8 Merk Roll Film Kamera Terbaik untuk Kamera Analog

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Bagi kamu yang tertarik dengan kamera analog, maka merk roll film kamera terbaik yang akan kita bahas kali ini perlu diketahui.

Sama halnya dengan memory card pada kamera digital, roll film pada kamera analog juga berfungsi untuk menyimpan dan merekam foto-foto yang telah kita potret.

Sebagian orang mengatakan bahwa terdapat makna yang tidak bisa didapatkan dengan menggunakan perangkat digital, namun justru bisa dihasilkan dengan menggunakan perangkat kamera analog.

(Baca Juga: Tips Fotografi untuk Pemula)

Dikarenakan hal itulah, di tengah perkembangan teknologi seperti saat ini, sudah mulai banyak orang yang berinvestasi dengan kamera analog.

Akan tetapi, selain memerlukan kamera yang bagus, memilih merk roll film kamera terbaik juga tak boleh dilupakan.

Sebab, dari roll film inilah kualitas pada hasil foto bisa ditentukan. Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa merk roll film kamera terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Jenis-jenis Roll Film

Sebelum kita membahas tentang beberapa merk roll film kamera terbaik, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis roll film yang ada, agar bisa mempermudah kamu dalam memilih roll film yang sesuai dengan kebutuhan.

Dilansir dari keeindonesia.com, berikut beberapa jenis roll film yang ada saat ini, yaitu adalah sebagaimana berikut ini:

  • Roll Film Black and White

Jenis roll film yang pertama adalah film black and white (BW), yang biasanya juga terdapat grain pada hasil fotonya.

Di dalam proses cetak foto, jenis roll film BW dapat dikatakan merupakan salah satu jenis yang paling mudah dicetak, karena cairan developer dan bahan-bahan lain yang dibutuhkan bisa dicari dengan cukup mudah.

Sesuai dengan namanya, setiap foto yang dicetak menggunakan roll film ini, maka akan berwarna hitam putih layaknya foto lama.

Harganya itu sendiri bisa kamu dapatkan berkisar dari Rp50.000 – Rp110.000 untuk satu rollnya.

  • Roll Film Color

Selanjutnya ada roll film color. Kebalikan dari jenis BW, roll film satu ini justru akan menghasilkan foto dengan warna yang unik dan khas.

Bahkan, ada sebagian orang yang mengatakan bahwa sejumlah filter yang terdapat di aplikasi VSCO atau Instagram terinspirasi dari roll film warna ini lho.

Tetapi, proses cetaknya cenderung lebih ribet. Kamu perlu pergi ke lab khusus, karena proses pencetakan membutuhkan mesin dan cairan yang dipakai cairan kimia jenis C41.

Harganya yang dibanderol pun juga lebih mahal dibandingkan roll film BW, yaitu berkisar mulai dari Rp50.000 – Rp195.000.

  • Roll Film Slide

Jenis roll film yang terakhir adalah roll film slide. Hampir mirip dengan jenis color, foto yang dihasilkan dari roll film ini juga akan berwarna.

Akan tetapi, yang membedakan adalah hasil foto setelah dicuci, karena gambarnya yang muncul di klise foto bisa langsung terlihat tanpa perlu melalui proses scan atau invert terlebih dahulu.

Cairan yang digunakan untuk mencetak foto adalah cairan kimia E6. Kamu juga bisa mencucinya dengan cairan C41, tetapi klisenya akan sama seperti film warna pada umumnya,

Merk Roll Film Kamera Terbaik

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa merk roll film kamera terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu adalah:

1. Kodak Color Plus 200

Merk roll film kamera terbaik yang akan kita bahas pertama adalah Kodak Color Plus 200 yang seringkali menjadi pilihan bagi para pemula.

Selain harganya yang relatif murah dan mudah untuk dicari dipasaran, roll film satu ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas baik lho, yaitu foto dengan tone warna yang warm atau kekuning-kuningan, sangat cocok digunakan pada saat ingin mengambil foto bersama matahari pagi atau sore hari.

2. Kodak Portra 400

Merk roll film kamera terbaik selanjutnya adalah Kodak Portra 400, yang banyak diminati oleh para fotografer kamera analog karena dinilai mampu memberikan kualitas foto yang spesifik dan sempurna.

Selain itu, roll film kamera ini juga bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk kamu yang ingin menambahkan efek pada foto yang dihasilkan, seperti menambahkan tekstur bintik halus pada foto, menampilkan warna yang cantik, serta latitude yang mengesankan.

Bahkan, ketika kamu tanpa sengaja mengalami underexpose atau overexpose, merk roll film kamera terbaik satu ini dapat mengatasinya, yaitu dengan tetap memberikan hasil foto yang sangat memuaskan.

3. Kodak Gold 200

Salah satu alasan yang membuat Kodak Gold 200 layak dimasukkan ke dalam jajaran merk roll film kamera terbaik adalah, produknya yang mudah didapatkan, terutama di pasaran Indonesia.

Tak hanya itu, harganya yang relatif murah, yaitu berkisar mulai dari Rp60 ribuan saja, roll film ini bisa memberikan hasil kuning keemasan dengan ketajaman warna yang sangat baik.

Sangat cocok dijadikan pilihan untuk kamu yang gemar memotret pemandangan jalan atau aktivitas masyarakat sekitar, karena hasilnya yang bisa menampilkan foto terkesan lebih hidup.

4. Kodak T-Max 400

Merk roll film kamera terbaik selanjutnya adalah Kodak T-Max 400, yang merupakan jenis roll film kamera black and white.

Memiliki karakteristik bintik halus dan kontras, Kodak T-Max 400 juga dinilai mampu memberikan hasil foto yang jernih dan jelas.

Jika kamu menginginkan hasil foto dengan sentuhan yang realistis, merk roll film kamera terbaik satu ini layaknya dijadikan sebagai salah satu pilihan.

5. Agfa Vista 200

Selanjutnya ada Agfa Vista 200. Namun, dikabarkan bahwa salah satu merk roll film kamera terbaik ini sudah tidak diproduksi lagi.

Akan tetapi, kamu tetap bisa mendapatkannya di Indonesia dengan harga berkisar dari Rp60 ribuan.

Memiliki ISO 200, roll film kamera satu ini mampu menghasilkan foto dengan karakter warna merah dan magenta yang lebih dominan dengan saturasi yang tinggi pula.

Apabila kamu lebih senang menghasilkan foto dengan skin tone yang lebih natural, Agha Vista 200 cocok untuk dijadikan sebagai pilihan.

6. Kodak Ektar 100

Merupakan salah satu roll film kamera dengan jenis color, hasil foto yang dihasilkan berwarna lebih cerah, terutama pada tone warna merah dan biru.

Apabila kamu senang mengambil gambar dengan tipe landscape atau arsitektur, Kodak Ektar 100 ini cocok untuk dijadikan pilihan, karena bisa memberikan hasil yang menonjol.

Akan tetapi, roll film ini tidak disarankan untuk para fotografer pemula, karena exposure yang digunakan harus spot-on. Selain itu, produk ini juga tidak dapat mengatasi underexposing dengan baik.

7. Fujicolor C200

Merk roll film kamera terbaik selanjutnya adalah Fujicolor C200, yang bisa didapatkan dengan harga berkisar mulai dari Rp60 ribu an.

Karakter warna foto yang dihasilkan bisa sangat cocok digunakan untuk foto dalam bentuk landscape, karena warna yang muncul akan lebih dominan ke warna hijau, biru, dan merah yang lembut.

Selain itu, Fujicolor C200 juga cocok digunakan untuk kamu yang gemar memotret objek manusia, karena skin tone yang dihasilkan sangat natural.

8. Fuji Industrial 100

Nah, merk roll film kamera terbaik yang akan kita bahas terakhir adalah Fuji Industrial 100 yang memiliki dua varian, yaitu 24exp dan 36exp.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp70 ribuan, karakter tone warna yang dihasilkan sangatlah natural dan lembut, sehingga sangat cocok digunakan untuk memotret foto landscape maupun portrait.

Jadi, itulah beberapa merk roll film kamera terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menggunakan kamera analog.

Walaupun sebagian besar roll film kamera dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, tentu kamu ingin bisa mendapatkan dengan harga yang lebih hemat, bukan?

(Baca Juga: 7 Situs Edit Foto Online Terbaik)

Nah, agar pengeluaran kamu bisa menjadi lebih hemat, jadikan saja kartu kredit sebagai salah satu metode pembayarannya.

Apabila belum memiliki kartu kredit, jangan lupa untuk mengajukannya hanya di CekAja.com.

Karena, melalui CekAja.com kamu akan diberikan kemudahan dengan seluruh proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online sepenuhnya.

Tak hanya itu, di CekAja.com kamu bahkan juga bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup lho.

Jadi, tak perlu pusing lagi untuk memilih kartu kredit yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan kartu kredit segera hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha