Begini Cara Daftar dan Menggunakan Line Pay. Gampang Banget!

8 menit membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Rasanya, kini sangat penting untuk kamu mengetahui cara daftar dan menggunakan Line Pay. Pasalnya, salah satu fitur yang dikeluarkan oleh Line Corporation tersebut berfungsi sebagai alternatif metode pembayaran via mobile yang bisa kamu gunakan.

cara daftar line pay

Line sebagai salah satu aplikasi messenger memang sudah dikenal di seluruh dunia, dengan jumlah pengguna yang banyak. Namun, ternyata kondisinya berbeda dengan fitur Line Pay miliknya, yang mungkin hanya diketahui dan digunakan oleh sebagian penggunanya.

Hal tersebut, mungkin dikarenakan sebagian penggunanya tidak mengetahui bagaimana cara daftar dan menggunakan Line Pay itu sendiri.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas cara daftar dan menggunakan Line Pay yang telah dirangkum khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

Apa Itu Line Pay?

Apa Itu Line Pay - Begini Cara Daftar dan Menggunakan Line Pay Gampang Banget

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara daftar dan menggunakan Line Pay, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu fitur Line Pay.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Line Pay merupakan sebuah fitur yang dikeluarkan oleh Line Corporation dalam bentuk metode pembayaran via mobile.

Fitur tersebut sejatinya merupakan hasil kerjasama antara Line dengan bank Mandiri. Dengan begitu, layanan e-cash dari bank Mandiri bisa kamu akses melalui Line Pay.

Melalui Line Pay juga, kamu tidak lagi harus melakukan metode pembayaran secara manual atau pun menggunakan kartu kredit.

Singkatnya, Line Pay adalah fitur pengganti kartu kredit yang bisa kamu gunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi, di mana kamu bisa memiliki uang elektronik (e-money) di handphone dengan nomor rekening yang digunakan adalah nomor handphone mu.

Nah, untuk bisa menggunakan Line Pay sendiri, sebenarnya sangat mudah. Penasaran? Berikut informasi dan langkah-langkahnya!

(Baca Juga: 3 Cara Top Up Flazz BCA Berserta Hal-hal yang Perlu Diketahui)

Cara Daftar dan Menggunakan Line Pay

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi tentang Line Pay, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara daftar dan menggunakan Line Pay.

Di bawah ini merupakan langkah-langkah cara daftar dan menggunakan Line Pay, yaitu sebagai berikut:

Cara Daftar dan Aktivasi Line Pay

Untuk bisa menggunakan fitur Line Pay, kamu terlebih dahulu harus mendaftar atau registrasi.

Cara yang perlu kamu lakukan pun sangat mudah, yaitu dengan mendaftar Mandiri e-cash bagi kamu yang belum mempunyai rekening Mandiri e-cash.

Namun, apabila kamu sudah memiliki rekening Mandiri e-cash, kamu bisa langsung menghubungkan nomor handphone yang didaftarkan di rekening Mandiri e-cash ke fitur Line Pay.

Untuk mengetahui cara daftar dan aktivasi Line Pay, berikut langkah-langkah atau tahapan yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

  • Buka aplikasi Line
  • Pilih menu “More” atau ikon dengan gambar titik tiga di sebelah kanan
  • Pilih Line Pay, lalu Mulai
  • Masukkan nomor handphone yang akan kamu gunakan. Pastikan bahwa nomor handphone tersebut sesuai dengan nomor yang didaftarkan pada rekening Mandiri e-cash Kemudian klik Berikutnya
  • Mengisi form data diri dengan lengkap, seperti nama, tanggal lahir, alamat e-mail, PIN Line Pay e-cash yang akan kamu gunakan, pertanyaan keamanan beserta jawabannya yang perlu kamu ingat
  • Kirim OTP. Pada proses ini, kamu perlu menunggu kode OTP yang akan dikirimkan melalui sms sampai paling lambat 15 menit. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memastikan bahwa kamu memiliki pulsa yang cukup untuk mengirim sms. Sebab, akan dikenakan biaya sebesar Rp550,- untuk mengirim kode OTP.
  • Setelah sms kode OTP diterima, selanjutnya masukkan kode OTP
  • Centang semua Persyaratan, mulai dari Setujui Syarat Penggunaan, Setujui Kebijakan Privasi, Berikan Info Pengguna, Kebijakan Pemberian Informasi dan Pemasaran. Atau mudahnya, kamu bisa langsung centang Setujui Semua.
  • Klik Berikutnya
  • Jika berhasil, maka kamu akan diarahkan ke menu Line Pay ­e-cash dan fitur tersebut secara otomatis sudah teraktivasi sehingga sudah langsung bisa kamu gunakan.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Langkah-langkah tersebut bisa digunakan dan dijadikan panduan, untuk kamu yang belum memiliki akun rekening Mandiri e-cash.

Namun, apabila kamu sudah memiliki akun Mandiri e-cash, kamu hanya perlu menghubungkan akun mu ke Line Pay. Langkah-langkah atau cara aktivasinya pun sama dengan tahapan di atas, hanya saja kamu tidak perlu memasukkan kelengkapan data diri atau pun membuat PIN Line Pay.

Perhatikan Jenis Provider yang Digunakan

Sebelum mendaftar Line Pay, kamu juga perlu memperhatikan satu hal, yaitu jenis provider yang kamu gunakan. Kamu bisa mendaftar dan melakukan aktivasi menggunakan provider jenis apa saja selain 3 (Tri).

Hal tersebut dikarenakan, kartu 3 (Tri) belum bisa digunakan untuk mendaftar dan melakukan aktivasi Line Pay.

Maka dari itu, meski kamu mencoba mendaftar menggunakan kartu 3 (Tri) dan berulang kali mengirimkan kode OTP, tetap saja kode OTP tersebut tidak akan kamu terima.

Untuk itu, kamu perlu memperhatikan jenis provider yang digunakan terlebih dahulu, sebelum mendaftar Line Pay.

Jika akun Line Pay mu sudah aktif, kamu bisa langsung mengisi saldo atau pun menggunakannya untuk berbagai macam transaksi, seperti membayar belanja online di beberapa e-commerce yang sudah terhubung dengan Line Pay, kemudian membayar listrik, membeli pulsa dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Line Pay

Cara daftar Line Pay sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya juga, kalau Line Pay e-cash itu bisa kamu gunakan untuk melakukan berbagai jenis transaksi.

Lantas, transaksi apa saja yang bisa kamu lakukan di Line Pay dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Isi Ulang Pulsa

Transaksi pertama yang bisa kamu lakukan di Line Pay e-cash adalah melakukan isi ulang pulsa. Kini kamu tidak perlu lagi repot-repot ke counter pulsa, sebab kamu bisa mengisi ulang pulsa melalui Line Pay.

Cara yang perlu kamu lakukan pun cukup mudah, di antaranya yaitu:

  • Pilih menu beli pulsa
  • Masukkan nomor handphone yang akan kamu isi pulsa
  • Pilih nominal pulsa yang kamu inginkan, minimal Rp25.000,-
  • Pilih berikutnya, lalu masukkan nomor PIN
  • Pembayaran, lalu selesai.

Cara di atas merupakan cara yang sama dengan transaksi pembelian token listrik. Oleh karena itu, kamu juga bisa menggunakan cara di atas untuk membeli token listrik.

2. Isi Ulang Saldo Line Pay

Transaksi selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan isi ulang saldo Line Pay. Di mana, kamu bisa melakukan isi ulang saldo melalui beberapa cara, seperti ATM, Mandiri sms banking, internet banking Mandiri.

Kamu bisa memilih salah satu dari metode tersebut untuk melakukan pengisian ulang saldo. Tidak hanya itu, kamu juga tidak diharuskan untuk melakukan isi ulang saldo melalui ATM Mandiri saja, tetapi juga bisa melakukannya di ATM BNI, BCA, BRI, Permata, Danamon dan CIMB Niaga.

Kamu tidak perlu bingung untuk melakukan pengisian ulang saldo Line Pay. Sebab, pada menu Setor Tunai akan tertera petunjuk pembayarannya. Sehingga, kamu bisa langsung mengikuti petunjuk yang tertera tersebut.

Adapun beberapa langkah yang perlu kamu lakukan jika melakukan isi ulang (top up) melalui bank lain, di antaranya:

  • Buka kirim e-cash
  • Pilih bank Mandiri (Kode bank: 008)
  • Masukkan angka 80, kemudian ikuti dengan nomor e-cash mu (nomor handphone yang kamu daftarkan pada Line Pay). Contoh: 0880082116759xxx
  • Mengisi kolom yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi top up
  • Selesai

Jika proses top up sudah selesai, maka kamu akan mendapatkan sms dari bank Mandiri berupa informasi bahwa transaksi sudah berhasil dilakukan, dengan dana yang masuk sesuai dengan jumlah saldo yang kamu top up.

Namun apabila setelah mendapatkan sms tersebut, saldo pada Line Pay mu belum berubah, kamu bisa menekan tombol refresh atau perbaharui di bawah angka saldo saya.

Lalu, jika kamu juga ingin mengetahui history transaksi, kamu bisa mengeceknya di menu History Transaksi kemudian akan muncul tampilan transaksi apa saja yang sudah kamu lakukan.

(Baca Juga: 8 Cara Top Up Ovo Paling Mudah dan Cepat)

3. Transfer Saldo ke Rekening Mandiri atau Rekening Line Pay

Transaksi ketiga yang bisa kamu lakukan pada Line Pay adalah melakukan transfer saldo ke rekening Mandiri atau rekening Line Pay. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan di antaranya, yaitu:

  • Pilih menu kirim
  • Pilih kolom nomor telepon (jika transfer ke Line Pay e-cash)
  • Pilih kolom nomor rekening mandiri (jika transfer ke tabungan Mandiri)
  • Masukkan nomor telepon atau nomor rekening mandiri yang ingin di transfer
  • Pilih nominal yang ingin di transfer
  • Masukkan PIN Line Pay e-cash
  • Selesai

Jika proses transfer sudah selesai, maka uang mu akan langsung di transfer ke akun Line Pay e-cash atau rekening Mandiri penerima tanpa ada biaya administrasi atau potongan apapun.

Namun tidak hanya itu, kamu juga perlu tahu bahwa minimal nominal yang bisa ditransfer melalui Line Pay e-cash adalah Rp10.000,-.

4. Terima Saldo dari Line Pay

Transaksi selanjutnya yang bisa dilakukan di Line Pay adalah menerima saldo dari pengguna Line Pay lainnya atau pun rekening Mandiri. Cara yang perlu kamu lakukan sangat mudah, di antaranya yaitu:

  • memberikan nomor rekening Line Pay (nomor handphone yang didaftarkan di Line Pay)
  • Tunggu hingga dana tersebut masuk ke Line Pay
  • Selesai

Bagaimana, sangat mudah bukan? Kamu tidak perlu lagi melakukan apapun. Sebab, yang kamu perlu lakukan hanya memberikan nomor rekening Line Pay mu saja.

4. Bayar Belanja Online Shop

Membayar belanja online shop, ternyata bisa lakukan juga di Line Pay. Namun, hingga kini baru beberapa e-commerce saja yang bisa melakukan pembayaran melalui Line Pay, di antaranya adalah Tokopedia dan Elevenia.

Untuk bisa membayar belanjaan mu di online shop, cara yang perlu kamu lakukan sangat mudah, yaitu:

  • Pilih Mandiri e-cash pada menu metode pembayaran
  • Login menggunakan nomor handphone dan PIN Line Pay
  • Masukkan kode OTP
  • Selesai

5. Mengambil Saldo di ATM Mandiri

Transaksi terakhir yang bisa kamu lakukan di Line Pay, yaitu kamu bisa mengambil saldo atau tarik tunai di ATM Mandiri.

Namun, sebelum tarik tunai kamu perlu mengetahui bahwa saldo yang bisa kamu ambil minimal Rp100.000,- dan maksimal Rp1 juta.

Kamu juga perlu melakukan update layanan sebelum melakukan tarik tunai di ATM atau pun di agen seperti Indomaret, Alfamart dan sebagainya.

Jika kamu sudah memiliki rekening Mandiri, kamu bisa lakukan melakukan tarik tunai melalui internet atau sms banking dan ATM.

Tetapi jika kamu bukan nasabah bank Mandiri, maka kamu perlu mengambilnya di kantor cabang bank Mandiri dengan membawa beberapa identitas yang dibutuhkan.

Adapun langkah-langkah yang kamu perlu lakukan, di antaranya:

  • Buka aplikasi Line Pay
  • Pilih tarik e-cash
  • Pilih nominal yang ingin kamu ambil
  • Masukkan PIN, tunggu sampai kode OTP diterima
  • Pergi ke mesin atm Mandiri yang mempunyai logo e-money berwarna kuning
  • Pilih tombol warna hijau dengan tulisan Accept pada keyboard mesin ATM
  • Pilih menu Mandiri e-cash
  • Pilih Cash Withdrawal
  • Masukkan nomor rekening e-cash (nomor handphone yang didaftarkan di Line Pay)
  • Pilih Correct
  • Masukkan kode OTP yang diterima melalui sms
  • Pilih Correct
  • Tunggu sampai uang keluar dari mesin ATM Mandiri, selesai.

Sangat mudah bukan cara mengambil uang melalui Line Pay? Kamu tidak perlu lagi membawa dan menggunakan kartu ATM. Kamu cukup memasukkan nomor handphone dan kode OTP saja, maka uang yang kamu inginkan akan keluar.

Selain itu, kamu juga sudah mengetahui sebelumnya bagaimana cara daftar dan menggunakan Line Pay yang sangat menguntungkan penggunanya, karena memberikan semua kemudahan yang pengguna butuhkan.

Hanya saja, untuk bisa menikmati semua kemudahan tersebut kamu perlu memiliki akun Line Pay terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, karena Line Pay berguna sebagai pengganti kartu kredit, maka kamu juga harus memiliki kartu kredit.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir jika belum memiliki kartu kredit. Sebab, kini kamu bisa mengajukan kartu kredit dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani