9 Air Terjun Terindah di Indonesia, Pemandangannya Bikin Mata Melongo

Guys, air terjun terindah di Indonesia mana yang pernah kamu kunjungi? Jangan ngaku pecinta destinasi alam deh, kalau belum pernah pergi ke beberapa lokasi air terjun ini.

Pariwara

Travelling di akhir pekan memang sangat menyenangkan. Apalagi nih, jika tempat wisata yang dikunjungi bertemakan ‘back to nature’.

Selain keindahannya bikin takjub, wisata alam seperti air terjun, dijamin bakal bikin pikiran fresh, terlebih bagi kamu yang tinggal di perkotaan padat penduduk.

Nah, berbicara mengenai air terjun, pernah enggak sih kamu mengunjungi salah satu dari deretan air terjun terindah di Indonesia? Kalau belum, yuk mulai menyusun daftar kunjungannya, setelah membaca artikel di bawah ini.

Daftar Air Terjun Terindah di Indonesia

1. Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara

Air terjun terindah di Indonesia yang pertama CekAja rekomendasikan adalah Air Terjun Dua Warna di Sumatera Utara.

Air terjun ini cukup unik dan tampak anti-mainstream jika dibandingkan dengan wisata air terjun pada umumnya. Serupa dengan namanya, Air Terjun Dua Warna menawarkan keindahan dua gradasi warna air yang berbeda.

Pada bagian bawah air yang tertampung langsung dari pancurannya, pengunjung dapat melihat warna airnya yang putih keabu-abuan. Sedangkan pada bagian atas air terjunnya berwarna agak biru muda.

Untuk mencapai lokasi air terjun terindah di Indonesia ini, dibutuhkan sedikit perjuangan.

Kamu mesti melewati banyak tanjakan, turunan, sampai hutan rimbun, sebab tempatnya sendiri masuk dalam daftar hutan lindung di Taman Nasional Bukit Barisan.

Jadi, sesampainya di sana, pengunjung disarankan untuk tidak sembarangan masuk ke Tahura, dan sementara bagi mahasiswa pecinta alam, bisa mengurus perizinan terlebih dulu sebelum masuk ke lokasi wisata tersebut.

Lokasi: Kecamatan Sibolangit, Kabupetan Deliserdang

2. Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Beralih dari Sumatera Utara, di kota Yogyakarta, tepatnya di Dusun Menggoran, tersimpan air terjun terindah di Indonesia lho, namanya Air Terjun Sri Gethuk.

Air terjun ini uniknya memiliki tiga sumber mata air sekaligus, yaitu Kedung Poh, Ngumbul, dan Ngandong. Ketiganya mengalir melalui tebing karst dan alhasil membentuk sebuah kolam yang alami.

Pengunjung dapat dengan bebasnya berenang atau hanya menikmati keindahan alam Air Terjun Sri Gethuk. Tak hanya itu saja, di sana pula sudah tersedia beberapa fasilitas menarik, seperti body rafting hingga flying fox.

Soal tiket masuknya, wisata alam Air Terjun Sri Gethuk, termasuk yang menawarkan harga murah, di mana pengunjung hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp15 ribu saja.

Lokasi: Dusun Menggoran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul

(Baca Juga: 9 Pantai di Jawa Barat selain Ancol yang Wajib Dikunjungi)

3. Air Terjun Tama’lulua, Sulawesi Selatan

Pulau Sulawesi memang terkenal banyak destinasi alam favorit, salah satunya Air Terjun Tama’lulua, yang terletak di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Termasuk salah satu air terjun terindah di Indonesia, Tama’lulua atau biasa disebut pula Air Terjun Bossolo ini, menawarkan pemandangan alam yang mempesona.

Dari atas bukit Bossolo, kamu tak hanya disuguhkan keindahan Air Terjun Tama’lulua saja, namun juga pemandangan matahari terbenam ditambah barisan bukit yang berwarna kehijauan.

Namun, untuk bisa mencapai lokasi wisata air terjunnya, kamu mesti melewati medan yang cukup berat terlebih dulu, yaitu dengan mendaki jalan bebatuan.

Barulah sesampainya, kamu dapat langsung berswafoto hingga berbasa-basah ria di dekat kolam Air Terjun Tama’lulua.

Lokasi: Bontomanai, Kabupaten Jeneponto

4. Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Salah satu destinasi alam yang menarik dari Probolinggo, dan diyakini sebagai tempat pertapaan terakhir Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit adalah Air Terjun Madakaripura.

Air terjun itu tak hanya menyabet gelar sebagai salah satu air terjun terindah di Indonesia, namun juga air terjun tertinggi dengan kisaran mencapai 200 meter.

Debit airnya yang deras, membuat wisata Air Terjun Madakaripura yang terletak di ujung lembah nan sempit dan dikelilingi barisan bukit ini, menjadi destinasi yang wajib dikunjungi kala berlibur ke Probolinggo.

Memang sih, untuk bisa mencapai tempat wisatanya sendiri, pengunjung mesti bersusah payah karena melalui medan yang terjal dan licin.

Tapi sesampainya di sana, dijamin deh kamu pasti bakal kegirangan sebab pesona alamnya yang sangat indah.

Lokasi: Taman Nasional Bromo Tengger, Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo

5. Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Wisata alam di Lombok tak melulu Pantai Senggigi ataupun Gili Trawangan lho.

Di sana, kamu juga bisa menikmati pesona air terjun terindah di Indonesia, yang letaknya masih dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, yaitu Air Terjun Sendang Gile.

Memiliki ketinggian sekitar 31 meter, destinasi wisata yang satu ini menawarkan keunikan tersendiri, di mana pengunjung dapat melihat langsung dua tingkatan air yang berbeda.

Tingkatan pertamanya, air tampak tumpah ruah dari tebing. Sedangkan, tingkatan keduanya merupakan terusan air dari tingkatan pertama yang langsung jatuh ke dasar kolam air.

Air Terjun Sendang Gile juga termasuk salah satu tempat wisata yang ramah dikantong. Bahkan harga masuknya tak lebih dari Rp15 ribu per orang.

Lokasi: Desa Senaru, Kecamatan Bayan

6. Air Terjun Leuwi Hejo, Bogor

Kalau belum kesampaian untuk berkunjung ke Air Terjun Sendang Gile di Lombok, maka kamu bisa mengunjungi destinasi serupa yang dekat dengan ibu kota, yaitu Air Terjun Leuwi Hejo, di Bogor.

Salah satu air terjun terindah di Indonesia ini sebetulnya lebih tepat dikatakan curug, karena bentuknya yang menyerupai air terjun kecil namun dengan ukuran kolam yang luas.

Disebut Leuwi Hejo, sebab curug ini memiliki warna air yang unik, yakni biru kehijauan.

Selain berendam di airnya, masih ada banyak lagi aktivitas yang dapat kamu lakukan di tempat wisata tersebut, seperti hiking, lompat tebing, sampai berswafoto ala feed Instagram.

Lokasi: Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah

7. Air Terjun Banyumala, Bali

Berlibur ke Pulau Dewata, Bali, tak lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke salah satu air terjun terindah di Indonesia ini. Namanya Air Terjun Banyumala.

Air terjun ini memiliki tiga sisi air dengan aliran yang cukup deras. Letaknya berada di sebuah lembah, sehingga tak heran jika kondisi airnya begitu jernih dan juga segar.

Dilihat dari berbagai sudut pun, lansekap Air Terjun Banyumala tetap saja mempesona. Di sisi kanan dan kirinya, terdapat aliran air terjun kecil yang mengapit bagian air paling besar dengan bentangan sepanjang 20 meter.

Jika beruntung, tiap kunjungan yang dilakukan antara bulan Juli hingga Agustus, maka wisatawan dapat langsung menghirup aroma khas kopi dan cengkeh, yang memang merupakan musim memetik dua komoditi terbesar di wilayah perbukitan Bali Utara tersebut.

Lokasi: Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada

(Baca Juga: 6 Wisata di Indonesia yang Terkenal Memiliki Mitos)

8. Air Terjun Coban Pelangi, Malang

Air terjun terindah di Indonesia yang berikutnya dan tak kalah menawan adalah Air Terjun Coban Pelangi di Malang.

Pemandangan serupa pelangi yang tampak diantara pukul 10 sampai dengan 14.00 WIB, menjadi keunggulan utama dari destinasi wisata yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo ini.

Air Terjun Coban Pelangi sendiri dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang. Ketinggian air terjunnya kira-kira mencapai 110 meter.

Apabila berkunjung di pagi hari, kamu tak hanya akan merasakan sensasi segar dari airnya, namun juga cuaca yang sejuk karena suhunya masih sekitar 13-19 derajata Celsius.

Lokasi: Dusun Ngadas, Poncokusumo

9. Air Terjun Nglirip, Jawa Tengah

Jalan-jalan ke Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke wilayah Tuban ya. Sebab di kawasan tersebut, ada salah satu air terjun terindah di Indonesia lho. Namanya Air Terjun Nglirip.

Wisata alam nan eksotis ini, menawarkan pesona yang menakjubkan, meskipun sering terdengar berbagai mitos yang tersimpan di dalamnya.

Air Terjun Nglirip termasuk kawasan wisata air yang sangat jernih, karena sumbernya langsung berasal dari kawasan Hutan Krawak.

Pada musim kemarau, warna airnya bisa berubah menjadi biru tosca, yang tentu saja kian menarik minat pengunjung untuk mendatanginya.

Di sana, kamu tak hanya akan disuguhkan pemandangan yang indah. Namun, kamu pun bisa berendam di air terjunnya dan juga mencicipi beragam makanan yang tersedia di kedai-kedai kecil di lokasi wisata tersebut.

Lokasi: Desa Mulyoagung, Singgahan, Tuban

Mau Jalan-jalan Murah dan Hemat Uang? Pakai Kartu Kredit Solusinya!

Nah, itu dia beberapa air terjun terindah di Indonesia, yang bisa kamu kunjungi di masa New Normal ini. Ingat, tetap patuhi protokol kesehatan ya kalau ingin bepergian.

Ngomong-ngomong soal travelling, biar bujetnya enggak mahal-mahal banget, kamu bisa kok mencoba alternatif lain, seperti menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit sendiri dapat dipakai untuk membeli tiket pesawat dengan harga yang lebih terjangkau. Jika tertarik, kamu bisa apply kartu kredit lewat layanan CekAja.com.

Tak cuma mengajukan, kamu pun dapat membandingkan dulu pilihan kartu kredit yang tersedia di CekAja.com lho.

Gimana, menarik kan? Yuk, langsung kepoin produknya sekarang juga, dan nikmati beragam manfaat dari kartu kredit CekAja.com.

Pariwara