8 Cara Mengatasi Anak Susah Makan yang Perlu Diketahui Orang Tua

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Cara mengatasi anak susah makan, sepertinya memang perlu diketahui oleh setiap orang tua. Sebab, hal ini menjadi salah satu hal yang umum terjadi.

Anak yang kerap tak mau makan, seringkali menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh para orang tua.

Padahal, menjaga asupan gizi anak dikala pertumbuhan sangatlah penting dan wajib dipenuhi dengan baik.

Pada umumnya, fase anak susah makan ini terjadi ketika buah hati memasuki fase balita, ketika mereka sudah sepenuhnya terlepas dari ASI dan mulai rutin mengkonsumsi makanan padat.

Karenanya, tak sedikit pula orang tua yang kewalahan dan kebingungan mencari cara mengatasi anak susah makan.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Tantrum)

Ketika si kecil melakukan penolakan untuk melahap makanan yang dihidangkan, maka orang tua pun khawatir apabila sang anak akan kekurangan nutrisi akibat pilih-pilih makanan ini, sehingga hal ini bisa membuat aktivitas makan pun menjadi kurang menyenangkan.

Oleh karenanya, jangan biarkan masalah berlarut dan mulailah cari strategi dan cara agar buah hati bisa menerima makanan yang dihidangkan. Lalu, bagaimana sih caranya?

Penyebab Anak Susah Makan

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi anak susah makan, mungkin setiap orang tua juga perlu mengetahui tentang penyebab dari anak susah makan itu.

Pada dasarnya, penyebab anak susah makan sangatlah beragam, bisa dari aroma, bentuk, tekstur, tampilan, hingga rasa makanan yang masih baru bagi mereka.

Selain itu, bisa juga karena kondisi mereka yang belum diketahui oleh orang tua, seperti anak yang sedang mengalami infeksi bakteri atau virus, sembelit, intoleransi makanan, hingga adanya gangguan ginjal dan hati.

Oleh karena itu, sebelum kamu melakukan beberapa cara mengatasi anak susah makan, yang akan kita bahas kali ini. Ada baiknya, jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang hal-hal, yang menjadi penyebab anak susah makan, yaitu dengan cara menanyakan langsung kepada sang anak tentang hal yang mereka rasakan.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Biasanya, cara mengatasi agar anak tidak susah makan juga perlu disesuaikan dengan karakteristik dari sang anak itu sendiri.

Maka dari itu, agar kamu bisa mengetahui tentang karakteristik buah hati, cobalah untuk berbicara ke mereka secara perlahan dan buatlah diri mereka merasa nyaman.

Tanyakan apa keluhan yang sedang mereka rasakan sembari mencari tahu sekiranya jenis makanan apakah yang mereka sukai dan yang tidak mereka sukai.

Secara umum, beberapa cara mengatasi anak susah makan yang bisa dilakukan oleh setiap orang tua adalah:

1. Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Tidak Memaksa

Pertama, jangan pernah memaksa anak untuk melahap makanan yang dihidangkan. Sebab, hal ini bisa membuat anak merasa tertekan dan terpaksa.

Disisi lain, cobalah untuk bersikap tenang dan jangan memaksa nya. Kamu bisa menanyakan kepada mereka alasan tidak mau makan.

Setelah itu, coba tawarkan alternatif lain yang sekiranya lebih mereka sukai. Perlu diingat pula bahwa ketika kamu memaksa anak untuk memakan sesuatu yang tidak mereka sukai, justru akan meninggalkan kesan buruk di pikiran mereka, dan inilah yang wajib dihindari oleh setiap orang tua.

2. Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Memberikan Porsi Kecil

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah dengan memberikan makanan dalam jumlah kecil namun dengan intensitas yang cukup sering.

Dilansir hellosehat.com dari situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), menganjurkan untuk memberi jarak minimal tiga jam sebelum masuk ke waktu makan selanjutnya.

Dengan begitu, anak akan lebih merasakan kapan lapar dan kapan kenyang. Selain itu, cara ini juga bisa membuat porsi makannya terasa lebih pas ketika waktu makan tiba.

Apabila kamu menerapkan secara teratur, maka setidaknya bisa sedikit membantu mengatur jadwal makan anak sekaligus membuat masalah susah makan bisa teratasi secara perlahan.

3. Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Memvariasikan Menu

Umumnya, anak akan lebih cepat bosan, termasuk dalam hal makanan, terutama dari bentuknya. Sehingga, di sini Anda sebagai orang tua harus paham, dengan kondisi ini.

Orang tua mungkin bisa melakukan berbagai cara, salah satunya seperti memvariasikan menu makanan, yang dihidangkan. Sebagai contoh, mengkombinasikan hidangan rasa gurih dan manis pada lauk.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan sedikit kreativitas pada hidangan yang membuat anak tertarik. Biasanya, anak akan lebih mudah tertarik pada sesuatu yang terlihat berwarna maupun bentuk yang mereka kenali.

Kamu bisa menata nasi dalam bentuk hewan yang mereka sukai atau memotong wortel dalam bentuk bintang yang cantik.

Dengan begitu, si kecil akan menganggap makan sebagai aktivitas yang menyenangkan dan kedepannya mereka akan menanti dan penasaran dengan hidangan seperti apa yang akan disajikan.

4. Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Menyajikan Makanan Favorite

Ketika anak tidak mau makan dengan alasan berbagai hal, maka kamu bisa memancing kembali nafsu makan mereka dengan menghidangkan makanan yang mereka sukai.

Jangan lupa juga untuk mencampurkan makanan favorite mereka dengan jenis makanan lainnya, agar asupan nutrisi tetap terjaga dan lebih beragam.

5. Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Menyediakan Alat Makan Khusus

Meningkatkan nafsu makan anak nyatanya tak hanya melalui hidangan yang disajikan saja lho. Kamu juga bisa menyiasatinya dengan menyediakan alat makan khusus miliknya.

Ajak si kecil untuk membeli peralatan makan yang mereka sukai, mulai dari sendok, garpu, piring, mangkok, hingga gelas.

Sebab, dengan memiliki alat makan yang terdapat karakter favorite atau warna yang digemari, anak bisa menjadi lebih bersemangat ketika sudah waktunya makan.

6. Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Membuat Acara Menarik

Banyak sekali kegiatan-kegiatan seru yang bisa melibatkan aktivitas makan, seperti bermain masak-masakan atau melibatkan anak untuk mempersiapkan makan bersama.

Selain menyenangkan, aktivitas ini juga ternyata bisa membantu dalam memperkenalkan dunia makan pada buah hati lho.

Sekali-kali, ajaklah anak untuk berbelanja bahan-bahan dan biarkan mereka memilih makanan yang diinginkan.

Setelah itu, ajak mereka ke dapur dan membantu kamu dalam mempersiapkan makanan di meja. Dengan begitu, hal ini bisa mendorong perkembangan positif dari perilaku makan anak.

Tak hanya itu, cara satu ini juga secara tidak langsung bisa membantu dalam memperkenalkan anak pada jenis-jenis makanan baru yang sekiranya bisa membuat mereka tertarik untuk mencoba.

7. Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Membangun Suasana yang Nyaman

Jangan pernah membuat aktivitas makan menjadi hal yang ditakuti oleh anak. Sebaliknya, cobalah untuk selalu membangun suasana yang nyaman di meja makan.

Sebagai contoh, undanglah teman-temannya untuk makan bersama. Sebab, anak biasanya akan merasa lebih nyaman ketika bisa makan bersama teman-temannya.

Hal ini juga sekaligus membuat mereka jauh lebih bersemangat. Apalagi jika ada temannya yang menghabiskan makanan. Pasti anak akan merasa termotivasi untuk turut menghabiskan makanannya.

Selain itu, jauhkan pula televisi, hewan peliharaan, hingga mainan di meja makan, agar anak bisa lebih berkonsentrasi.

Selain itu, biarkan pula anak untuk mengambil makanan dengan tangan mereka sendiri dan jangan pernah memarahi atau memaksa anak, karena hal ini justru bisa membuat nafsu makan menjadi hilang.

8. Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Menjadi Panutan yang Baik

Biasanya, perilaku anak akan bergantung pada perilaku orang tua. Bahkan, dapat dikatakan bahwa anak merupakan peniru yang cukup andal terhadap tindakan orang-orang disekelilingnya.

Maka dari itu, sebelum kamu meminta anak untuk menghabiskan makanan mereka, kamu bisa memulainya dengan memberikan contoh yang baik.

Misalkan, kamu mengajak anak untuk duduk bersama di meja makan dan berikanlah makanan yang sama dengan anggota keluarga lainnya.

Jadi, ketika sang anak merasa ragu untuk mencicipi makanan yang dirasa masih asing, kamu bisa sekaligus menunjukan ke mereka bahwa makanan tersebut tidak kalah lezat dengan makanan yang mereka gemari.

Terkadang, ada pula orang tua yang juga memiliki kebiasaan untuk memilah makanan. Nah, kebiasaan satu ini juga tak jarang ikut ditiru oleh anak. Maka dari itu, sebisa mungkin kamu hindari kebiasaan ini di hadapan anak.

Penuhi Nutrisi Anak dengan Kartu Kredit

Agar bisa menyediakan makanan yang beragam dan nutrisi yang cukup untuk anak, kamu tentunya perlu berbelanja setidaknya sebulan sekali untuk membeli bahan-bahan makanan yang dibutuhkan.

Nah, salah satu cara yang bisa membuat anggaran belanja bulanan menjadi lebih hemat, yaitu dengan menggunakan kartu kredit.

(Baca Juga: Kesalahan Mendidik Anak yang Perlu Dihindari)

Sebab, saat ini sudah banyak sekali kartu kredit yang menawarkan berbagai promo dan diskon menarik untuk kamu yang gemar berbelanja di supermarket.

Tentu akan jauh menyenangkan apabila kamu bisa menekan anggaran belanja sekaligus memenuhi nutrisi anak, bukan?

Maka dari itu, yuk segera ajukan kartu kredit terbaikmu hanya di CekAja.com. Lalu, bagaimana jika masih bingung dalam memilih kartu kredit? Janganlah khawatir!

Karena, CekAja.com memiliki fitur perbandingan yang tentunya mempermudah kamu dalam memilih kartu kredit yang dibutuhkan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit pilihanmu hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha