Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Uang atau Barang Hilang di Bagasi Pesawat? Segera Lakukan Ini!

by Miftahul Khoer on 26 November, 2018

Bagaimana perasaan Anda ketika mengalami kehilangan barang atau uang saat berada di perjalanan pesawat? Kesal sudah pasti. Apalagi barang yang sangat berharga atau uang dengan jumlah cukup besar. Tentu saja kita ingin barang yang hilang bisa ditemukan sesegera mungkin.

Peristiwa kehilangan barang di bagasi pesawat di Indonesia bukan sekali-duakali. Kasus terbaru menimpa seorang penumpang yang kehilangan uang di tasnya ketika di simpan di bagasi.

Saat itu, sang penumpang dalam perjalanan dari Palembang menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Senin pagi ini.

Ia terkaget ketika mengetahui sejumlah uang yang disimpannya sudah raib dari tasnya. Nah, bagaimana seharusnya jika seseorang mengalami kehilangan barang serupa di bagasi pesawat? Yuk simak!

Buat laporan kehilangan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika Anda mengalami kehilangan barang adalah melaporkannya kepada petugas kehilangan bandara atau lost & found. Nantinya petugas tersebut akan membuatkan laporan kehilangan untuk Anda.

Cara melapor kehilangan barang bisa melalui saluran telepon maskapai jika dipastikan hilangnya di area pesawat. Jika hilang di area bandara maka prosedur yang bisa dijalankan adalah melapor dengan terlebih dahulu mengisi formulir di situs resmi soekarnohatta-airport.co.id atau hubungi call center 138.

Selain kehilangan barang, penumpang yang mengalami bagasi rusak pun bisa melapor. Pastikan terlebih dahulu sebelum meninggalkan aula kedatangan, bagasi Anda dalam kondisi baik.

Namun, jika menemukan kerusakan, sebelum meninggalkan aula kedatangan Anda bisa membuat laporan ke bagian kehilangan untuk memperoleh bukti laporan kerusakan barang.

Nantinya, petugas bagian kehilangan akan memperbaiki bagasi Anda jika masih dalam kondisi bisa diperbaiki. Jika tidak, bagasi Anda akan diganti dengan yang baru.

(Baca juga: Ingin Liburan? Ini Asuransi Perjalanan Pilihan CekAja!)
Tunggu tindaklanjut dari maskapai

Setelah melaporkan barang yang hilang, Anda bisa menunggu tindaklanjut dari pihak maskapai. Biarkan pihak maskapai memproses laporan kehilangan Anda. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu di mana kemungkinan hilang barang Anda apakah di pesawat atau di area bandara.

Setiap barang yang hilang, tertinggal atau tertukar terutama di area Bandara Soekarno-Hatta, maka akan menjadi tanggung jawab pihak bandara. Sementara jika kehilangannya sudah di pesawat maka akan menjadi tanggung jawab maskapai.

Ajukan klaim

Persoalan kehilangan barang saat penerbangan sudah termaktub dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara atau Permenhub 77/2011. Dalam pasal 5 ayat 1 dijelaskan bahwa jumlah ganti rugi kerusakan barang bawaan milik penumpang yang hilang , rusak atau musnah terbagi ke dalam dua katagori.

Pertama, jika kehilangan bagasi atau isi bagasi dalam keadaan musnah, maka penumpang akan diberikan ganti kerugian sebesar Rp200.000 per kilogram dan paling banyak Rp4 juta per penumpang. Kedua, kerusakan bagasi tersebut akan digantikan kepada penumpang sesuai bentuk, jenis, dan merek barang yang hilang.

(Baca juga: 5 Tempat Wisata Antimainstream di Palembang dan Sekitarnya)
Lebih aman dengan asuransi perjalanan

Siapa pun tentu tidak ingin mengalami peristiwa kehilangan barang saat dalam perjalanan. Namun, siapa pun juga tidak ada yang bisa memprediksi akan kejadian kehilangan tersebut.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir kerugian selama perjalanan, maka ada baiknya jika Anda membeli asuransi perjalanan. Biaya asuransi ini tergolong rendah dengan premi hanya senilai puluhan ribu rupiah jika dibandingkan dengan total biaya perjalanan Anda.

Sebagai contoh, jika Anda membeli asuransi perjalanan Chubb, maka Anda hanya membayar premi Rp30.000 dengan manfaat yang bisa didapat antara lain biaya pengobatan dan rumah sakit senilai Rp10 juta dan tanggungan senilai Rp50 juta jika terjadi kecelakaan diri hingga cacat tetap.

Selain itu asuransi ini juga memberikan kompensasi penundaan penerbangan sebesar Rp300.000 per 12 jam. Adapun kompensasi atas pembatalan perjalanan yang diberikan kepada Anda mencapai Rp1,5 juta dengan catatan dalam kurun waktu 30 hari sebelum keberangkatan.

Selain itu, ada juga asuransi perjalanan dari Mega Insurance dengan nilai premi mencapai Rp37.000. Manfaat dari asuransi ini adalah mengcover biaya pengobatan dan rumah sakit senilai Rp75 juta dan tanggungan biaya kecelakaan hingga cacat sebesar Rp100 juta jika terjadi kecelakaan.

Untuk dana kompensasi penundaan penerbangan, Mega Insurance memberikan dana sebesar Rp250.000 per 6 jam dengan maksimum Ro1 juta kepada penumpang. Sementara kompensasi pembatalan penerbangan akan diberikan mencapai Rp5 juta dalam kurun waktu 30 hari sebelum keberangkatan.

Contoh asuransi perjalanan lainnya adalah MSIG dengan premi mencapai Rp51.000 bisa mengcover biaya pengobatan dan rumah sakit serta kecelakaan diri dan cacat masing-masing senilai Rp100 juta.

Asuransi perjalanan MSIG juga memberikan dana kompensasi penundaan penerbangan sebesar Rp400.000 per 6 jam dengan maksimum Rp3 juta. Adapun kompensasi pembatalan perjalanan yang diberikan MSIG kepada penumpang mencapai Rp2 juta dengan catatan 30 hari sebelum hari keberangkatan.

(Baca juga: Beda Asuransi Perjalanan dan Asuransi Kecelakaan Diri, Cek di Sini!)
Manfaat lain asuransi perjalanan

Selain manfaat di atas, beberapa kegunaan asuransi perjalanan bisa Anda dapatkan yakni ketika Anda kehilangan bagasi. Jadi, jika bagasi Anda rusak atau hilang, maka pihak asuransi akan menggantinya dengan setimpal.

Selain itu, bukan hanya orangnya saja yang bisa mendapatkan perlindungan. Ketika Anda sedang dalam perjalanan, Anda juga bisa mengasuransikan rumah Anda yang ditinggalkan. Bahkan manfaat lainnya seperti risiko kematian selama di perjalanan bisa ditanggung oleh pihak asuransi untuk urusan pemulangan jenazahnya.

JIka dihitung, ada banyak lagi manfaat dari asuransi perjalanan. Namun tentu saja semakin banyak yang ingin dicover, akan semakin bertambah juga biaya premi yang harus dibayarkan. Agar memudahkan mencari tahu tentang asuransi perjalanan yang manfaatnya banyak tersebut, yuk akses CekAja.com dan pilih asuransi perjalanan Anda.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami