Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Beda Proses Pembuatan Kartu Kredit Secara Online dan Konvensional

by Ariesta on 14 September, 2016

ajukan kartu kredit online - CekAja.com

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang semakin banyak digunakan masyarakat. Tingginya permintaan pembuatan kartu kredit rupanya tak hanya disebabkan oleh beragam keuntungan yang ditawarkan bank penerbit seperti diskon belanja, cahsback hingga voucher hotel dan tiket pesawat gratis, melainkan karena kian mudahnya orang memperoleh kartu kredit.

Bila dulu orang mendaftar kartu kredit menggunakan cara konvesnional seperti mendatangi kantor bank penerbit, kini masyarakat Indonesia bisa mengajukan pendaftaran kartu kredit secara online melalui situs perbandingan produk finansial. CekAja.com merupakan salah satu situs yang menawarkan perbandingan produk tersebut. Melalui teknologi yang disediakan CekAja, masyarakat bisa mengakses produk finansial yang diinginkan hanya melalui layar komputer atau smartphone. Berikut ini proses pembuatan kartu kredit secara online:

1. Menggunakan mesin perbandingan

Masuk ke halaman ini, lalu pilih jenis kartu kredit yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih berbagai jenis kartu kredit sesuai kebutuhan seperti kartu kredit untuk travel, kartu kredit yang menawarkan banyak diskon, cashback, dan masih banyak lagi.

(Baca juga: Hati-hati di Usia 40 Tahun, Kamu Bakal Pensiun Miskin Kalau Belum Sadar 5 Hal Ini)

1

Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman berikut:

2

Setelah mengisi status kepegawaian, lama bekerja, jumlah penghasilan dan wilayah tempat tinggal, klik selanjutnya. Halaman berikut menampilkan pilihan kartu kredit yang paling sesuai dengan minatmu.

3

2. Mengisi formulir online

Pilih kartu kredit, kemudian klik HUBUNGI SAYA (kalau wilayah tempat tinggalmu di luar Jabodetabek), atau DAPATKAN PENAWARAN (jika tinggal di wilayah Jabodetabek). Selanjutkan kamu akan mendapatkan order ID. Order ID ini berguna jika kamu ingin menanyakan status pengajuan kartu kreditmu via telepon ke nomor CekAja di 021 5030 4949.

4

5

3. Dihubungi costumer service

Saat mengisi formulir online, kamu sudah memilih waktu untuk dihubungi costumer service CekAja. Costumer Service menelepon untuk menanyakan kelengkapan data seperti penghasilan, domisili, perusahaan tempat bekerja, dan lain-lain.

Pada tahap ini, costumer service CekAja juga akan memberitahukan bahwa kamu mendapatkan asuransi kecelakaan senilai Rp25 juta. Asuransi kecelakaan ini GRATIS tanpa dipungut biaya sama sekali dan akan berhenti setelah tiga bulan. Jadi, jangan khawatir ketika mendapatkan pemberitahuan ini karena kamu sama sekali tidak dirugikan.

4. Kurir melakukan penjemputan dokumen

Bagi kamu yang tinggal atau bekerja di wilayah Jakarta, kurir CekAja akan menjemput dokumen yang diperlukan seperti foto kopi KTP, foto kopi NPWP, dan slip gaji ke tempatmu. Namun bagi kamu yang tinggal di luar Jakarta bisa mengirimkan kelengkapan data melalui WhatsApp CekAja.

Namun ada juga beberapa bank mitra CekAja yang menugaskan kurirnya langsung untuk menjemput dokumen ke tempatmu. Baik kurir bank atau kurir dari CekAja sama saja karena kamu hanya perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan.

5. Pengecekan dokumen oleh tim CekAja

Pada tahap ini, tim CekAja akan melakukan pengecekan kelengkapan dokumen dan keabsahan salinan dokumen yang kamu berikan. Jika sudah lengkap, tim CekAja meneruskannya pada pihak bank penerbit kartu kredit. (Baca juga: Ini yang Bisa Kamu Dapatkan dari Reward Kartu Kreditmu)

6. Verifikasi oleh pihak bank

Pada tahap ini, bank akan meneleponmu untuk mengecek kesamaan data diri yang tertulis dalam formulir pengajuan. Mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, alamat, jumlah penghasilan, tempat bekerja, nama ibu kandung, saudara yang tinggal serumah, dan lain-lain. Kamu harus menjawab dengan jelas dan lugas.

Demi mencegah data fiktif, bank juga akan menghubungi saudara yang tidak tinggal serumah, bahkan HRD kantormu untuk mengecek apakah kamu benar-benar tinggal di sana.

7. Penentuan dikabulkan atau ditolak

Jika pengajuan kartu kreditmu ditolak, bank akan mengirimkan pemberitahuan berupa pesan singkat (sms).

8. Kartu kredit dikirimkan

Jika pengajuan kartu kreditmu dikabulkan, 2-3 minggu setelah verifikasi data oleh pihak bank, kartu kredit akan dikirimkan ke alamatmu. Dalam amplop yang kamu terima, kamu akan diperintahkan mengganti PIN dan cara mengaktifikan kartu kredit. Baca informasi yang disertakan pihak bank sampai selesai supaya kamu lebih mengenal dan mengetahui keuntungan kartu kreditmu.

Jadi, bukan CekAja.com yang menerbitkan kartu kredit, melainkan pihak bank. CekAja hanya berperan sebagai perantara yang memudahkan pengajuan kartu kredit.

Apa saja keuntungan mengajukan kartu kredit di CekAja daripada secara konvensional?
  1. Prosesnya cepat dan mudah, hanya butuh beberapa klik.
  2. Kustomer dapat membandingkan kelebihan setiap kartu kredit sebelum memutuskan mendaftar.
  3. Banyak diskon dan keuntungan yang ditawarkan. Misalnya dengan mengajukan kartu kredit melalui CekAja, kamu bisa mendapatkan gratis iuran tahunan kartu kredit untuk 1-2 tahun pertama, aktivasi poin reward, dan voucher belanja.
  4. Terjamin keamanannya. Baru-baru ini pihak kepolisian membongkar kejahatan duplikasi kartu kredit. Modusnya menggunakan data nasabah yang mengajukan pembuatan kartu kredit melalui sales kartu kredit di mal. Sementara CekAja menjamin keamanan data nasabah.

Tentang Penulis