Pilih Asuransi Pendidikan atau Pinjaman Pendidikan? Cek Bedanya di Sini!

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Sudah punya rencana untuk memiliki anak? Apa Anda juga sudah memikirkan, hal apa saja yang harus disiapkan ketika anak lahir?

Selain kesehatan dan tumbuh kembangnya, pendidikan juga penting loh, untuk disiapkan sejak dini.

Nah, untuk persiapan masa depan si kecil, kira-kira Anda lebih pilih asuransi pendidikan atau pinjaman pendidikan?

pilih asuransi pendidikan atau pinjamana pendidikan?

Sama-sama Membantu Keuangan, Apa Perbedaan dari Keduanya?

Bicara tentang asuransi pendidikan dan pinjaman pendidikan, sebenarnya apakah Anda sudah paham, terkait perbedaan hingga kegunaan asuransi pendidikan dengan pinjaman pendidikan?

Pasalnya, setiap keluarga setidaknya wajib mengalokasikan minimal 10 persen dari penghasilannya per bulan, untuk mempersiapkan pendidikan anak, hingga ke jenjang perguruan tinggi. Nah, di sinilah produk finansial seperti asuransi pendidikan dan pinjaman pendidikan, bisa membantu mengatur keuangan Anda.

Yuk, bagi Anda yang masih bingung, mari simak dulu pengertian, perbedaan, hingga kegunaan untuk jangka panjang dan pendek dari kedua produk pendidikan tersebut. Hal tersebut penting untuk diketahui, agar Anda bisa menentukan mana yang lebih dibutuhkan, asuransi pendidikan atau pinjaman pendidikan.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk Kuliah)

Pengertian Asuransi Pendidikan

Pengertian Asuransi Pendidikan - Pilih Asuransi Pendidikan atau Pinjaman Pendidikan Cek Bedanya di Sini

Asuransi pendidikan merupakan sebuah produk finansial, berupa layanan perlindungan atau proteksi sekaligus investasi, bagi pihak terjamin. Di mana tertanggung, bisa sekaligus menjadi ahli waris pemegang polis.

Sedangkan untuk pembayaran premi perbulan atau tahunannya, dibayarkan oleh pemegang polis (kepala keluarga). Selain itu, produk asuransi pendidikan biasanya juga sudah mencakup, dengan produk asuransi jiwa.

Perlu diketahui juga, bahwa premi asuransi pendidikan yang dibayarkan setiap bulannya, ternyata tidak diendapkan bak tabungan. Melainkan, dananya, akan dikelola menjadi bentuk investasi, baik berupa reksa dana maupun saham.

Maka dari itu, produk asuransi jiwa dananya bisa berkembang, setelah jangka waktu tertentu, dan biasanya baru berkembang di tahun ke-6. Sehingga, memiliki asuransi pendidikan, dinilai cukup memberikan keuntungan, karena mencakup asuransi jiwa sekaligus.

Misalnya, ketika pemegang polis (Anda sebagai orang tua) tiba-tiba meninggal dunia dan tidak melanjutkan pembayaran, maka ada uang pertanggungan yang akan diterima ahli waris (anak, istri, dan keluarga).

Kegunaan Asuransi Pendidikan

Di dalam produk asuransi pendidikan, anak pasti dijadikan sebagai ahli waris atau tertanggung, dan di sinilah letak kegunaan asuransi pendidikan. Sehingga, anak tetap bisa mendapatkan haknya mencapai pendidikan tinggi, ketika pemegang polis (orang tua) meninggal dunia atau mengalami cacat permanen, yang membuatnya tidak lagi bisa mencari nafkah.

Jika dilihat dari kegunaannya, produk asuransi pendidikan memiliki sistem jangka panjang. Seperti contohnya asuransi pendidikan unit link, yang biasanya ditawarkan secara berjangka, untuk kurun waktu 10, 15, dan 20 tahun.

Bahkan, setelah masa pertanggungan selesai, asuransi pendidikan masih bisa untuk diperpanjang, sampai batas waktu yang telah disepakati sebelumnya oleh pihak tertanggung dan perusahaan asuransi.

Pengertian Pinjaman Pendidikan

Pengertian Pinjaman Pendidikan - Pilih Asuransi Pendidikan atau Pinjaman Pendidikan Cek Bedanya di Sini

Setelah mengetahui apa itu asuransi pendidikan, selanjutnya ketahui juga pengertian dari pinjaman pendidikan, agar Anda tahu perbedaannya. Jika asuransi pendidikan memiliki sistem bayar premi per bulan, dan hasilnya bisa dinikmati nanti (setelah beberapa tahun), namun berbeda dengan produk pinjaman pendidikan.

Adapun pengertian pinjaman pendidikan adalah sebuah layanan pinjaman yang disediakan bank atau Lembaga keuangan, guna membiayai kebutuhan pendidikan lanjutan (kuliah S2/S3), ataupun awal pendidikan (ketika baru masuk SD, SMP, SMA, hingga kuliah S1).

Bahkan, pinjaman pendidikan juga bisa digunakan untuk mendanai biaya hidup, guna menunjang pendidikan. Pinjaman pendidikan, umumnya diberikan oleh Lembaga keuangan bank maupun non bank, di mana memiliki bunga pinjaman yang cenderung rendah, dan bertenor panjang.

Kegunaan Pinjaman Pendidikan

Pinjaman pendidikan, biasa digunakan untuk membantu mendanai anak yang baru masuk sekolah hingga kuliah, atau para mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, seperti S2 atau S3.

Produk ini sering kali dicari, karena bisa memberikan solusi dan bantuan dana yang cepat cair saat itu juga. Sehingga, dana akan cair di awal, selanjutnya Anda tinggal membayar cicilan perbulan, sesuai tenor dan bunga yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Sistem pembayaran cicilan dan besarannya pun, disesuaikan dengan penghasilan tetap Anda per bulan. Jadi, pastikan Anda mampu dan tidak menimbulkan masalah baru, yang bisa menyebabkan cicilan menumpuk dan berhutang.

Selain itu, suku bunga yang ditawarkan juga tergolong rendah, dengan jangka waktu yang bisa ditentukan sendiri oleh Anda, jangka panjang atau pendek.

Untuk plafon pinjaman yang disediakan, biasanya mulai dari Rp75 juta hingga Rp250 juta untuk Lembaga bank. Sedangkan suku bunga yang disediakan Lembaga bank, beragam mulai dari 0,65 persen – 0,72 persen per bulan hingga 6,5 persen per tahun.

(Baca Juga: Ini Rincian Persiapan Dana Pendidikan SD)

Itu dia produk finansial pendidikan yang bisa jadi pilihanmu, untuk mempersiapkan masa depan si kecil. Namun, jika dilihat mana yang paling bagus, semua kembali lagi kepada Anda, karena hanya Anda yang mengetahui kondisi finansial, kemampuan dan kebutuhan Anda, apakah lebih membutuhkan asuransi pendidikan atau pinjaman pendidikan.

Nah, setelah mengetahui perbedaannya dari segi kegunaan, hingga jangka waktu, kira-kira Anda lebih pilih asuransi pendidikan atau pinjaman pendidikan?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda ya. Jangan sampai, produk bantuan finansial ini, malah menjadi bumerang untuk Anda.

Ribet Cari Produk Finansial di Banyak Situs? Cari di CekAja.com Saja!

Untuk cara mengajukannya, Anda tak perlu repot-repot mencari satu per satu produk asuransi pendidikan maupun pinjaman pendidikan, di banyak platform.

Karena Anda hanya butuh satu platform, untuk mencari, mengetahui informasi terkait produk, membandingkan, memilih yang tepat, hingga mengajukannya secara online, yakni hanya di situs CekAja.com.

Yuk, kapan lagi mempersiapkan dana pendidikan anak, bisa semudah ini? Segera kunjungi CekAja.com, dan temukan produk finansial pilihanmu!