Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Amankah Berenang Saat Pandemi Covid-19? Ketahui Jawabannya Disini!

by Kyla Damasha on 30 Juli, 2020

Amankah berenang saat pandemi Covid-19? Pertanyaan seperti itu pastinya akan ke luar di benakmu akhir-akhir ini. Meskipun pemerintah sudah mulai melonggarkan aktivitas masyarakat di era new normal, namun bukan berarti masa pandemi telah berakhir.

Berenang saat pandemi covid-19

Sebab, jumlah pasien yang terinfeksi justru semakin meningkat. Karenanya, masyarakat tetap dihimbau untuk tetap berdiam diri di rumah dan mengurangi aktivitas di ruang publik.

Akan tetapi, terlalu lama di rumah sebenarnya juga bisa berdampak pada masalah kesehatan karena tubuh yang kurang bergerak, sehingga olahraga tetap diperlukan.

Lalu, bagaimana jika kamu ingin melakukan aktivitas berenang? Apakah virus dapat tertular melalui air?

(Baca Juga: Produk Asli Indonesia yang Membantu Pandemi Covid-19)

Nah, seluruh pertanyaan tersebut bisa berkemungkinan kamu temukan jawabannya disini. Sebab, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fakta-fakta berenang, saat pandemi Covid-19 yang pastinya ingin kamu ketahui.

Tanpa panjang lebar lagi, yuk kita simak saja pembahasan kali ini mengenai berenang saat pandemi Covid-19.

Penularan Virus Covid-19 Melalui Air

Penularan Virus Covid-19 Melalui Air

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika mengungkapkan bahwa sejauh ini belum ditemukannya hasil penelitian konkrit yang dapat membuktikan bahwa berenang saat Pandemi Covid-19 dapat mengakibatkan penularan di dalam air.

Karena, biasanya di setiap kolam renang sudah dicampuri dengan desinfektan yang digunakan sebagai pembersih air, seperti klorin dan bromin, yang turut dikenal dapat membunuh virus.

Akan tetapi, risiko penularan justru terasa lebih tinggi di kolam yang cenderung berada di ruang publik, seperti danau dan pantai. Pasalnya, dua lokasi tersebut, menjadi salah satu tempat paling berisiko terjadinya kontak langsung, dengan orang lain. Baik itu ketika berada di air, maupun di luar kolam.

Menurut dr. Daniel Pastula, seorang ahli penyakit menular dari UC Health, mengungkapkan bahwa, berenang saat pandemi Covid-19 beresiko tinggi terjadinya penularan karena tidak adanya aktivitas jaga jarak antara orang yang berada di lokasi.

Selain itu, risiko penularan terbesar justru bukan ketika berada di dalam air, melainkan ketika berada di tengah kerumunan saat berada di luar kolam.

Terlebih lagi, orang akan merasa lebih sulit mengenakan masker ketika sedang basah kuyup. Bahkan, saat ini pemerintah juga sudah mulai memperbolehkan kolam renang umum untuk dibuka kembali.

Syarat Berenang Saat Pandemi Covid-19?

Syarat Berenang Saat Pandemi Covid-19

Apabila kamu tetap ingin melakukan aktivitas berenang saat pandemi Covid-19, maka terdapat sejumlah syarat yang perlu dipenuhi. Dilansir dari popmama.com, menurut dr Reisa Broto Asmoro, selaku Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19, beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika berenang saat pandemi Covid-19 adalah:

1. Selalu Cek Aturan dan Standar Kebersihan Kolam Renang

Syarat pertama ketika kamu ingin berenang saat pandemi Covid-19 adalah dengan selalu mengecek aturan serta kebersihan kolam renang yang dikunjungi. Reisa menganjurkan bahwa air setidaknya harus dicampuri dengan desinfektan menggunakan klorin dengan kadar 1-10 ppm atau bromin dengan kadar 3-8 ppm, sehingga pH air mencapai 7,2 sampai 8.

Selain itu, area kolam renangnya itu sendiri juga wajib dibersihkan menggunakan desinfektan, mulai dari permukaan kolam hingga fasilitas umum seperti tempat duduk dan kamar ganti.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menanyakan kepada pihak kolam renang tentang adakah pengisian form self assessment risiko Covid-19 bagi pengunjung untuk memastikan kondisi kesehatan.

2. Membawa Perlengkapan Renang Pribadi

Selama berenang saat pandemi Covid-19, usahakanlah agar kamu tidak berbagi perlengkapan dengan orang lain, termasuk teman dan anggota keluarga, mulai dari baju renang, handuk, perlengkapan mandi, ban, pelampung, hingga kacamata renang.

3. Selalu Menerapkan Protokol Kesehatan

Selama berada di area kolam renang, pastikan bahwa kamu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, seperti mengenakan masker, menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun, serta membawa tisu disinfektan untuk mengelap permukaan, yang sering tersentuh oleh orang lain.

Memang patut diakui bahwa mengenakan masker ketika berada di kolam renang akan sedikit sulit, terutama dalam kondisi basah kuyup. Akan tetapi, kamu tetap diharuskan untuk mengenakan masker, bukan ketika berenang, melainkan sebelum dan sesudah berenang.

4. Selalu Jaga Jarak

Agar tetap aman selama berenang saat pandemi Covid-19, usahakan untuk terus bergerak dan tidak menyentuh pengunjung kolam renang lainnya. Meskipun sedang berada di dalam air, bukan berarti kamu bisa melanggar protokol kesehatan.

Selain itu, usahakan juga untuk tidak duduk berdekatan dengan orang lain ketika sedang berada di luar kolam. Maka dari itu, untuk mempermudah, pihak kolam renang juga disarankan untuk membatasi jumlah pengunjung, agar menjaga jarak bisa menjadi lebih mudah dilakukan oleh para pengunjung.

Cara Mencegah Penularan Ketika Berenang Saat Pandemi Covid-19

Berdasarkan syarat berenang saat pandemi Covid-19 yang baru saja kita bahas, maka dapat disimpulkan bahwa kita masih melakukan aktivitas berenang namun tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan. Lalu kira-kira, bagaimana sih cara mencegah penularan itu sendiri?

Dilansir dari situs kompas.com, maka salah satu cara aman untuk berenang saat pandemi Covid-19 adalah dengan tetap memperhatikan physical distancing sekaligus menjaga kebersihan diri sebaik mungkin.

Selain itu, setiap pengunjung juga disarankan untuk membawa tisu dan pembersih tangan desinfektan sendiri serta selalu menggunakan masker, baik itu sebelum berenang maupun setelah berenang.

Kamu juga disarankan untuk mengunjungi kolam renang terdekat dari rumah. Sebab, kamar mandi umum yang disediakan oleh pihak kolam renang, justru berisiko tinggi menjadi media penularan virus. Sehingga, agar lebih aman kamu disarankan untuk membersihkan diri setibanya di rumah.

Persiapkan Proteksi Ekstra dengan Asuransi Kesehatan

Nah, setelah kamu mengetahui tentang beberapa aturan jika ingin berenang di saat pandemi seperti saat ini, jangan lupa juga bahwa kamu bisa memberikan perlindungan ekstra dengan asuransi kesehatan lho.

Meskipun sudah melakukan sejumlah protokol kesehatan yang diterapkan, tentu kita tidak ada yang bisa memprediksi kapan masalah kesehatan dan finansial datang.

Oleh karena itu, asuransi kesehatan hadir untuk membantumu, dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi. Sebab, ketika suatu saat kamu mengalami suatu permasalahan kesehatan, maka asuransi kesehatan bisa memberikanmu bantuan dari segi finansial.

(Baca Juga: Prosedur Melakukan Swab Test)

Hanya saja, saat ini sudah banyak sekali perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai program asuransi kesehatan yang bisa dijadikan pilihan, yang terkadang membuat kita bingung dalam memilih.

Namun, bersama CekAja.com, memilih produk asuransi terbaik sudah bukan lagi menjadi kendala.

Sebab, di CekAja.com kamu bisa melakukan perbandingan tentang perusahaan asuransi manakah yang sekiranya memiliki program terbaik dengan premi paling terjangkau.

Jika sudah menemukan yang sesuai, kamu juga tak perlu datang ke kantor karena sepenuhnya bisa dilakukan melalui online. Tanpa membutuhkan persyaratan yang muluk, proses pengajuan juga terbilang cukup cepat lho.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatanmu hanya di CekAja.com dan nikmatilah segudang manfaatnya. 

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda