9 Buah Rendah Gula yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Buah rendah gula tentunya akan sangat baik dikonsumsi, khususnya bagi para penderita diabetes.

Pariwara

Meskipun mengandung segudang vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh, nyatanya beberapa jenis buah pun tak bisa terbebas dari kandungan gula.

Sehingga, hal tersebut terkadang bisa membuat penderita diabetes ini merasa khawatir. Selain itu, mengkonsumsi buah dengan kandungan gula yang tinggi juga berkemungkinan menggagalkan rencana diet kamu lho.

Oleh karena itu, mengetahui tentang buah rendah gula sepertinya memang diperlukan. Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa jenis buah dengan kandungan gula yang rendah dan bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

(Baca Juga: 8 Buah Tinggi Antioksidan)

Buah Rendah Gula

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa buah rendah gula yang cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes maupun kamu yang sedang menjalankan diet, yaitu adalah:

1. Lemon

Buah rendah gula yang pertama adalah lemon. Pernahkah kamu mendengar tentang infuse water?

Nah, infuse water itu sendiri merupakan air yang dicampur oleh perasan lemon, karena kandungan vitamin C nya yang tinggi.

Dikarenakan hal itu, maka banyak pakar kesehatan yang menyarankan masyarakat mulai mengkonsumsi infuse water, terutama bagi yang sedang menjalankan diet.

Jika tidak suka dengan lemon, kamu bisa menggantinya dengan perasan jeruk nipis. Selain mengandung vitamin C yang tinggi, kedua buah ini juga dikenal memiliki kadar gula yang rendah.

Minumlah air hangat yang dicampuri oleh perasan jeruk lemon setiap pagi untuk mendapatkan khasiatnya yang luar biasa.

2. Alpukat

Buah rendah gula selanjutnya adalah alpukat, yang juga bisa dijadikan sebagai snack sehat untuk kamu yang gemar ngemil.

Buah berwarna hijau ini dikenal memiliki kadar gula yang sangat rendah. Bahkan, konon katanya di dalam satu buah alpukat mentah hanya terdapat sekitar 1 gram gula saja lho.

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung beragam lemak sehat, kalium, folat, magnesium, hingga zat antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

3. Semangka

Meskipun semangka memiliki rasa yang manis menyegarkan, namun kenyataannya buah berbentuk bulat layaknya bola basket ini memiliki kandungan gula yang rendah.

Dibarengi dengan kandungan air yang hampir mencapai 90 persen, tak heran buah ini seringkali dikonsumsi pada siang hari ketika matahari sedang terik.

Selain itu, para ahli juga menyarankan untuk mengkonsumsi semangka bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, karena fungsinya yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Di dalam secangkir penuh semangka yang dipotong dadu dinilai hanya mengandung 10 gram gula saja.

4. Raspberry

Buah rendah gula selanjutnya adalah raspberry. Selain memiliki kandungan gula yang rendah, buah berwarna merah ini juga dapat mampu memenuhi kebutuhan serat dan vitamin pada tubuh lho.

Tak hanya itu, buah raspberry juga termasuk ke dalam kelompok antioksidan flavonoid yang bisa memberikan segudang manfaat bagi tubuh, mulai dari mencegah terjadinya berbagai risiko penyakit berbahaya, mengendalikan berat badan, hingga membuat kita menjadi panjang umur.

Di dalam satu cangkir buah raspberry diperkirakan mengandung sekitar 5 gram gula. Bentuknya yang kecil membuat buah dengan rasa asam manis ini sangat cocok dijadikan sebagai makanan ringan yang sehat dan lezat.

5. Kiwi

Khasiat dari buah berwarna hijau dengan rasa kecut ini memang tak perlu diragukan lagi. Selain dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, nyatanya kiwi juga memiliki kandungan gula yang rendah.

Bahkan konon katanya, di dalam satu buah kiwi utuh hanya terdapat sekitar 6 gram gula saja lho.

Tak hanya itu, buah rendah gula satu ini juga mengandung antioksidan yang bisa membantu dalam melawan infeksi dan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh.

6. Strawberry

Nah, selanjutnya ada buah strawberry yang seringkali menjadi favorit banyak orang. Meskipun memiliki rasa manis yang lezat, ternyata buah berwarna merah ini mengandung gula yang rendah.

Di dalam satu cangkir strawberry mentah dinilai hanya mengandung kurang lebih 7 gram gula saja, yang tentunya turut dilengkapi dengan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

7. Blackberry

Ternyata, memang hampir semua jenis buah dari keluarga berry termasuk ke dalam golongan buah rendah gula.

Setelah raspberry dan strawberry, selanjutnya ada blackberry yang turut melengkapi daftar. Di dalam satu cangkir buah blackberry dikenal hanya mengandung sekitar 7 gram gula saja.

Tak hanya itu, blackberry juga mengandung antioksidan dan serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

8. Persik

Meskipun memiliki rasa yang manis, namun nyatanya buah berwarna merah jambu ini memiliki kadar gula yang cukup rendah lho.

Di dalam satu buah persik berukuran sedang setidaknya mengandung kurang lebih 13 gram gula.

Walaupun tidak serendah jenis-jenis buah yang sudah kita sebut sebelumnya, persik juga layak masuk ke dalam jajaran buah-buah dengan kandungan gula yang rendah.

Selain itu, mengkonsumsi buah persik juga bisa memberikan efek antikanker, yang berasal dari kandungan zat antioksidan asam kafeat dan karotenoid yang terdapat di dalam buah satu ini.

9. Jambu Biji

Nah, buah rendah gula yang terakhir akan kita bahas adalah jambu biji, yang seringkali diolah menjadi jus yang lezat nan menyegarkan.

Di dalam satu buah jambu biji terdapat sekitar 4,9 gram gula saja, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk kamu yang sedang menjalankan diet.

Tak hanya itu, buah dengan kulit berwarna hijau dan daging berwarna merah jambu ini juga mengandung protein, vitamin C, vitamin A, hingga folat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Asupan Gula dari Buah Tergantung Berdasarkan Sajian

Meskipun buah-buah ini mengandung kandungan gula yang rendah serta sangat baik dikonsumsi bagi para penderita diabetes dan orang-orang yang tengah menjalankan diet, tetap saja kamu tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan.

Karena, dengan mengkonsumsinya secara berlebihan, tentu saja hal tersebut tetap bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Misalkan, satu cangkir semangka dikenal memiliki kandungan gula di bawah 10 gram. Akan tetapi, jika kamu justru mengkonsumsinya sebanyak 3-4 cangkir dalam sekali makan, kadar gula dalam tubuh juga tetap akan meningkat.

Pada intinya, janganlah mengkonsumsi suatu makanan secara berlebih. Tak hanya itu, kamu juga harus mengimbanginya dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, mineral, dan serat.

Lindungi Diri Bersama Asuransi Kesehatan dari CekAja.com!

Menjaga asupan makanan memang sangatlah penting, namun bukan berarti proteksi ekstra seperti asuransi kesehatan tidak diperlukan lagi.

Sebab, terkadang masalah kesehatan memang seringkali datang tak diundang. Bahkan di luar prediksi kita.

Ditambah lagi biaya pengobatan yang kian mahal, membuat banyak orang merasa khawatir jika ingin pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis yang tepat, apalagi jika kita sedang tidak memiliki simpanan dana darurat yang bisa digunakan.

Nah, agar kamu bisa tetap mendapatkan pengobatan yang sesuai tanpa harus khawatir tentang biaya, hadirnya asuransi kesehatan akan sangat membantu.

Sebab, seluruh biaya pengobatan yang dibebankan berkemungkinan untuk di cover oleh perusahaan asuransi terkait, yang mana tentunya sesuai dengan program dan premi yang dibayarkan.

(Baca Juga: Resep Jus Organik untuk Penderita Kanker)

Meski begitu, tak dapat dipungkiri bahwa asuransi kesehatan itu sendiri memang bisa memberikan kita sedikit keringanan ketika diharuskan untuk mendapatkan tindakan medis.

Lalu, bagaimana jika belum memiliki asuransi kesehatan? Janganlah khawatir, karena CekAja.com hadir untuk membantumu.

Selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayar premi, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan melalui online sepenuhnya lho.

Sehingga membuat proses pengajuan menjadi jauh lebih cepat dan hemat waktu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com!

Pariwara