Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

7 Pertanda Gaji Bulanan Tidak Bisa Menutupi Kebutuhan

by Rafly Aditia on 3 Juli, 2017

tips atur uang _ investasi - CekAja.com

Selalu merasa gaji cepat habis meski baru tengah bulan? Itu tandanya sedang mengalami masalah finansial. Ada beberapa kemungkinan yang jadi penyebabnya.

Penyebabnya bisa jadi karena gaya hidup yang terlalu mewah atau memang gaji yang dimiliki terbilang kecil. Untuk mengetahui bahwa gaji yang dimiliki tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, coba ketahui tanda-tandanya berikut ini:

Gaji cuma numpang lewat

Padahal sudah merasa senang saat tanggal gajian tiba, tetapi baru 2 minggu saja sudah merasa kehabisan uang karena harus bayar tagihan dan lainnya. Kalau gaji habis di tengah bulan dan tidak dapat mencukupi kebutuhan harian seperti makan tiga hari sekali, tandanya kita mendapatkan gaji kecil.

Sulit bayar tagihan

Salah satu pertanda bahwa kalian sedang mengalami krisis finansial adalah ketika mengalami dilema dalam membayar tagihan. Dengan uang yang seadanya sementara ada banyak tagihan yang harus dibayarkan sehingga bingung mana yang harus dibayar terlebih dahulu.

(Baca: 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Penghasilan Menurun Tajam)

Di sinilah momen yang harus disadari, karena ini merupakan pertanda bahwa gaji bulanan yang diterima tidak mencukupi kebutuhan.

Tidak ada sisa di akhir bulan

Kalau setiap bulan tidak ada uang yang tersisa dari gaji, maka dapat dipastikan bahwa gaji yang didapatkan jauh dari kata cukup. Apalagi kalau sampai-sampai setiap bulan kalian harus utang hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, lebih baik coba cari pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi dari saat ini.

Kartu kredit jadi uang tambahan

Salah satu tanda kalau kamu punya masalah dalam pemasukan adalah masih menganggap kartu kredit adalah uang tambahan. Karena hal ini, kerap kali orang membayar setiap pengeluaran dengan kartu kredit.

Jelas sekali bahwa sebenarnya, cara ini tidak menyelesaikan masalah dan malah memunculkan timbunan utang yang memberatkan kalian saja.

Tidak punya dana darurat

Karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sudah sangat pas-pasan, kalian tidak punya sisa uang untuk disimpan sebagai dana darurat.

Biasanya kalau sudah begini, saat ada keperluan mendadak maka langsung menggunakan kartu kredit sebagai jalan pintas. Hingga pada akhirnya, tagihan kartu kredit membengkak di akhir bulan!

Selalu khawatir tentang uang

Kalau kalian selalu memikirkan bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan, karena penghasilan saat ini tidak dapat mencukupi kebutuhan seperti sewa kos, makan tiga kali sehari, dan kebutuhan penting lainnya. Maka sesegera mungkin pindah dari pekerjaan saat ini untuk keluar dari permasalahan tersebut.

Tujuan finansial tidak tercapai

Tentunya dalam hidup kalian menginginkan perkembangan, terutama dalam hal finansial. Pasti tidak mau kan hidup hanya untuk bayar cicilan saja setiap bulannya, sementara tabungan tidak bertambah.

Terutama jika kalian sudah bertahun-tahun kerja dan banyak tujuan finansial yang tidak tercapai, cobalah evaluasi diri dan cari pekerjaan lain yang lebih baik lagi.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.