Suku Bunga Kartu Kredit Rendah, Apa Pengaruhnya untuk Nasabah?

Kartu kredit sering dianggap sebagai biang masalah finansial. Padahal jika bijak menggunakannya, belanja menggunakan kartu kredit lebih menguntungkan karena banyaknya diskon dan promosi.

belanja menggunakan kartu kredit - CekAja.com

Padahal, jika digunakan dengan baik, kartu kredit dapat sangat memberikan kamu keuntungan. Apalagi saat digunakan di saat yang tepat.

Belum lagi dengan nominal pembelanjaan tertentu, kamu bisa mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan aneka macam voucher.

Salah satu saat yang paling tepat untuk menggunakan kartu kredit adalah pada saat suku bunga kartu kredit sedang menurun.

Memangnya apa sih keuntungan turunnya suku bunga kartu kredit bagi pemilik kartu kredit? Simak ulasannya berikut ini.

(Baca juga:  10 Biaya Kartu Kredit yang Wajib Anda Kenali)

Keuntungan Suku Bunga Rendah

1. Nikmati belanja lebih banyak tanpa khawatir biaya bunga yang mahal

Prinsip menguntungkan dalam menggunakan kartu kredit di antaranya sebagai berikut:

  1. Belanja saat ada diskon atau cashback dari kartu kredit dan membayar penuh sebelum jatuh tempo.
  2. Melakukan pembelian besar sehingga mendapat banyak poin dan melunasinya sebelum jatuh tempo.
  3. Cicilan nol persen dan membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Jika cicilan tidak termasuk bunga nol persen atau belum dibayar setelah jatuh tempo, maka kamu diharuskan membayar bunga.

Mungkin kamu  mengira perhitungan bunga dilakukan sesederhana jumlah tagihan x besar bunga. Kenyataannya, bunga dihitung berdasarkan selisih hari. Dan inilah yang membuat tagihan membengkak bagi si pemilik kartu kredit.

Setidaknya ada tiga komponen perhitungan bunga, yakni beban bunga transaksi, beban bunga tagihan bulan lalu, dan beban bunga pembayaran.

Tapi karena suku bunga turun, maka besaran bunga yang harus kamu bayarkan saat mencicil barang tentu akan jauh lebih murah.

Penurunan suku bunga kartu kredit ini dilakukan oleh Bank Indonesia dan memiliki periode transisi selama enam bulan sebelum akhirnya efektif diberlakukan.

2. Transaksi pembelanjaan hingga tarik tunai menggunakan suku bunga yang sama

Selain sebagai alat bertransaksi, kartu kredit juga bersifat sebagai dana talangan. Menarik uang tunai lewat kartu kredit sama saja meminjam pada bank.

Namun dengan bunga yang lumayan. Tapi karena suku bunga akan diturunkan secara bertahap, beban bunga tarik tunai jadi berkurang.

3. Semakin ringan mengubah metode pembayaran menjadi cicilan

Kamu yang selalu melunasi tagihan juga diuntungkan dengan kebijakan ini. Bunga rendah akan berguna jika kamu harus tarik tunai atau ingin mengubah metode pembayaran dari tunai ke cicilan.

Persoalan suku bunga kartu kredit ini memang sangat krusial bagi nasabah, terutama bagi mereka yang suka menunggak tagihan. Besaran suku bunga juga menjadi prinsip untuk memilih produk kartu kredit.

Dalam aturan umum kartu kredit, tak semua belanja dengan kartu kredit terkena bunga. Ini berlaku bagi nasabah yang disiplin membayar tagihan setiap bulan selalu dibayar lunas, sehingga tak terkena bunga

Tapi, ketika tagihan hanya dibayar sebagian atau jumlah nominal minimum, maka sisanya akan dikenakan bunga yang berlaku.

Semakin sedikit nominal yang dibayarkan untuk keseluruhan tagihan, makin besar bunga yang dibebankan. Jika kamu terus-terusan membayar sebagian atau minimal, maka bunganya akan terus berlipat-lipat.

(Baca juga:  Mari Belajar dari Suksesnya Perjalanan Karier Bruce Lee)

Nah itulah pengaruh penurunan suku bunga yang dapat menguntungkan nasabah. Sekarang, sudahkan kamu memiliki kartu kredit?

Jika belum, yukk temukan dan ajukan kartu kredit yang paling sesuai dengan kebutuhan dan pendapatan di CekAja.com! Belum lagi pengajuan di CekAja.com juga memiliki proses yang mudah, aman, dan juga cepat! Berikut rekomendasinya:

Yuk segera ajukan kartu kredit mu di CekAja.com untuk menikmati berbagai promo menarik!