7 Alasan Sprei Hotel Selalu Berwarna Putih, Apa Sajakah Itu?

5 min membaca Oleh Kyla Damasha on

Ketika kamu sedang menginap di hotel, pernahkah kamu berpikir apa yang menjadi alasan sprei hotel selalu berwarna putih?

Bukan hanya kebetulan semata, sprei putih yang selalu disediakan oleh hotel juga memiliki alasan dibaliknya lho.

(Baca Juga: Rekomendasi Hotel untuk Staycation di Malang)

Untuk kamu yang sedang membaca artikel ini, pastinya merasa penasaran, bukan? Nah, di dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang beberapa alasan sprei hotel selalu berwarna putih. Yuk disimak bersama!

Alasan Sprei Hotel Selalu Berwarna Putih

Dilansir dari berbagai sumber yang telah dirangkum oleh CekAja, berikut beberapa alasan sprei hotel selalu berwarna putih, yaitu adalah:

1. Memberi Kesan bersih dan Rapi

Alasan sprei hotel selalu berwarna putih yang pertama adalah berhubungan dengan kebersihan.

Memang terkesan sederhana, namun tak dapat dipungkiri bahwa warna putih memang mampu membuat ruangan menjadi terlihat lebih rapi dan bersih.

Tak hanya itu, jika dilihat dari sisi psikologis, warna putih juga menjadi hal utama dan sangat penting untuk para tamu.

Sebab, tak jarang para tamu tersebut mengecek kebersihan dari sprei itu sendiri, apakah sudah diganti atau belum.

Dengan sprei berwarna putih, maka tamu bisa dengan mudah menilai kebersihan dari sprei yang akan mereka gunakan.

Apabila terlihat ada kotoran atau noda di sprei, maka mereka juga bisa langsung menghubungi pihak hotel untuk segera menggantinya.

2. Memberi Kesan Mewah

Melansir dari phinemo.com yang turut mengutip dari Huffington Post, putih itu sendiri merupakan simbol kemewahan.

Sehingga, tidur dengan beralaskan sprei berwarna putih justru bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih nyenyak dan terasa lebih mewah.

Menurut Erin Hoover, selaku wakil presiden Westin and Sheraton Hotel, pada awalnya penggunaan warna putih tidak terlalu populer.

Sebaliknya, kebanyakan hotel justru menggunakan sprei berwarna atau bercorak, dengan alasan mudah dibersihkan.

Akan tetapi, setelah Westin Hotel mencoba untuk mengganti sprei mereka menjadi berwarna putih, nyatanya mampu memberikan efek yang cukup besar.

Pengunjung merasa lebih nyaman dan memberikan kesan positif pada hotel. Dikarenakan hal itulah, tak dapat dipungkiri bahwa salah satu alasan sprei hotel selalu berwarna putih adalah karena kesan mewah yang ditimbulkan.

3. Mudah Dibersihkan

Alasan sprei hotel selalu berwarna putih selanjutnya adalah sifatnya yang mudah dibersihkan.

Sebab dengan menggunakan warna putih, baik pengunjung maupun pihak hotel bisa dengan mudah melihat noda yang terdapat di sprei.

Selain itu, sprei berwarna atau bercorak juga bisa dengan mudah membuat luntur sprei lain dengan warna yang berbeda.

Tak sekedar sprei, bahkan handuk hotel pun kebanyakan juga berwarna putih, untuk menghindari warna yang mudah luntur.

Sedangkan jika semua sprei dan handuk berwarna putih, semua bisa dicuci menjadi satu tanpa harus khawatir terdapat bahan yang luntur.

4. Warna yang Bisa Ditoleransi Semua Orang

Alasan sprei hotel selalu berwarna putih selanjutnya adalah, karena putih itu sendiri merupakan salah satu warna yang mudah ditoleransi oleh semua orang.

Ada sebagian orang yang memiliki sensitifitas pada suatu warna tertentu. Misalkan, ada orang yang tidak terlalu menyukai warna biru, hitam, atau merah.

Sedangkan untuk warna putih, dapat dikatakan bahwa hampir semua orang menyukai warna putih karena paling mudah ditoleransi oleh pikiran kita.

Secara psikologis, tidur dengan beralaskan warna yang tidak bisa kita toleransi justru dapat turut mempengaruhi kualitas tidur itu sendiri.

5. Warna Dominan yang Bagus

Alasan sprei hotel selalu berwarna putih selanjutnya adalah karena warna putih selalu terlihat bagus apabila dikombinasikan oleh warna-warna lainnya.

Coba bayangkan jika kamu menetap di kamar hotel dengan sprei berwarna merah yang dikombinasikan dengan interior dan desain warna lain yang berbeda-beda. Tentunya terlihat tidak begitu menarik, bukan?

Misalkan saja seperti lampu kamar putih, dinding kamar berwarna biru, kemudian karpet berwarna hijau. Membayangkannya saja bisa membuat kepala pusing karena terlalu banyak warna.

Sedangkan jika kamar hotel didominasikan oleh warna putih, akan lebih mudah jika ingin dikombinasikan oleh warna apapun.

Contohnya seperti putih dengan warna coklat, atau putih dengan warna biru muda. Pastinya terlihat lebih cantik sekaligus menampilkan kesan mewah.

6. Praktis dan Efisien

Alasan sprei hotel selalu berwarna putih selanjutnya adalah karena praktis dan efisien. Ketika housekeeping ingin mengganti sprei set yang baru, maka mereka hanya perlu asal mengambil sesuai ukuran kasur.

Akan tetapi, jika sprei justru memiliki warna yang berbeda-beda, housekeeping harus mengambil sprei set yang sesuai dengan warna atau corak yang ada.

Sehingga, hal tersebut bisa merepotkan dan membutuhkan waktu lebih lama dalam mengganti sprei.

Tak hanya itu, sprei berwarna juga relatif bisa memudar atau terdegradasi, yang membuat tingkat kecerahannya bisa berbeda.

Penampilan yang tidak selaras juga tentunya terasa kurang enak untuk dipandang, bukan? Maka dari itu, salah satu alasan sprei hotel selalu berwarna putih ialah untuk mempermudah pekerjaan housekeeping dalam mengganti sprei menjadi lebih praktis dan efisien.

7. Membuat Penampilan Kamar Menjadi Terlihat Lebih bagus

Nah, alasan sprei hotel selalu berwarna putih yang terakhir akan kita bahas adalah, karena warna putih membuat penampilan kamar menjadi terlihat lebih bagus.

Dapat dikatakan bahwa warna putih merupakan salah satu warna elegan. Ketika pengunjung pertama kali memasuki kamar hotel dan melihat tempat tidur kamar tersebut, maka akan bisa menentukan kelas dari hotel tersebut.

Dan sprei berwarna putih merupakan salah satu cara untuk memperlihatkan tampilan kelas hotel. Walaupun bukan termasuk hotel bintang 5, ketika mereka menggunakan sprei berwarna putih, maka tetap akan terlihat elegan dan berkelas.

Jadi, itulah beberapa alasan sprei hotel berwarna putih yang mungkin selama ini membuat kamu penasaran.

Walaupun pandemi belum berakhir, bukan berarti kamu tidak bisa menginap di hotel lho. Jika kamu sudah terlalu bosan untuk berdiam diri di rumah, kamu tetap bisa staycation di hotel dekat rumah guna mendapatkan suasana baru yang membuat pikiran menjadi lebih fresh.

(Baca Juga: 5 Kartu Kredit Terbaik untuk Liburan)

Nah, jika kamu memiliki rencana untuk staycation di hotel, jangan lupa juga untuk menggunakan kartu kredit sebagai salah satu metode pembayarannya.

Sebab, saat ini banyak jenis-jenis kartu kredit yang menawarkan promo dan diskon menarik yang bisa membuat pengeluaran kamu dalam membayar hotel menjadi lebih hemat.

Belum memiliki kartu kredit? Segear ajukan saja di CekAja.com! Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online lho, sehingga kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu keluar rumah.

Tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan kartu kredit di CekAja.com dan nikmati staycation di hotel pilihanmu!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha