Inilah Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Ibu Hamil

4 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Bepergian dalam kondisi hamil sebetulnya bisa dilakukan, asal memenuhi prosedur kesehatan yang ada. Selain itu, kamu pun disarankan untuk memiliki asuransi perjalanan yang memang menanggung seluruh risiko, termasuk masalah kehamilan. Memang, seberapa pentingnya asuransi perjalanan untuk ibu hamil?

Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Ibu Hamil

Travelling saat hamil enggak bisa dilakukan secara asal-asalan! Sebab, ibu hamil memiliki risiko tinggi, salah satunya seperti pembekuan pembuluh darah vena, apalagi saat bepergian dengan pesawat terbang. Makanya, sebelum memutuskan untuk travelling, kamu perlu berkonsultasi terlebih dulu pada dokter kandungan.

Enggak cuma itu saja, kamu pun harus menyampaikan pada pihak agen travel saat membeli tiket, bahwa kamu tengah mengandung. Pasalnya, tiap maskapai memiliki aturan sendiri terkait protokol penerbangan khusus ibu hamil, yang mana biasanya penerbangan terjadwal mengijinkan wanita dengan usia kandungan hingga 34 minggu untuk terbang.

Diluar dari masalah kesehatan, kamu yang mungkin sedang mengandung dan tetap ingin bepergian juga disarankan untuk memiliki setidaknya satu asuransi perjalanan dengan manfaat khusus kehamilan.

Asuransi jenis ini mungkin belum banyak beredar di masyarakat, karena biasanya beberapa perusahaan asuransi membedakan jenis asuransi perjalanan dan asuransi kehamilan, yang saat ini masuk dalam kategori asuransi kesehatan.

Seberapa Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Ibu Hamil?

Langkanya produk ini, mungkin membuat kamu bertanya-tanya memang seberapa pentingnya asuransi perjalanan untuk ibu hamil? Tak bisa dipungkiri, asuransi perjalanan dengan pertanggungan yang cukup luas, seperti mencakup kesehatan ibu hamil memang sangat jarang terdengar oleh masyarakat.

Padahal, jenis asuransi yang satu ini memiliki banyak manfaat, sehingga penggunanya tidak lagi dihantui rasa cemas, di mana liburan pun menjadi lebih menyenangkan.

Nah, jika kamu tertarik untuk memiliki asuransi perjalanan khusus ibu hamil, sebaiknya simak dulu ulasan berikut mengenai keuntungan asuransi perjalanan khusus ibu hamil.

1. Menanggung biaya pemeriksaaan dan perawatan kesehatan

Menanggung biaya pemeriksaaan dan perawatan kesehatan - Inilah Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Ibu Hamil

Keuntungan utama yang membuat pentingnya asuransi perjalanan untuk ibu hamil adalah pertanggungan biaya kesehatan yang diberikan. Maklum saja, menjadi ibu hamil berarti kamu harus siap untuk melindungi janinmu dari segala risiko yang mungkin saja dapat terjadi selama bepergian, terutama jika ke luar negeri.

Makanya, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui apakah asuransi perjalanan yang dimiliki tersebut sudah termasuk tanggungan biaya pemeriksaan secara menyeluruh. Di mana kamu dapat memanfaatkannya ketika terjadi kontraksi atau sekedar ingin cek kesehatan secara berkala.

Jika biayanya terlampau mahal, maka pihak perusahaan asuransi lah yang nantinya akan menanggung seluruh biaya perawatan, dengan sistem cashless. Bagaimana, sangat menguntungkan bukan?

(Baca Juga: Penjelasan Mengenai Asuransi Kehamilan)

2. Mendapatkan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan bagasi

Mendapatkan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan bagasi - Inilah Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Ibu Hamil

Keuntungan lainnya dari asuransi perjalanan untuk ibu hamil adalah mendapatkan ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan bagasi. Hal ini tentu saja menguntungkan, jika semisalnya barang pribadi, seperti obat-obatan atau perlengkapan medis khusus ibu hamil rusak atau hilang di dalam bagasimu, maka pihak perusahaan asuransi akan mengganti seluruh kerugian tersebut dengan metode kompensasi.

3. Bantuan darurat atas kejadian tak terduga

Bantuan darurat atas kejadian tak terduga - Inilah Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Ibu Hamil

Bepergian ke negara lain bisa jadi kurang menyenangkan jika kamu mengalami masalah, terlebih saat dalam kondisi hamil. Disinilah, kegunaan dari asuransi perjalanan yang mana kamu bisa menikmati fitur bantuan darurat berupa evakuasi medis, 24 jam hotline, serta pemulangan jenazah. Jadi, tak ada lagi kecemasan saat kamu bepergian dalam keadaan hamil.

(Baca Juga: 5 Asuransi Penerbangan Luar Negeri)

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Asuransi Perjalanan untuk Ibu Hamil

Selain memahami pentingnya asuransi perjalanan untuk ibu hamil, selanjutnya informasi yang perlu kamu ketahui adalah kiat memilih asuransi perjalanan berkualitas, sebelum menggunakannya.

Karena seperti yang kita tahu, asuransi jenis ini menjadi salah satu produk yang banyak diminati oleh masyarakat, namun memang enggak semua produk asuransi perjalanan memiliki kualitas mumpuni dengan cakupan manfaat yang luas dan pengajuan klaim mudah.

Berikut kiat memilih asuransi perjalanan yang berkualitas untuk ibu hamil:

  • Harus terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Hal utama yang harus diperhatikan sebelum membeli asuransi perjalanan untuk ibu hamil adalah kualitas dari perusahaan asuransi tersebut, yang mana umumnya sebuah perusahaan asuransi haruslah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jika tidak, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan asuransi itu adalah abal-abal dan kamu akan merugi.

  • Manfaat yang diberikan cukup luas dan sesuai dengan keinginan tertanggung

Untuk bumil, sebaiknya pilih asuransi perjalanan dengan pertanggungan yang mencakup kehamilan. Sebab, pertanggungan jenis ini akan sangat bermanfaat terlebih ketika kamu bepergian. Dengan begitu, kamu enggak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan butuh perawatan medis secepatnya.

Selain itu, kamu juga harus mengecek apakah manfaat yang diberikan memiliki jaringan rumah sakit luas hingga ke luar negeri.

  • Memiliki kejelasan terkait pengajuan klaim

Terakhir yang harus diperhatikan saat ingin membeli asuransi perjalanan adalah proses pengajuan klaim. Proses pengajuan ini biasanya lebih simple dan tidak melebihi diluar dari syarat klaim asuransi perjalanan pada umumnya, seperti menyertakan fotokopi paspor, tiket perjalanan, sertifikat asuransi, dan lainnya.

Nah, itu tadi informasi mengenai pentingnya asuransi perjalanan untuk ibu hamil sekaligus tips memilih asuransinya. Pastikan kamu selalu melakukan perbandingan akan produk asuransi perjalanan yang bakal digunakan ya.

Beberapa pilihan asuransi perjalanan terbaik yang bisa kamu beli yakni AXA Mandiri dan Asuransi Sinarmas. Kamu bisa mendapatkan salah satu diantara produk tersebut lewat CekAja.com.

Melalui kami pula, kamu bisa memiliki produk asuransi perjalanan dengan premi mulai dari Rp25 ribu, serta polis terbit hanya dalam hitungan menit.

Yuk, ajukan asuransi perjalanan di CekAja sekarang juga dan dapatkan beragam manfaatnya untuk masa liburanmu!

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri