Baru Nikah dan Ingin Beli Perabotan? Begini Cara Bikin Anggaran Belanjanya

menikah karier - CekAja.com

Bagi pasangan muda yang baru nikah, mempersiapkan perabotan  untuk rumah baru menjadi suatu keharusan. Kamu dan pasangan harus mulai mengisi rumah dengan barang-barang dan peralatan yang memang dibutuhkan. Agar bujet belanja perabotan tidak membengkak,  sebaiknya kamu hitung  berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk mempersiapkan peralatan rumah tangga tersebut.

Nah, khusus untuk membantu kamu mengatur bujet, tim CekAja.com melakukan riset  untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkandan perabotan apa saja yang wajib ada di rumah kamu. Apa saja? Langsung simak penjelasan di bawah ini!

Kamar (Rp 8,5 juta)

Untuk urusan kamar, siapkan minimal dana Rp 9,5 juta. Uang ini untuk belanja  3 buah barang yang paling penting dalam sebuah kamar yaitu lemari pakaian, tempat tidur, dan pendingin udara  atau  air conditioner.

Berdasarkan penelusuran CekAja.com di situs jual beli Lazada.co.id, kamu bisa membeli kasur spring bed dengan ukuran 160 x 200 seharga Rp 5 juta. Lalu satu buah lemari ukuran 3 pintu seharga Rp 1 juta dan  air conditioner berkapasitas 1/2 PK dengan harga Rp 2,5 juta.

(Baca juga: Tips Kumpulkan Uang Buat Pasangan Muda yang Ingin Beli Mobil MVP dalam 8 Bulan)

Dapur (Rp 2,85 juta)

Pindah ke dapur, kamu perlu menyiapkan uang setidaknya Rp 2,85 juta. Uang tersebut dapat kamu gunakan untuk beberapa peralatan dapur penting  seperti kitchen set,  rice cooker, dispenser, kompor, dan kulkas. Berikut adalah rincian biaya yang harus disiapkan untuk peralatan-peralatan tersebut: Kitchen set 3 pintu Rp 800 ribu, rice cooker Rp 200 ribu, Dispenser Rp 100 ribu, Lemari es satu pintu Rp 1,6 juta, dan kompor 2 tungku Rp 150 ribu

Ruang Keluarga (Rp 3,8 juta)

Ruang keluarga menjadi ruangan yang sangat penting untuk keluarga barumu.  Di ruangan ini kamu bisa bercengkrama dan berbagi kehangatan dengan anggota keluarga. Untuk itu, coba  buat ruang keluarga senyaman mungkin. Sediakan Televisi yang berukuran besar, sofabed dan meja yang berguna untuk menaruh berbagai perlengkapan.

Masih berdasarkan penelusuran di situs jual beli lazada.co.id harga sebuah  Meja sekitar Rp 500 ribu, Televisi 32 inci Rp 2,5 juta, dan sofa bed Rp 800 ribu. Total kamu perlu menyiapkan uang senilai Rp 3,8 juta untuk ruang keluarga.

(Baca juga: Karyawan Gaji Rp 8 Juta Mau Umroh Bareng Istri? Begini Trik Mengumpulkan Uangnya)

Ruang Tamu dan Ruang Makan (Rp 4 Juta)

Untuk ruang tamu, kamu gak perlu repot-repot membeli kursi  dan meja satu per satu. Sekarang, kamu bisa membelinya satu set sekaligus. Bukan cuma lebih simpel, trik ini  membuat ruang tamu punya  konsep dan  juga lebih menghemat dana.

 Bahkan ada satu set meja dan kursi  ruang tamu yang bisa dibeli seharga Rp 2,5 juta.  Khusus untuk ruang makan, dengan uang Rp 1,5 juta kamu sudah bisa membeli  satu set bangku dan meja makan sekaligus.

Biaya di atas sifatnya relatif, bisa menjadi lebih besar atau lebih murah tergantung keinginan dan keputusan kamu dan pasangan. Kalau uang yang dimiliki belum cukup, kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk beli barang-barang tersebut. Bahkan dengan kartu kredit, bisa saja jadi lebih murah dan mendapatkan reward menguntungkan lainnya.