Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

6 Keuntungan Finansial yang Diperoleh Karena Menikah

by Tisyrin N. T on 18 Oktober, 2016

keuntungan menikah - CekAja.com

Pernikahan menyatukan pasangan melalui janji suci. Tak sedikit dari pasangan yang telah menikah merasakan suntikan energi yang berlimpah untuk meraih kehidupan lebih baik. Oleh karena itu, hampir setiap pasangan memimpikan rumah tangga mereka dapat meraih kesejahteraan finansial.

Namun, bagi yang masih lajang, kerap terdapat rasa takut untuk menikah. Alasan utamanya berkaitan dengan kesiapan finansial. Misalnya, takut tidak bisa lagi berlibur atau belanja sesuka hati karena terbayang besarnya pengeluaran setelah menikah. Padahal, pernikahan justru dapat memberikan banyak keuntungan finansial. Tidak percaya? Baca dulu ulasan di bawah ini.

Saling belajar tentang kebiasaan positif dalam hal finansial

Kamu tergolong orang yang boros? Kamu bisa belajar dari pasanganmu bagaimana cara mengontrol pengeluaran dan menyisihkan pendapatan untuk masa depan. Ya, setelah menikah kalian bisa saling belajar untuk menanamkan kebiasaan positif dalam hal finansial.

(Baca juga: Cara Membuat Laporan Arus Kas Keuangan Pribadi)

Bisa patungan untuk biaya tempat tinggal

Saat masih single, kamu selalu saja terbebani dengan biaya sewa tempat tinggal yang mengalami kenaikan secara berkala. Namun, setelah menikah, ada orang lain yang tinggal bersamamu dan kalian siap bahu membahu menanggung biaya sewa tempat tinggal bersama. Hidup pun akan terasa lebih ringan.

KPR lebih mudah

Sudah bosan tinggal di rumah kontrakan? Sekarang saatnya untuk memiliki rumah idamanmu sendiri. Sebab, setelah menikah pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) akan lebih mudah mendapatkan persetujuan. Alasannya karena kalian bisa mengajukan KPR dengan joint income atau menggabungkan penghasilan sehingga cicilan KPR per bulan tidak melebihi 30% dari penghasilan. Kamu berencana untuk menikah? Bersiaplah, rumah impian sudah di depan mata!

Pendapatan meningkat

Studi yang dilakukan Virginia Commonwealth University membuktikan, penghasilan pria yang sudah menikah rata-rata akan meningkat 22% dibandingkan ketika lajang. Peningkatan ini bisa berasal dari bertambahnya tunjangan perusahaan atau hal lainnya. Jika pria single biasanya hanya mendapatkan tunjangan untuk diri sendiri, setelah menikah dia mendapatkan tunjangan dan asuransi kesehatan untuk istri dan anak.

Pria cepat mendapatkan promosi

Survei yang dilakukan di Amerika pada 2005 terhadap para pekerja di sana menunjukkan, pria yang sudah menikah mendapatkan kenaikan level dan juga promosi lebih cepat dibanding rekan kerja mereka yang masih lajang. Dengan adanya kenaikan level, biasanya akan diiringi kenaikan pendapatan bukan?

(Baca juga: Rekomendasi Gedung Pernikahan di Jakarta Sesuai Bujet)

Tenang, saat kesulitan ada pasangan yang siap membantu

Ketika kamu masih single dan terjadi hal-hal tak diinginkan seperti terkena PHK, kamu akan mengalami hari-hari yang suram. Jika sudah menikah, kamu akan merasa lebih tenang karena ada pasangan yang siap membantumu melewati masa-masa sulit termasuk dalam urusan finansial.

Butuh asuransi kesehatan yang dapat menanggung biaya pengobatan penyakit berat? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami