka dengan uang sebanyak itu kamu bisa membeli 10.527 ton beras. Mengingat kebutuhan beras penduduk DKI Jakarta sekitar 2 ribu ton, artinya dana kampanye sebanyak itu bisa memenuhi kebutuhan beras seluruh penduduk DKI Jakarta selama setidaknya 5 hari berturut-turut.

10 mobil Ferrari 459 Speciale

Kamu bermimpi untuk punya mobil berlogo kuda jingkrak? Sudah tentu bukan hal mustahil kalau kamu memiliki seluruh dana kampanye calon gubernur dan wakil gubernur saat ini. Harga Ferrari 459 Speciale sekitar Rp 11,5 miliar, artinya kamu bisa membeli sebanyak 10 mobil Ferrari.

Membiayai 6433 mahasiswa perguruan tinggi negeri

Dengan dana Rp 115,8 miliar, banyak hal yang bisa dilakukan. Contohnya adalah menyekolahkan anak di perguruan tinggi negeri. Mengingat setiap tahunnya DKI Jakarta memberikan santunan Rp 18 juta untuk para mahasiswa perguruan tinggi negeri pemegang KJP, jika kamu punya uang sebanyak Rp 115,8 miliar maka kamu dapat membiaya 6433 mahasiswa!

3,3 juta tiket Transjakarta

Harga tiket bus Transjakarta adalah Rp 3500. Maka, lewat dana kampanye semua calon gubernur dan wakil gubernur dapat dibelikan 3,3 juta buah tiket bus Transjakarta. Mengingat rata-rata penumpang busway per hari sekitar 370 ribu, tiket sebanyak itu bisa digunakan selama 9 hari waktu operasional Transjakarta.

(Baca juga: Tips Olahraga dari Kakek 59 Tahun yang Memiliki Perut Sixpack)

115 tiket keliling dunia

Sebuah program menarik dibuat oleh Intrepid Travel pada tahun 2016 lalu. Mereka menawarkan paket perjalanan Rp 1 miliar untuk keliling dunia. 35 negara akan kamu kunjungi selama setahun penuh, mulai dari Bangkok, Kanada, sampai Antartika! Nah, dana kampanye sebanyak Rp115,8 miliar bisa bikin kamu pergi keliling dunia selama 115 kali.

3.405 jamaah haji

Biaya haji reguler saat ini diperkirakan masih berada di level Rp 34 juta. Dengan uang Rp 115,8 miliar kamu bisa membawa 3.405 jamaah termasuk dirimu untuk pergi haji ke tanah suci, Mekkah.

Bayangkan kalau kamu punya uang sebanyak itu, kamu bakal mewujudkan banyak impian para pemeluk agama Islam untuk beribadah di tanah suci.

Daftar kartu kredit yang berikan diskon belanja di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami