7 Fakta Tanaman Hias Janda Bolong, Harganya Bisa Mencapai Puluhan Juta!

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Fakta tanaman hias janda bolong, ternyata jenis tanaman ini merupakan salah satu yang termahal lho. Pasalnya, membeli satu tanaman ini bisa setara dengan membeli 1 unit mobil!

Di tengah pandemi seperti saat ini, setiap orang memang dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, guna mencegah terjadinya penyebaran virus yang semakin meluas.

Akibatnya, banyak kalangan masyarakat yang tanpa disadari justru mencari dan menemukan hobi baru, yang mungkin tidak mereka kira sebelumnya.

Nah, salah satu hobi yang sedang banyak digandrungi adalah, mengoleksi tanaman hias. Akan tetapi, berbeda dengan jenis tanaman hias lainnya yang umumnya hanya dibanderol seharga puluhan hingga ratusan ribu saja, tanaman hias janda bolong justru katanya hanya bisa dimiliki oleh segelintir orang saja. Mengapa demikian?

(Baca Juga: 10 Tanaman Hias Paling Populer)

Karena, harga Janda Bolong dikabarkan bisa mencapai ratusan juta rupiah! Itulah yang juga menjadi alasan tanaman hias satu ini dijuluki sebagai ‘tanaman sultan’ dan menjadi primadona incaran kolektor tanaman hias di dunia.

Apakah kamu termasuk yang gemar dengan tanaman hias dan berniat untuk memiliki tanaman Janda Bolong sebagai salah satu koleksimu?

Jika jawabannya iya, kamu juga perlu mengetahui beberapa fakta tanaman hias Janda bolong yang akan kita bahas di dalam kesempatan kali ini.

Fakta Tanaman Hias Janda Bolong

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta tanaman hias Janda bolong yang sepertinya menarik untuk diketahui, yaitu adalah:

1. Asal Nama ‘Janda Bolong’

Tanaman hias yang memiliki nama ilmiah Monstera Adansonii Variegated ini merupakan salah satu tanaman tropis yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah serta termasuk ke dalam keluarga tumbuhan Araceae atau talas-talasan.

Tanaman yang juga dikenal sebagai Swiss Cheese Plant ini memiliki bentuk daun yang oval dengan lubang yang terdapat di seluruh daunnya.

Karena merupakan tanaman tropis, maka tak heran apabila kamu juga bisa menemukan tanaman ini di Indonesia.

Sementara itu, di Indonesia itu sendiri, tanaman Monstera justru diberi nama Janda Bolong, yaitu karena lubang-lubang yang terdapat di daunnya tersebut.

2. Daya Tarik Janda Bolong

Fakta tanaman hias Janda Bolong selanjutnya adalah dari daya tariknya. Pertama, warna daun yang tampak mewah membuat banyak orang menyukai tanaman ini.

Tak hanya itu, kilapan yang dipancarkan dari sang daun juga dianggap mampu memberikan atmosfer kesejukan hutan tropis ke dalam ruangan.

Itulah mengapa banyak orang memilih Janda Bolong sebagai sentuhan tambahan dalam mempercantik ruangan rumah mereka.

Selanjutnya, Janda Bolong juga dipilih karena cara perawatannya yang tidak terlalu sulit, tahan dengan serangan hama maupun penyakit dari tumbuhan lainnya.

3. Terdapat 45 Jenis

Perlu diketahui bahwa ternyata, para ahli botani mencatat terdapat 45 jenis tanaman hias Monstera ini lho.

Akan tetapi jika dilihat secara keseluruhan, salah satu jenis tanaman yang paling populer adalah Monstera Deliciosa, yang juga dinobatkan sebagai salah satu tanaman hias termahal.

Selain itu, ada pula jenis Monstera Adansonii dengan ukuran yang lebih kecil dan Monstera Obliqua yang memiliki daun dengan lubang yang lebih besar.

4. Mampu Memperbaiki Kualitas Udara

Fakta tanaman hias Janda Bolong selanjutnya adalah, ternyata selain untuk mempercantik ruangan, tanaman ini juga memiliki manfaat lain lho.

Tanaman Janda Bolong nyatanya juga dinilai sangat efektif dalam membersihkan hingga menurunkan polusi udara yang ada di dalam rumah.

Dilansir dari situs akurat.co, kegunaannya satu ini bahkan juga sudah dibuktikan dan diteliti oleh NASA pada tahun 1980-an, ketika mereka melakukan penelitian terkait tanaman yang bermanfaat untuk membersihkan udara.

5. Sifat yang Unik

Sifatnya yang unik juga merupakan salah satu fakta tanaman hias Janda Bolong. Pasalnya, tanaman Monstera ini di dalam habitat aslinya justru merupakan tumbuhan pemanjat inangnya.

Dengan kata lain, tanaman ini memiliki sifat hemifit atau sebagian epifit, yaitu ketika mereka menumpang hidup dulu kepada inangnya seperti halnya epifit lain.

Setelah itu, Janda Bolong akan menumbuhkan akar gantung, dimana apabila akar gantungnya berhasil mencapai tanah, maka ia akan mengambil nutrisi dari tanah tersebut.

Tak hanya itu, fakta tanaman hias Janda Bolong lainnya adalah sifatnya yang mampu memanjat dan membelit pohon hingga mencapai ketinggian 20 meter.

Sehingga, jika kamu tertarik untuk membeli tanaman hias ini, ada baiknya kamu juga menyiapkan tiang, agar pada nantinya tanaman bisa memanjat dan membuat ruangan menjadi tampak lebih indah.

6. Perawatan

Seperti yang telah sedikit kita bahas sebelumnya, salah satu fakta tanaman hias Janda Bolong yaitu perawatannya yang cenderung cukup mudah.

Tanaman ini menyukai lokasi yang terang dan terlindungi dari cahaya sinar matahari langsung. Sebab, apabila terlalu banyak diberi sinar matahari langsung, daunnya akan menguning.

Sementara itu, apabila dibiarkan di lokasi yang terlalu gelap, tanaman justru akan menunjukan yang disebut sebagai fototropisme negatif, yaitu ketika daun yang baru tumbuh justru lebih menuju ke kegelapan, dan bukan ke arah sumber cahaya.

Tak hanya itu, fakta tanaman hias Janda Bolong selanjutnya adalah kebutuhannya akan air. Dikarenakan daunnya yang lebar, maka tanaman ini tidak memerlukan terlalu banyak air.

Kamu hanya perlu mengecek tanah pada potnya saja. Apabila tanah sudah tidak basah, maka kamu baru bisa menyiramnya kembali.

Selain itu, jenis tanaman ini juga dapat tumbuh pada suhu normal dalam ruangan maupun halaman pada iklim tropis, seperti Indonesia.

7. Harganya yang Fantastis

Fakta tanaman hias Janda Bolong yang terakhir akan kita bahas adalah terkait harganya, yang mungkin sedikit terasa tidak masuk akal untuk ukuran tanaman hias.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa terdapat setidaknya 45 jenis tanaman Janda Bolong yang ada.

Nah, diantara berbagai jenisnya tersebut, setidaknya ada tiga jenis tanaman Janda Bolong yang memiliki harga fantastis, namun juga sangat cocok apabila dijadikan sebagai investasi.

Untuk jenis tanaman Monstera Obliqua, harga yang bisa kamu temukan di pasaran berkisar di angka Rp25 juta – Rp30 juta untuk per lembar daunnya.

Sedangkan harga per lembar daun dari Monstera Albo Variegata bisa kamu dapatkan senilai Rp30 juta – Rp50 juta.

Sementara jenis terakhir ada Monstera Mint dan Deliciosa yang per lembar daunnya dihargai senilai Rp50 juta.

(Baca Juga: 16 Tanaman Hias Tahan Panas)

Jadi, itulah beberapa fakta tanaman hias Janda Bolong yang perlu diketahui. Selain dijadikan sebagai dekorasi ruangan agar terlihat cantik dan elegan, nyatanya tanaman hias Janda Bolong juga dinilai cocok untuk dijadikan sebagai investasi lho.

Sehingga, meskipun kamu diharuskan mengeluarkan uang yang besar, membeli jenis tanaman hias ini tidak akan berakhir sia-sia.

Nah, agar membeli tanaman hias yang kamu inginkan bisa lebih menjadi lebih hemat, jangan lupa untuk gunakan saja kartu kredit.

Sebab, saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis kartu kredit yang menawarkan berbagai promo dan diskon menarik lho, untuk menekan pengeluaran kamu ketika berbelanja.

Belum memiliki kartu kredit? Segera ajukan saja di CekAja.com. Selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, seluruh proses pengajuan juga sepenuhnya dilakukan secara online.

Jadi, kamu tak perlu repot lagi meluangkan waktu untuk ke luar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit di CekAja.com dan wujudkan keinginanmu untuk membeli tanaman hias yang impikan.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha