Ingin Liburan Hemat di Ibu Kota? Berikut Rincian Biaya Liburan di Jakarta!

Ingin melepas penat dari pekerjaan tapi tidak bisa keluar kota? Mengelilingi gemerlap Ibu Kota dan berlibur di beberapa tempat wisata yang ada di Jakarta bisa menjadi pilihan lho! Berikut rincian biaya liburan di Jakarta yang bisa menjadi referensi!

Ingin Liburan Hemat di Ibu Kota? Berikut Rincian Biaya Liburan di Jakarta!

Kota Jakarta memang sangat lekat dengan kepadatan dan kesibukannya, karena merupakan Ibu Kota yang menjadi pusat ekonomi dan bisnis.

Namun, Jakarta juga memiliki beberapa tempat wisata yang menyenangkan dan murah loh! Biaya yang akan kamu habiskan juga tidak akan terlalu besar seperti berlibur di luar kota.

Kamu juga bisa merencanakan liburan di Jakarta dengan mengelilingi kota atau mengunjungi tempat wisata seperti taman hiburan, museum, akuarium, taman mini, dan lain sebagainya untuk healing dari kegiatan sehari-hari.

Tentunya biaya liburan di Jakarta tidak akan membuat kantong jebol dengan memilih transportasi umum dan akomodasi murah yang bisa kamu pilih.

Rincian Biaya Liburan di Jakarta

1. Transportasi

Salah satu keunggulan yang ada di Jakarta adalah banyaknya fasilitas transportasi yang bisa kamu pilih dengan harga murah, sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan soal biaya liburan di Jakarta.

Untuk kamu yang berada di daerah penyangga Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi juga tidak perlu khawatir soal transportasi jika ingin pergi liburan ke Jakarta.

Transportasi yang bisa kamu gunakan mulai dari kereta, transjakarta, bus, ataupun dengan transportasi online. Berikut rincian biaya untuk beberapa transportasi yang bisa kamu pilih.

  • Kereta Commuter Indonesia: tarif Rp5 ribu untuk 25 km pertama, selanjutnya Rp1 ribu per 10 km berikutnya.
  • Busway Transjakarta: Rp3,5 ribu
  • Bus Pariwisata Jakarta: Gratis
  • Bus Kopaja: Rp4 ribu
  • Transportasi Online: menyesuaikan jarak

Gimana, murah bukan? Jadi kamu tidak perlu khawatir perihal ongkos transportasi yang akan kamu keluarkan selama ada di Jakarta.

2. Penginapan

Biaya liburan di Jakarta yang selanjutnya adalah penginapan. Apabila kamu berencana menetap di Jakarta untuk beberapa hari, ada banyak sekali penginapan murah yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp100 ribuan saja.

Kamu bisa menginap di hotel kapsul yang kini sedang booming dan menjadi favorit, karena harga yang murah meriah namun unik dan instagramable.

Agar lebih hemat, kamu juga bisa memanfaatkan diskon-diskon di beberapa aplikasi akomodasi yang ada untuk mendapatkan kamar penginapan yang murah.

(Baca Juga: Rekomendasi Hotel Kapsul Jakarta Murah, Liburan Makin Hemat!)

3. Destinasi Wisata

Satu hal yang tidak kalah penting dalam rincian biaya liburan di Jakarta adalah menentukan destinasi wisata yang akan kamu kunjungi.

Ada banyak destinasi wisata yang ada di Jakarta yang bisa kamu kunjungi seperti museum, Ancol, taman bermain Dufan, taman mini, Jakarta akuarium, atau wisata gratis seperti kota tua.

Kamu bisa menentukan destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi sesuai dengan budget yang telah kamu siapkan.

Tidak perlu bingung dalam menentukan destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi, berikut rekomendasi destinasi wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

Museum

Jika kamu mencari tempat aesthetic untuk mengambil foto yang akan kamu upload di social media, mengunjungi museum bisa menjadi pilihan.

Jakarta merupakan salah satu kota yang memiliki museum terbanyak di Indonesia. Museum memiliki konsep yang memberikan sentuhan aesthetic, sehingga kini menjadi sebuah trend dimana banyak kawula muda mengunjungi museum sebagai tempat healing.

Beberapa museum yang aesthetic dan bisa kamu kunjungi sebagai berikut:

  • Museum Macan: harga tiket Rp100rb (dewasa), Rp90 ribu (pelajar), dan Rp80 ribu (anak-anak)
  • Roja by Moja Museum: harga tiket Rp90 ribu (weekday) dan Rp110 ribu (weekend/hari libur)
  • Galeri Nasional: Gratis
  • Museum Gajah: Rp5 ribu

Dunia Fantasi Ancol (DUFAN)

Bagi yang menyukai liburan dengan suasana meriah, Dufan menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi. 

Wahana yang tersedia disini juga bermacam-macam mulai dari wahana santai hingga yang memacu adrenalin.

Bahkan baru-baru ini telah dibuka Dufan Night, yang akan memberikan sensasi berbeda karena kamu akan merasakan gemerlap Dufan pada malam hari.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Dufan, kamu perlu menyiapkan budget Rp275 ribu untuk tiket masuk Ancol dan Dufan.

Taman Mini Indonesia Indah

Objek wisata yang pas untuk dijadikan wahana rekreasi dan edukasi adalah Taman Mini Indonesia Indah atau TMII.

Disini kamu bisa melihat rumah-rumah adat dari sabang sampai Merauke, yang membuat TMII disebut sebagai miniaturnya Indonesia

Selain itu juga terdapat taman, beragam tempat ibadah, teater, wahana rekreasi, dan museum yang ada di Taman Mini.

Untuk tarif masuk, TMII dibanderol sebesar Rp25 ribu dan tiket terusan 10 wahana sebesar Rp100 ribu.

Jakarta Aquarium

Wahana rekreasi baru di bilangan Jakarta Barat ini menawarkan aquarium dalam mall pertama di Indonesia dan dengan desain ruang yang nyaman.

Jakarta aquarium menampilkan 3.500 spesies akuatik dan nonakuatik, yang bisa menjadi pilihan untuk destinasi wisata jika kamu berkunjung ke Jakarta.

Kamu bisa mengunjungi Jakarta Aquarium setiap hari, yang dibuka mulai dari jam 10 pagi hingga 10 malam. 

Budget yang kamu perlu siapkan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp140 – Rp185 ribu di hari biasa, dan Rp185 – Rp200 ribu di akhir pekan.

Kota Tua

Kapan lagi kamu bisa mengunjungi tempat wisata tanpa perlu mengeluarkan biaya alias gratis, selain di Kota Tua.

Kamu akan menemukan sejumlah bangunan tua peninggalan kolonial jika mengunjungi Kota Tua.

Disini juga terdapat beberapa makanan khas Jakarta yang bisa kamu coba seperti kerak telor, es cendol dawet, tauge goreng, kue pancong, dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat menyewa sepeda ontel untuk mengitari Kota Tua dan mengunjungi pameran karya seni dari masyarakat lokal.

4. Wisata Kuliner

Selain mengunjungi tempat wisata seperti taman dan tempat rekreasi, wisata kuliner Jakarta juga tidak boleh kamu lewatkan.

Pasalnya, Jakarta menjadi salah satu daerah yang terkenal dengan wisata kulinernya yang lezat, baik dari makanan tradisional maupun modern.

Jika kamu mengunjungi kota tua, kamu bisa menemukan beberapa kuliner Jakarta disana. Selain itu kamu bisa mengunjungi makanan khas Jakarta yang cukup murah lainnya.

Mulai dari Ketoprak Ciragil, Soto Betawi H. Ma’ruf, gado-gado Bon-Bin, hingga nasi goreng kambing kebon sirih. 

Banyak sekali tempat makanan khas Jakarta yang direkomendasikan food vlogger di media sosial yang bisa kamu cari.

(Baca Juga: 4 Daftar Pinjaman untuk Liburan, Hati Senang Dompet Tetap Aman!)

Itu dia rincian biaya liburan di Jakarta yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang sudah merencanakan akan menghabiskan liburan di Jakarta.

Tidak perlu khawatir soal pengeluaran yang akan kamu habiskan ketika pergi berlibur atau ketika ingin mengunjungi destinasi wisata.

Kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk membeli tiket masuk atau berbelanja di tempat wisata yang kamu kunjungi.

Sebab, terdapat berbagai promo menarik yang bisa kamu gunakan dan membuat liburanmu menjadi lebih mudah dan nyaman.

Bagaimana kalau belum memiliki kartu kredit? Tenang, kamu bisa segera membuat kartu kredit melalui CekAja.com. Berikut ini rekomendasi kartu kredit untuk kamu liburan di Ibu Kota!

Kartu kredit di atas bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu. Jika masih bingung dalam memilih, CekAja bisa membantumu!

Dengan memasukkan data diri dan informasi keuangan, CekAja.com akan membantu merekomendasikan kartu kredit yang paling sesuai untukmu. 

Proses pengajuan di CekAja juga cukup mudah dan simpel, jadi kamu bisa segera memiliki kartu kredit dan siap berlibur di Ibu Kota!

Yuk bikin kartu kredit mu sekarang dan jalan-jalan dengan mudah melalui CekAja.com!