Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Kesalahan Sepele Penyebab Kamu Tidak Pernah Dipanggil Interview Kerja

by Rafly Aditia on 9 Agustus, 2016

fresh graduate - CekAja.com

Kalau sampai sekarang kamu masih menganggur, padahal sudah sering mengirim lamaran ke banyak perusahaan, bisa jadi ada kesalahan serius pada surat lamaran dan CV yang kamu sertakan.

Mau tahu apa saja penyebabnya? Agar kamu sukses dalam karier, langsung saja simak 7 alasan yang sering membuat orang tidak lolos seleksi berkas saat melamar pekerjaan:

Salah penamaan file

Tidak sedikit job seeker yang melakukan hal ini tanpa disadari. Salah penamaan file bisa berdampak besar pada surat lamaranmu. Mulai dari sekarang, cobalah untuk lebih teliti lagi dan jangan sampai salah dalam menamakan file yang dikirimkan ke perusahaan. (Baca juga: Fresh Graduate, Ini Tip Jitu Dapatkan Pekerjaan Lebih Cepat)

Nama email kamu alay

Biasakan bersikap profesional sejak awal bergabung dengan sebuah perusahaan, bahkan saat mengajukan lamaran. Sebaiknya gunakan email dengan nama asli saat melamar kerja. Misalnya, gunakan email Budi.prastyo@gmail.com jauh lebih baik dibandingkan dengan Bud1Prz@gmail.com dan sejenisnya. Bagian rekrutmen pasti malas mengecek CV dari email-email dengan nama yang alay seperti itu.

Data dan fakta tidak sesuai

Hindari juga poin yang satu ini. Jangan sampai saat perusahaan sudah tertarik, bagian rekrutmen kemudian menemukan data dan keterangan yang tidak sesuai. Misalnya kamu mengaku bekerja di perusahaan x selama dua tahun. Namun, setelah dicek kamu hanya pernah bekerja di tempat tersebut selama 6 bulan saja.

Kalau sudah begini kamu hanya akan masuk dalam daftar Blacklist perusahaan. Malahan kamu jadi tambah sulit untuk cari kerja.

CV kurang update

Jangan pernah mengirimkan CV yang belum diupdate. Kalau perlu, selalui perbarui CV mu setiap beberapa bulan sekali meski kamu tidak sedang berencana mencari pekerjaan baru. Sehingga nantinya saat melamar kerja baru, bagian rekrutmen akan tertarik merekrutmu.

Banyak Typo dan Grammar Errors

Hal kecil yang sangat berpengaruh, sedikit saja Typo bisa membuat kamu terlihat kurang teliti. Tentunya hal tersebut bakal jadi poin minus dan bisa jadi salah satu penyebab kamu belum juga dipanggil interview hingga sekarang.

Sementara untuk surat dan CV yang menggunakan bahasa Inggris, lakukanlah pengecekan grammar berulang-ulang. Karena kesalahan grammar merupakan salah satu hal fatal apalagi jika hal tersebut sangat berkaitan dengan pekerjaanmu.

Lupa mencantumkan info kontak

CV yang dikirimkan sudah sangat baik, portofolio menarik, dan perusahaan ingin segera melakukan panggilan interview. Tapi, semua percuma kalau info kontak terutama nomor Handphone yang bisa dihubungi tidak dicantumkan. Kalau sudah begini, pasti langsung dilewatkan saja oleh perusahaan. (Baca juga: 10 Kerja Part Time Pilihan Jika Kuliah di Luar Negeri)

Tidak mengirimkan file yang dibutuhkan

Apabila perusahaan mencantumkan keterangan untuk melampirkan beberapa file tertentu sebagai prasyarat, jangan pernah lupa untuk menyertakannya. Kalau kamu tidak mengirimkan file yang dibutuhkan, entah itu scan KTP, ijazah, atau sertifikat toefl, jangan berharap kamu akan dipanggil untuk interview.

 

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.