Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

7 menit waktu bacaan

6 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal

by JTO on 16 Mei, 2016

bisnis tanpa modal - CekAja.com

Keterbatasan penghasilan para pekerja kantoran menjadi faktor utama dari mereka yang ingin menjalankan usaha sampingan demi memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi.

Klasik memang, namun kurangnya modal pada akhirnya menjadi hambatan utama. Tidak berhenti di situ, ada pula kebingungan lainnya, misal pertanyaan tentang bagaimana bisa bekerja sambil mengurus usaha sampingan?

Padahal, semuanya tergantung tergantung seberapa kuatkah niat dan tekad yang dimiliki.

Keterbatasan waktu dan modal usaha yang dimiliki pekerja kantoran bukan sebuah hambatan bagi seseorang untuk menghasilkan penghasilan tambahan, karena ada pepatah, “selalu banyak jalan menuju Roma”. 

Apa keuntungan jalankan usaha sampingan?

Tren menjalankan bisnis sampingan sudah semakin populer belakangan ini. Pegawai kantoran, ibu rumah tangga bahkan mahasiswa juga ikut tertarik untuk menjalankannya. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjalankan suatu usaha sampingan tanpa modal.

Penghasilan tambahan

Persoalan utama yang dihadapi oleh para pegawai kantoran yang mendapatkan penghasilan tetap secara rutin setiap bulannya adalah sulitnya memenuhi kebutuhan hidup yang meningkat sementara penghasilannya berjalan di tempat. Usaha sampingan merupakan jawaban dari persoalan yang dihadapi oleh mereka.

Tabungan masa depan

Selain memberimu kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dengan menjalankan usaha sampingan kamu juga bisa menabung untuk keperluan di masa depan seperti contohnya untuk membeli rumah impian, pendidikan anak-anak atau rencana liburan.

(Baca juga: 8 Kiat Sukses Bisnis Makanan di Kantin Sekolah)

Wujudkan karir impian

Apakah kamu merasa karir saat ini tidak sesuai dengan gairah yang miliki? Atau, merasa karir mentok? Maka usaha sampingan akan membantu mewujudkan apa yang sebenarnya ingin kamu jalani. Misalnya dengan menjual produk yang kamu kuasai.

Ajang kreativitas

Memiliki usaha sampingan juga menjadi aktualisasi diri, karena di sini kamu bisa menunjukkan kreativitas. Misalnya kamu bisa membuat produk unik dan berbeda, sehingga peluang pasar terbuka luas.

(Baca Juga: Cara Membuat Blog Bisa Jadi Penghasilan Tambahan)

Hindari kegagalan usaha sampingan

Menurut Benjamin Franklin, gagal dalam merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan. Hal ini berlaku juga dalam menjalankan usaha sampingan. Meski hanya sampingan, bukan artinya kamu harus menghadapi kegagalan hanya karena menyepelekan perencanaan bisnismu. Untuk menghindari kegagalan bisnismu bahkan ancaman kebangkrutan, hendaknya kamu ikuti beberapa trik berikut ini.

Tetapkan Tujuan Usaha Sampingan

Tujuan untuk menjalankan usaha sampingan merupakan hal utama yang harus kamu tentukan pada awal perjalanan bisnismu. Apa yang menjadi visi serta misimu dalam menjalankan bisnis ini, apa yang melatar belakangimu menjalankan usaha ini, hingga pada perencanaan dalam periode waktu lebih panjang yang matang.

Jika hal-hal tersebut belum terlintas di pikiranmu, luangkanlah beberapa waktu untuk merenunginya. Tak perlu muluk-muluk memiliki visi dan misi yang luar biasa, cukup konsentrasikan bisnis ini pada dirimu terlebih dahulu dan apa yang betul-betul kamu inginkan untuk bisnis ini.

Tentukan Produk / Jasa yang Ingin Dijual

Tujuan telah selesai, kini saatnya kamu menentukan produk/jasa yang ingin dijual kepada khalayak. Jelaskan produk/jasa tersebut secara detail dengan mengajukan pertanyaan dan menjawabnya seorang diri.

Pastikan dirimu dapat mengenali produk ini dengan sangat baik mulai dari kekurangan dan kelebihannya, karena hal ini nantinya akan berpengaruh kepada kepercayaan pembeli untuk menggunakan produkmu. Maka kamu bisa sukses dalam bisnis.

Target Pasar

Setelah menemukan produk yang hendak kamu jual, tentu kamu harus menentukan target pasar atas produk tersebut. Kira-kira siapakah yang akan menjadi konsumenmu, berapa target usia dan lokasi tempat tinggalnya.

Target pasar dari usaha sampingan toko busana muslim online tentu saja berbeda dengan usaha sampingan jasa cuci (laundry) rumahan. Usaha toko fashion muslimah online pelanggannya adalah muslimah, sedangkan usaha laundry rumahan pelanggannya rata-rata adalah anak kuliahan yang indekos di sekitar areamu.

Dengan begitu kamu akan tahu bagaimana cara untuk memilih teknik pemasaran yang tepat bagi target pasarmu.

(Baca juga: 7 Penyebab Interview Kerja Gagal Meski Sudah Pengalaman)

Terapkan Standard Operational Procedur (SOP)

Meski dengan modal yang sangat minim bukan berarti kalian harus mengabaikan struktur, manajemen, strategi operasional dan strategi pemasaran produk yang dijual. Justru dengan modal yang minim, kalian harus jeli bagaimana mengatur strategi agar cepat mendapatkan keuntungan untuk digunakan membesarkan usaha sampingan yang dijalankan.

Pastikan kalian membuat SOP atau Standard Operational Procedur untuk meminimalisir kesalahan yang dibuat oleh struktur organisasi yang dimiliki dalam bisnis ini.

Pahami Risiko Bisnis yang Mengintai

Selain itu, kamu juga harus dapat memahami resiko bisnis yang mengintai usaha sampinganmu. Hanya dengan memahami risiko-risiko tersebut kamu akan memiliki cara untuk mengantisipasinya. Lalu bagaimanakah cara untuk memahami hal tersebut?

Kamu harus selalu terbuka untuk melakukan diskursus dengan ahlinya. Temukan orang yang memang sudah malang melintang di industri yang serupa denganmu untuk mendengarkan risiko-risiko apa saja yang dapat mengancam keberlangsungan bisnismu.

Rencanakan Perkembangan Bisnis

Siapa yang tak ingin agar usahanya berkembang pesat? Jawabannya pasti tidak ada. Semua orang ingin meraih kesuksesan termasuk dalam berbisnis. Sebuah bisnis dapat dikatakan berkembang apabila mereka membuka cabang baru di area atau wilayah lain, secara berkala menambahkan jumlah stok atau produk baru.

Bisa juga dengan menjalin kerjasama dengan pebisnis lain atau mencari investor yang bisa memberikan modal lebih besar. Namun, semua hal itu tentunya harus dilakukan melalui perencanaan bisnis yang matang.

Jika berhubungan dengan pihak ketiga atau partner bisnis, pastikan kalian memiliki tingkat kepercayaan yang setara, sehingga bisnis yang dijalankan dapat dilakukan dengan lancar. Selain itu, selalu ingat untuk membuat perjanjian tertulis atau ada hitam di atas putih untuk kerjasama dalam bentuk apapun meski dengan orang yang sudah sangat kalian percaya untuk menghindari risiko kerugian di masa depan.

6 Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal

Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal

Dengan gaji pas-pasan, bukan berarti kamu tak bisa menjalankan usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sebab jika kamu jeli melihat peluang yang ada, banyak sekali model bisnis sampingan yang bisa dilakukan tanpa modal sepeser pun. Mau tahu apa saja, simak ulasan berikut.

Menjadi Dropshipper Toko Online

Setelah banyak sekali toko online yang muncul ke permukaan, sebetulnya bisa kamu jadikan peluang untuk menambah pundi-pundi penghasilanmu. Di antaranya dengan menjadi makelar toko online alias menjual barang dari toko online lain dengan sistem dropship. Dengan model bisnis dropship ini, kamu tentu tak harus direpotkan dengan stok barang yang tentunya akan membutuhkan modal usaha yang cukup besar.

Kamu hanya perlu memajang produk yang dijual oleh supplier dan menaikkan harga jualmu dari harga yang kamu dapatkan dari supplier, selisihnya adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Kerahasiaan dropship ini juga akan terjaga jika kamu memilih supplier yang tepat karena supplier akan mengirimkan barang yang dipesan oleh pelangganmu dengan mencantumkan nama toko online yang kamu miliki saat melakukan pengiriman barang.

Memasarkan Jasa Secara Online

Apabila kamu memiliki keahlian yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapat penghasilan tambahan, kamu bisa menjual keahlianmu itu secara online. Sebagai contoh, kamu adalah seorang graphic desainer di sebuah perusahaan, kamu tetap dapat mengambil order di luar pekerjaanmu dengan memposting keahlian jasa desainmu di forum-forum online agar banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasamu.

Penulis Lepas

Jika kamu memiliki kemampuan menulis, tentu hal ini juga sangat bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan selain gaji bulananmu. Dengan banyaknya situs web e-commerce yang bermunculan, peluang untuk menulis artikel secara lepas untuk mereka semakin terbuka.

(Baca juga: 9 Ide Peluang Bisnis Usaha Sampingan di Tahun 2016)

Selain itu, kamu juga bisa menjadi seorang ghost writer menuliskan sebuah konten buku atau website dengan mencantumkan nama orang lain pada artikel tersebut. Keuntungan yang akan kamu dapatkan tentu akan berkali-kali lipat dari penghasilan tetapmu selama sebulan penuh.

Les Privat

Selama masih ada dunia pendidikan, usaha sampingan menjadi guru les privat selalu terbuka luas. Pilih saja salah satu bidang pendidikan yang kamu kuasai, misalnya bahasa Inggris. Kamu dapat membuka les privat keterampilan berbahasa Inggris di rumahmu sendiri. Ajak tetangga yang memiliki anak-anak yang masih bersekolah untuk jadi muridmu.

Blogger

Menjadi seorang blogger juga bisa kamu jadikan peluang usaha sampingan di luar pekerjaanmu di kantor. Bahkan menjadi blogger bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan modal sepeser pun. Sudah banyak platform blog yang menawarkan blog gratisan, untuk kemudian kamu poles sehingga memiliki traffic pengunjung yang tinggi dan bisa kamu monetisasi setelahnya.

Agen Properti

Ranah properti merupakan salah satu ranah bisnis yang paling menjanjikan untuk dijalani. Kamu tak perlu mengeluarkan modal sepeserpun untuk menjalankannya. Cukup cari orang yang ingin menjual rumah, apartemen, atau ruko miliknya saja.

Jika kamu berhasil menjual sebuah properti dengan harga Rp 1 Miliar, komisi yang akan kamu dapatkan bisa mencapai 2.5% yaitu sebesar Rp 25 juta. Bayangkan jika kamu mampu menjual sebanyak 2 tipe properti dengan kisaran harga yang sama, dalam sebulan kamu bisa mendapatkan uang sebanyak Rp 50 juta hanya dari usaha sampingan. Sangat menggiurkan, bukan?

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.