Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

6 Makanan yang Bisa Bikin Kamu Merasa Lelah

by Tisyrin N. T on 1 Oktober, 2016

makanan bikin ngantuk_kartukredit - CekAja.com

Selain kurang tidur, rupanya makanan juga bisa membuat tubuh kelelahan. Berdasarkan sejumlah penelitian, jenis makanan dengan kandungan tertentu memang bisa membuat tubuh merasa lelah atau bahkan mengantuk.

Oleh karenannya, cobalah untuk menghindari atau mengurangi konsumsi makanan tersebut untuk menjaga produktivitasmu. Berikut 6 makanan yang bisa membuatmu merasa lelah.

Daging merah

Daging merah memiliki kandungan lemak yang tinggi, karena itu makanan yang satu ini tergolong makanan berat. Tubuh lebih sulit untuk memecah lemak, sehingga memerlukan proses yang berat dibandingkan mencerna nutrisi lainnya. Selain sulit, prosesnya juga memakan waktu lebih lama. Energi tubuhmu kemudian akan fokus mencerna lemak dan tentu saja kamu akan merasa lelah.

(Baca juga: 20 Makanan yang Membuat Otak Makin Cerdas Berhitung)

Pisang

Pisang memiliki kandungan potassium dan magnesium, fungsinya membuat otot lebih rileks. Pisang akan membuatmu tidur dengan mudah. Bagi kamu yang sulit tidur, cobalah untuk makan pisang di malam hari. Namun, menjadikan pisang sebagai camilan di siang hari berpotensi membuatmu mengantuk saat bekerja.

Roti putih

Roti putih juga akan membuatmu mudah lelah, mengapa? Karena kandungan karbohidrat dengan indeksi glikemik tinggi pada roti putih membuat kadar gula dalam darah naik dan turun secara cepat. Ini juga berlaku untuk nasi putih dan pasta lho.

Ikan

Ikan seperti salmon dan tuna kaya akan vitamin B6 yang digunakan tubuh untuk membuat melatonin (hormon tidur). Makanlah salmon atau tuna di malam hari sebagai obat penenang alami. Hati-hati menyantap salmon atau tuna di siang harin karena menyebabkan rasa kantuk.

Ceri

Penelitian dari University of Pennsylvania dan University of Rochester mengungkapkan, segelas jus ceri bisa membantu orang tidur lebih cepat. Penelitian ini menemukan bahwa ceri secara alami meningkatkan suplai melatonin ke dalam tubuh. Jika kamu insomnia, coba saja konsumsi ceri.

(Baca juga: Kebiasaan Sepele Orang Jakarta yang Bikin Boros Uang)

Kalkun

Daging kalkun mengandung asam amino triptofan yang membuat tubuh lebih rileks. Konsumsi kalkun akan membuatmu mengantuk. Karena itu, hindari konsumi kalkun siang hari agar aktivitasmu tidak terganggu. Kamu tidak mau kan pekerjaanmu tidak selesai karena kamu mengantuk?

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja di supermarket, kafe dan restoran? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.