Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

6 Waktu yang Tepat untuk Melakukan Renovasi Rumah

by Tisyrin N. T on 24 Januari, 2017

renovasi rumah - CekAja.com

Setiap orang pasti ingin tinggal di sebuah rumah yang nyaman serta memiliki desain sesuai dengan karakternya. Namun, merenovasi rumah membutuhkan waktu lama dan biaya tak sedikit.

Bila rumah yang kamu tempati sudah mengalami kerusakan sana sini, itu tandanya kamu harus segera melakukan renovasi. Selain itu, waktu yang tepat merupakan pertimbangan yang tak kalah penting untuk dipikirkan sebelum memutuskan merenovasi rumah.

Contohnya, kamu mungkin tak mempertimbangkan faktor cuaca saat merenovasi rumah. Padahal, cuaca yang tepat akan sangat membantu kamu mengetahui kondisi rumah setelah renovasi. Nah, berikut ini pilihan waktu yang tepat untuk merenovasi rumah beserta penjelasannya.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

Setelah beli rumah baru atau bekas

Sebelum menempati rumah yang kamu beli di perumahan, kamu harus melakukan renovasi karena rata-rata pengembang menyediakan tanah kosong di bagian belakang yang bisa kamu bangun menjadi dapur. Atau, setelah kamu membeli sebuah rumah bekas, periksa dengan teliti semua sudut rumah dan lakukan renovasi jika diperlukan.

Sesuaikan dengan kantong

Intip dulu kondisi keuangan. Kalau kamu sanggup membiayai renovasi rumah, jangan ragu untuk melakukannya. Namun, kalau belum, pertimbangkan kembali dan menabunglah.

Dalam situasi tertentu, kondisi rumah sudah sangat parah dan mau tidak mau renovasi menjadi satu-satunya jalan. Kamu dapat memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank untuk melakukan renovasi, tetapi ingat kamu harus yakin mampu membayar cicilannya.

Kondisi ekonomi negara juga perlu kamu perhatikan lho!

Tak cuma kantong pribadi yang jadi bahan pertimbangan, kamu juga perlu menaruh perhatian pada kondisi ekonomi makro. Lho, apa kaitannya dengan renovasi rumah? Saat ekonomi stabil, harga bahan bangunan pun terbilang stabil.

Perhatikan pula musimnya

Kamu bisa renovasi rumah saat musim kemarau yang disertai gerimis atau hujan, hasil bangunan akan berkualitas. Saat hujan, kamu bisa mengetes kondisi genteng apakah bocor atau tidak. Kalau kamu menyuruh tukang melakukan renovasi saat cuaca benar-benar panas, bangunan bisa retak-retak. Sedangkan kalau dilakukan pada musim hujan, hasilnya juga tidak terlalu bagus.

Saat pasir sedang berlimpah

Bagaimana cara mengetahui hal ini? Setelah ada gunung meletus biasanya persediaan pasir dengan kualitas baik akan melimpah dan murah.

(Baca juga: Lama Menganggur Karena Tidak Kunjung Dapat Kerja? Ini Penyebabnya)

Menjadikan rumah tempat usaha

Kalau kamu berniat mengubah fungsi rumahmu tak hanya untuk tempat tinggal, bolehlah keluarkan modal usaha untuk mengubahnya menjadi tempat berbisnis.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami