7 Cara Membuat Jebakan Tikus Paling Mudah dan Ampuh

Cara membuat jebakan tikus yang akan kita bahas kali ini, sepertinya  akan sangat bermanfaat, khususnya bagi kamu yang seringkali menemukan hama kecil ini, di area rumah. Tikus bukan hanya gemar mengotori dan merusak perabotan rumah, namun hewan satu ini juga membawa penyakit dan virus, yang ia bawa dari luar.

7 Cara membuat jebakan tikus

Oleh karena itu, agar tikus tidak bersarang di rumah, kamu perlu melakukan beberapa cara yang bisa mengusir tikus dari rumah, yaitu dengan membuat jebakan tikus. Nah, karenanya, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara membuat jebakan tikus yang mudah dan murah serta bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Yuk disimak bersama-sama.

Cara Membuat Jebakan Tikus dengan Mudah

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat sejumlah cara membuat jebakan tikus yang bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah tanpa membutuhkan peralatan yang rumit, yaitu adalah sebagaimana berikut ini:

1. Cara Membuat Jebakan Tikus dengan Kertas

Cara membuat jebakan tikus yang pertama adalah dengan menggunakan kertas. Dengan menggunakan bahan yang sangat sederhana, cara membuatnya pun juga sangatlah mudah. Pertama, kamu harus mempersiapkan bahan yang dibutuhkan, yaitu kertas bekas yang sudah tidak terpakai, selotip, dan umpan tikus, seperti jagung, beras, atau keju.

Setelah itu, bentuklah kertas menjadi setengah lingkaran, dan berikan selotip di bagian pangkal kertas tersebut. Lalu siapkan pula tempat sampah yang pada nantinya akan digunakan untuk menampung tikus yang terjatuh ke dalamnya. Letakkan kertas yang telah diselotip tadi di ujung meja beserta tempat sampah di bawahnya meja.

Masukkan umpan tikus di ujung kertas, sehingga pada saat si tikus masuk ke dalam kertas tersebut untuk mengambil umpan, ia akan terjatuh ke dalam tempat sampah karena berat tubuhnya sendiri.

2. Cara Membuat Jebakan Tikus dengan Botol Bekas

Selanjutnya adalah dengan menggunakan botol bekas. Dari namanya kamu pastinya sudah bisa mengetahui bahwa cara satu ini tidak memerlukan peralatan yang rumit. Beberapa peralatan yang dibutuhkan yaitu satu botol plastik bekas, tusuk sate, karet gelang, tali, dan pengait kertas.

Sementara itu untuk cara membuat jebakan tikus menggunakan botol bekas adalah pertama, potong badan botol plastik berukuran 1 liter di bagian atas. Setelah itu, buat lubang dengan diameter kecil atau setidaknya seukuran tusuk sate. Kemudian, masukkan tusuk sate ke dalam lubang tersebut dan pasangkan karet gelang di kedua sisi.

(Baca Juga: 10 Tanaman Pengusir Tikus)

Lalu, buatlah lubang di bagian belakang botol yang akan dijadikan sebagai pengait untuk meletakkan umpan. Pasang tali di sepanjang botol, yang mana satu tali akan dipasangkan ke tutup botol, sementara satunya lagi akan dikaitkan di umpan.

Jadi, sistemnya adalah ketika sang tikus masuk ke dalam botol untuk mengambil umpan, maka kamu hanya perlu melepas tali yang terkait di tutup botol sehingga botol akan tertutup secara otomatis dan tikus akan terjebak di dalamnya tanpa bisa keluar. Cukup sederhana, bukan?

3. Cara Membuat Jebakan Tikus dengan Lem

Saat ini, lem tikus sudah bisa kamu temukan di berbagai minimarket dan supermarket terdekat dengan harga yang tidak terlalu mahal. Selain itu, jebakan tikus satu ini juga dikenal sangat ampuh. Untuk membuatnya, kamu hanya memerlukan lem tikus yang dibeli di toko, selembar kardus atau kertas yang cukup tebal, dan umpan tikus.

Kemudian, letakkan umpan tikus tepat di tengah kardus yang mana juga turut disertai dengan lem tikus disekitarnya atau di tempat-tempat yang setidaknya akan disambangi oleh tikus. Jadi pada nantinya, tikus yang terkena lem tidak dapat bergerak dan akan terperangkap karena lem yang begitu kuat.

4. Cara Membuat Jebakan Tikus dengan Tutup Kipas Angin

Jika kamu memiliki kipas angin yang sudah rusak, janganlah langsung membuangnya begitu saja. Karena, tutup kipas angin nyatanya bisa dimanfaatkan sebagai jebakan tikus yang cukup ampuh. Cara membuatnya juga sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyangga tutup kipas angin menggunakan suatu barang yang cukup tinggi.

Kemudian, letakan umpan di tengah-tengah tutup kisap angin yang telah tersangga tersebut. Nah, ketika tikus masuk untuk mengambil umpan, kamu menarik penyangga kipas angin sehingga hewan kecil tersebut terjebak di dalamnya.

5. Cara Membuat Jebakan Tikus dengan Tempat Makan

Cara satu ini tak jauh berbeda dengan menggunakan tutup kipas angin. Kamu hanya perlu mempersiapkan sebuah tempat makan, sebaiknya menggunakan bahan yang licin seperti kaca atau plastik. Setelah itu, sangga tempat makan dengan barang yang cukup tinggi dan kuat dan letakkan umpan yang dapat menarik perhatian tikus, sehingga mereka tergoda untuk masuk ke dalam perangkap.

Biasanya, tikus menyukai makanan seperti daging, keju, selai kacang, dan sosis. Nah, ketika sang tikus masuk untuk mengambil umpan, maka kamu hanya perlu menarik penyangga sehingga tikus tersebut terperangkap di dalam tempat makan.

6. Cara Membuat Jebakan Tikus dengan Kotak Sepatu

Jika kamu memiliki kotak bekas sepatu yang tidak digunakan, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat jebakan tikus dengan cukup sederhana. Kamu hanya perlu membuat lubang di bagian atas tutup kotak sepatu dengan ukuran kurang lebih 10 cm x 10 cm. Pada nantinya, lubang tersebut akan dijadikan sebagai “pintu masuk” si tikus.

Setelah itu, pasanglah dua lembar kertas untuk menutupi lubang yang baru saja dibuat tadi dengan bentuk menyerupai dua pintu model kupu-kupu tarung yang dapat terbuka dan tertutup secara otomatis. Sedangkan untuk menarik perhatian sang tikus untuk datang, kamu bisa meletakkan makanan atau remah-remah di atas “pintu masuk” yang terbuat dari kertas tadi.

Karena bentuk kertas yang sangat ringan dan ringkih, maka ketika tikus menginjakan kaki di atas kertas tersebut untuk mengambil umpan, ia bisa segera terjun ke bawah dan terjebak di dalam kota sepatu. Bentuk kota sepatu yang cukup besar setidaknya bisa kamu gunakan untuk menangkap lebih dari satu tikus lho.

7. Cara Membuat Jebakan Tikus dengan Bambu

Dengan menggunakan bambu, kamu bahkan bisa menciptakan jebakan tikus yang lebih ramah lingkungan sekaligus ampuh. Peralatan yang dibutuhkan pun cenderung tak terlalu sulit untuk ditemukan lho. Kamu hanya perlu mempersiapkan 2 buah bambu, tempurung kelapa, lem super, tali atau kawat, gergaji, pisau atau besi runcing, dan pensil.

Sementara itu, cara membuatnya adalah dengan memotong salah satu bambu secukupnya dengan menggunakan gergaji. Kemudian, potong tempurung kelapa dengan gergaji sesuai besaran lubang bambu yang kamu gunakan. Lalu, buatlah lubang pada bambu dan tempurung kelapa yang pada nantinya akan digunakan sebagai katup atau lidah.

Kemudian, ikat tempurung kelapa di bambu dengan menggunakan kawat atau tali, dan pasang juga tempurung kelapa yang masih utuh setelah dibelah dua sehingga akan berbentuk seperti cotong. Kemudian, lem pada bambu.

(Baca Juga: Feng Shui Cara Menata Rumah di Tahun Tikus Logam)

Jangan lupa untuk meletakkan umpan untuk menarik tikus. Pada nantinya, perangkap tikus ini bisa turut mengundang lebih dari 1 tikus, sepanjang bambu yang disediakan. Cukup mudah, bukan?

Jadi, itulah beberapa cara membuat jebakan tikus yang murah dan mudah, sehingga bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Tahukah kamu? Tikus yang dibiarkan masuk ke dalam rumah, justru bisa mengundang begitu banyak penyakit dan virus lho.

Tentu saja hal tersebut, juga bisa menimbulkan datangnya masalah kesehatan yang tak diinginkan bagi penghuni rumah. Oleh karena itu, untuk tetap bisa melindungi keluarga dari masalah finansial dan kesehatan, asuransi kesehatan menjadi satu hal yang perlu dimiliki.

Terlebih lagi ketika belum berakhirnya pandemi Covid-19 yang masih terjadi di tengah masyarakat. Maka dari itu, bagi kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, yuk segera ajukan saja di CekAja.com.

Dengan syarat yang mudah dan proses pengajuan yang begitu cepat, kamu bahkan bisa mengajukan asuransi dimanapun dan kapanpun, karena sepenuhnya dapat dilakukan secara online.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.