7 Bahan Makanan Pedas Selain Cabe, Lebih Murah dan Hemat Kantong!

Buat kamu pecinta makanan pedas, sepertinya harus mulai menggunakan beberapa bahan makanan pedas selain cabe, untuk membuat masakan. Pasalnya, harga cabe di pasaran saat ini sangat mahal, yaitu mencapai angka Rp50 ribu – Rp100 ribu per kg.

Advertisement

Melonjaknya harga cabe tersebut, tentu membuat pusing para ibu dan pengusaha yang bergerak dibidang makanan pedas, seperti misalnya Restoran Padang.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut mereka harus pintar mencari bahan makanan pedas selain cabe yang bisa dimanfaatkan.

Karena bagi orang Indonesia, rasanya seperti ada yang kurang lengkap, apabila mengonsumsi makanan tidak pedas.

Jika kamu ingin tahu, apa saja bahan makanan pedas selain cabe yang bisa dijadikan pilihan dan dipakai, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Bahan Makanan Pedas Selain Cabe

Seperti yang diketahui, harga cabe saat ini sedang melambung tinggi. Dan itu tidak hanya berlaku untuk cabe merah saja, namun berlaku untuk semua jenis cabe.

Melambungnya harga cabe ini, terjadi akibat petani cabe yang mengalami gagal panen, sehingga berdampak pada harga cabai itu sendiri.

Pelonjakan harga cabe pun belum diketahui sampai kapan. Dengan demikian, kamu dan pengusaha makanan pedas lainnya perlu mencari ide lain, untuk tetap membuat masakan pedas tanpa menggunakan cabe.

Nah untuk hal itu, sebenarnya ada beberapa bahan masakan yang bisa dimanfaatkan, karena mampu menghasilkan rasa pedas. Adapun bahan-bahan masakan tersebut di antaranya, yaitu:

1. Jahe

Bahan makanan pedas selain cabe yang pertama, yaitu jahe. Cita rasa pedas yang dihasilkan jahe berbeda dengan cabe, karena bahan makanan yang satu ini lebih memberikan rasa pedas yang menghangatkan perut.

Sebagai salah satu tanaman rimpang, rasa pedas yang diberikan jahe merupakan hasil dari senyawa zingeron.

Yang mana, senyawa tersebut diketahui mampu menghangatkan perut dan bagian tubuh lainnya, serta meningkatkan imunitas tubuh.

Oleh sebab itu, jahe biasa diolah menjadi makanan ringan dan minuman hangat, yang cocok dikonsumsi saat cuaca dingin, seperti misalnya musim hujan.

(Baca Juga: 5 Makanan Pedas Ngehits)

2. Wasabi

Berikutnya ada wasabi, yang juga menjadi salah satu pilihan bahan makanan pedas selain cabe versi CekAja.com.

Seperti yang diketahui, wasabi merupakan bahan makanan yang terbuat dari akar kubis-kubisan Jepang, dan biasa dijadikan sebagai pendamping sushi.

Hal itu karena, wasabi memiliki rasa pedas menusuk dengan aroma tajam yang khas, akibat dari kandungan isotiosianat yang dimilikinya.

Dengan begitu, wasabi memang paling tepat dikonsumsi dengan sushi. Apalagi, wasabi juga memiliki kemampuan dalam menghilangkan bakteri pada daging ikan segar.

3. Lada Putih

Selain dua bahan di atas, bahan makanan pedas selain cabe lainnya yang juga bisa dimanfaatkan, yaitu lada putih.

Bahan masakan yang sering dipakai untuk membuat sup ini, mampu memberikan rasa pedas hangat di tenggorokan, dan sensasi panas di perut.

Maka dari itu, bahan makanan ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk meredakan gejala masuk angin, serta meningkatkan imunitas tubuh.

Loh, bagaimana bisa lada putih meningkatkan imun tubuh? Tentu bisa, sebab bahan makanan ini mengandung antioksidan tinggi.

4. Lada Hitam

Tidak hanya lada putih, lada hitam pun bisa dijadikan sebagai bahan makanan pedas selain cabe.

Bagaimana tidak, pasalnya lada hitam mengandung linalool, pinene, limonene, caryphyllene dan sabinene, yang mampu menghasilkan rasa pedas hangat di tenggorokan.

Untuk penggunaannya, lada hitam sedikit berbeda dari lada putih. Karena, lada hitam lebih sering digunakan untuk membuat masakan barat.

Bahkan, lada hitam juga sering dikaitkan dengan masakan-masakan kelas atas. Bagaimana, kamu jadi penasaran ingin coba membuat makanan dari lada hitam?

5. Andaliman

Buat kamu yang belum tahu, andaliman merupakan salah satu bahan makanan pedas selain cabe, yang berasal dari kulit pohon Zanthoxylum.

Dalam hal makanan, andaliman banyak dipakai untuk membuat makanan-makanan khas Sumatera Utara.

Pasalnya, rasa pedas yang dihasilkan andaliman berbeda dengan rasa pedas cabe pada umumnya.

Jika rasa pedas yang dihasilkan cabe akan langsung terasa sesaat setelah mengonsumsinya, maka rasa pedas andaliman baru akan terasa beberapa waktu setelahnya.

Meski begitu namun tetap saja, lidah kamu akan langsung terasa kelu saat menyantap makanan yang dibuat menggunakan andaliman, karena bahan ini mengandung senyawa hydroxyalphasanshool.

6. Pala

Siapa di antara kamu yang tidak asing dengan bahan makanan satu ini? Sepertinya banyak. Mengingat, pala merupakan bahan makanan asal Maluku, yang banyak dipakai sebagai bumbu dapur ibu rumah tangga.

Apalagi, pala memiliki cita rasa pedas yang unik, yaitu pedas hangat. Jadi, jika kamu mengonsumsi makanan yang dibuat menggunakan pala, tubuh secara tidak langsung akan terasa hangat, rileks dan tidak kedinginan.

Selain itu, pala juga mampu memperkuat rasa makanan dan mengharumkan masakan, loh! Terlebih, pala juga bisa menghilangkan bau amis pada ikan dan daging secara efektif.

Pala sendiri banyak dimanfaatkan untuk membuat masakan ala Timur Tengah, seperti gulai, semur daging, kari, hingga roti atau kue dan berbagai jenis minuman.

7. Paprika

Bahan makanan pedas selain cabe yang terakhir, yaitu paprika. Sebenarnya jika dilihat dari varietasnya, paprika masuk ke dalam golongan cabe.

Hanya saja, bahan yang memiliki bentuk unik dan tampilan cantik ini, tidak memiliki rasa pedas yang begitu menyengat layaknya cabai.

Paprika justru lebih memiliki rasa yang sedikit manis, sehingga aman dikonsumsi dalam jumlah banyak, bahkan oleh anak-anak sekalipun.

Untuk teksturnya sendiri, paprika juga memiliki tekstur yang lebih lembut, dan aman untuk kesehatan perut.

Karena tampilannya yang cantik dan terdiri dari tiga warna cerah, yaitu merah, kuning dan hijau, maka paprika juga kerap kreasikan sebagai hiasan untuk mempercantik tampilan masakan.

Di samping itu, paprika juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, seperti misalnya vitamin C yang baik untuk imunitas tubuh dan peremajaan kulit.

Melansir dari kumparan.com, mengonsumsi satu buah paprika dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C sekitar 169 persen, menurut data USDA Food Composition Databases.

Segudang Manfaat Makanan Pedas

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sejumlah bahan makanan pedas selain cabe, maka kini saatnya kamu mengetahui beberapa manfaat makanan pedas untuk kesehatan.

Yang mana, manfaat makanan pedas ini ternyata sangat banyak, di antaranya yaitu:

  • Meningkatkan selera makan
  • Melancarkan pencernaan
  • Memperkuat koneksi antar sel otak
  • Meningkatkan daya ingat
  • Meningkatkan suasana hati
  • Meningkatkan produksi cairan pencernaan
  • Meningkatkan pertahanan perut terhadap infeksi
  • Menjaga serta merawat kulit agar tetap sehat dan bercahaya
  • Mengobati infeksi kulit
  • Meringankan gatal-gatal pada kulit
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Manfaat Cabai yang Belum Diketahui)

Itulah beberapa hal yang sudah kamu ketahui secara lengkap, seputar bahan makanan pedas selain cabe dan manfaat makanan pedas di pembahasan sebelumnya.

Untuk bahan makanan pedas sendiri, semuanya bisa kamu temukan dengan mudah di warung, pasar tradisional, supermarket hingga e-commerce.

Namun, mengingat keberadaan pandemi Covid-19 saat ini belum juga membaik, maka sebaiknya kamu berbelanja secara online dalam jumlah banyak untuk persediaan.

Agar lebih praktis dan hemat, kamu juga bisa berbelanja menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Sebab, kartu kredit tak jarang memberikan promo belanja menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Oleh karena itu, buat kamu yang juga ingin mendapatkan dan menikmati promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan promo menariknya!

Advertisement