Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Bisnis Budidaya Ikan Berikut ini Omzetnya Mencapai Ratusan Juta Rupiah

by Tisyrin N. T on 4 Oktober, 2016

budidaya ikan _ CekAja.com

Budidaya ikan adalah alternatif usaha sampingan yang punya prospek cerah. Selain permintaan ikan budidaya cukup tinggi, untung bisnis ini juga cukup lumayan. Jika menjalankannya dengan serius, impan bisa kaya-raya tidak mustahil tercapai.

Bagi kamu yang tertarik berbisnis, berikut 4 jenis ikan budidaya yang menjanjikan prospek cerah:

Ikan neon tetra

Ikan neon tetra merupakan ikan hias air tawar. Ikan ini mudah dikenali dari tubuhnya yang transparan dengan garis berwarna biru dan merah. Belum banyak yang tahu bahwa bisnis ikan neon netra sangat menguntungkan. Permintaan untuk ikan neon tetra datang dari berbagai negara. Sebab, ikan hias satu ini ternyata dapat menjadi bahan baku kosmestik. Saat ini, para pembudidaya Neon Tetra di Indonesia masih kewalahan memenuhi permintaan yang datang. Jadi peluang untuk sukses di bisnis ini cukup besar.

Potensi keuntungan budidaya ikan neon tetra sangat menggiurkan. Bibit neon tetra harganya sekitar Rp 125 per ekor. Sednagkan harga jual ikan ke pengepul mencapai Rp 250-Rp 600 per ekornya. Artinya, keuntungannya bisa mencapai lebih dari 100%. Jika kamu bisa memproduksi 200.000 ekor saja per bulan, omzet yang kamu miliki mencapai Rp 120 juta per bulan.

(Baca juga: Mengintip 4 Peluang Usaha Terbaru Beromzet Ratusan Juta Rupiah)

Ikan arwana

Ikan arwana adalah ikan hias yang populer. Bentuknya yang indah dengan gerakan berenang yang cantik, membuatnya dicintai pehobi ikan hias. Untuk berbisnis ikan arwana, dibutuhkan modal yang besar. Oleh karenannya, pinjaman usaha ke bank bisa menjadi alternatif permodalan. Selain itu perawatan ikan sungai ini tergolong tidak mudah.

Namun, omzet dari penjualan ikan arwana ini sangat lumayan. Jika bisa menjual setidaknya 600 ekor arwana dalam setahun, omzet bisa mencapai Rp 3 miliar, dengan keuntungan sekitar 30% dari omzet tersebut. Bagaimana? Kamu tertarik?

Ikan patin

Selain lele dan gurame, patin juga merupakan ikan yang enak untuk disantap. Bisnis budidaya ikan patin pun mampu menghasilkan untung yang menggiurkan. Kamu berpeluang mengantongi omzet puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulannya dari budidaya patin. Budidaya ikan patin pun lebih mudah apabila dibandingkan dengan lele.

Harga ikan patin mencapai belasan ribu per kg. Jika dapat menghasilkan lebih dari 60 ton ikan patin sekali panen atau dalam 6 bulan, omzetnya bisa lebih dari Rp 600 juta.

(Baca juga: Mengenal Jenis Kredit Pinjaman UKM Sebagai Modal Usaha)

Ikan gurame soang

Jika kamu berminat melakukan budidaya ikan gurame, pilihlah jenis ikan gurame soang. Jika membandingkan dengan jenis ikan gurame lainnya, ikan gurame soang bisa lebih cepat untuk dipanen. Otomatis, kamu juga akan lebih cepat mendulang untung. Khusus untuk budidaya ikan satu ini, potensi omzetnya minimal mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya dengan laba 20%-25% dari omzet.

Berniat memulai usaha budidaya ikan namun terbentur masalah dana? Ajukan pinjaman tunai untuk segala kebutuhan di CekAja.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami